Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Berikut adalah 17 tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi, selain menawarkan harga murah, cita rasa enak yang tak terkendali juga menjadi daya tarik tersendiri. Memang dari 17 daftar tempat wisata kuliner Jogja berikut ini belumlah mewakili semua tempat makan enak di Jogja. Karena daftar berikut akan membuka sudut pandang anda bahwa kuliner Yogyakarta memiliki cita rasa beragam.

Tanpa panjang lebar berikut tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi itu :

Mangut Lele Mbah Marto Ngeneng

Makan di restoran biasa pesan lalu menunggu di meja makan, beda dengan tempat satu ini. Nah, apa yang bikin beda adalah keunikan ala pedesaan yang bakalan sulit anda dapatkan di perkotaan. Yaitu sensasi makan di pinggir tungku, serta santap mangut lele luar biasa di sebuah Pawon (Dapur dalam bahasa Jawa). Kebayang kan serunya ?

Gudeg Yu Djum

Belum ke Yogyakarta rasanya bila belum nyobain yang namanya Gudeg, karena makanan khas Jogja satu ini sudah melegenda hingga ke mancanegara. Bahkan saking popular-nya salah satu kawasan di Kota Jogja disediakan khusus tempat jualan Gudeg sepanjang jalan Widjilan. Dan salah satu yang melegenda ya Gudeg Yu Djum ini.

Bakpia Pathuk

Beda rasanya makan bakpia di tempat oleh – oleh atau membelinya di supermarket terdekat. Sudah pernah makan bakpia pathuk yang masih hangat ? Nah, bila anda sempatkan diri untuk datang ke wilayah industri bakpia pathuk dekat jalan Malioboro, sensasi ini bakalan sobat rasakan. Seperti misalnya di bakpia Pathuk 75, datang langsung ke pabriknya baru keren.

Sate Klathak Pak Pong

Lokasinya memang jauh dari pusat Kota Jogja, tapi setelah samapi di rumah makan sate klathak Pak Pong, terbayar sudah rasa penasaran anda. Betapa tidak rasa sate klathak yang khas bakalan bikin anda ketagihan. Selain unik juga nyentrik, mengingat jeruji sepeda digunakan sebagai tusuk satenya, alhasil cita rasa baru muncul.

Angkringan

Bukan hal yang asing lagi bila kami menyebut kata angkringan, karena sudah merebak kemana – mana trend nongkrong di angkringan. Bahkan kala kami ke Bali, melihat sebuah angkringan yang ramai pengunjungnya sampai – sampai harus lesehan. Bukan hanya itu disekitaran Jawa Tengah juga sudah marak angkringan.

Gudeg Manggar (Gudeg Bunga Kelapa Langka)

Persis seperti yang tertera di Judul gudeg manggar ini memang termasuk gudeg yang langka, karena untuk menyantapnya. Kita memerlukan bunga buah kelapa, yang artinya bila kita menggunakan itu maka pohon kelapa tidak akan bisa berbuah lagi. Oleh karena itu, terbilang sulit untuk mendapatkan gudeg manggar ini.

Sate Kelinci Pak Raji

Memasuki wilayah Kaliurang, sobat harus nyicipi yang namanya sate kelinci, siapa sangka memang bila mamalia imut itu harus berakhir di pemanggangan. Tapi, jangan khawatir, kelinci ini bukanlah kelinci yang biasa kita pelihara, melainkan kelinci pedaging. Yap, sama halnya dengan kambing, kelinci pedaging di ternak untuk hasilkan dagingnya. Patut di coba

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Untuk menjamah lokasi rumah makan Mbah Cemplung ini kita memang harus mblusukan kedalam desa. Karena tempatnya yang masih asri serta hamparan sawah di balik bukit juga jadi alasan mengapa para pengunjung rela jauh – jauh datang kesini. Selain itu cita rasa yang khas tentun jadi asalan utama mengapa patut di coba.

Bakmi Mbah Gito

Bakmi memang bukam kuliner khas Jogja tapi tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi ini layak buat anda coba. Karena selain rasanya yang mantap, suasanan warung-nya juga jadi alasan pas buat anda kabur sejenak dari rutinitas padat. Nikmati seporsi penuh bakmi godog yang mantap, ditemani dengan segelas minuman hangat nambah nikmat.

Soto Hollywood

Lokasinya pas, setelah atau sebelum anda ke Kawasan wisata Kaliurang, hendaklah mampir Nyoto dulu soto Hollywood. Namanya memang nyentrik ya, tapi jangan kaget kalau sobat ngelihat Justin Bieber nyoto disini. Karena itu cuman ada dibayangan sobat saja, nama boleh Hollywood tapi suasana tetap NewYorkarto.

Enthok Slenget Kang Tanir

Buat yang pecinta pedas ini nih, patut buat anda coba, betapa tidak enthok slenget ini memang bikin anda slenget. Alias kepedasan, cita rasa pedas yang khas bikin seru memang, apalagi seakan – akan ada tantangan di depan yang harus di jajal. Seolah tak mau mengalah lidah anda harus nikmati sensasi rasa pedasnya.

Nasi Pecel Bu Is

Tak perlu jauh – jauh ke Madiun, di Yogyakarta juga sedia pecel yang istimewa, tentunya jadi khas karena sudah berakulturasi rasa dengan kuliner Jogja. Tempat ini selalu sibuk kala jam sarapan tiba, maklum para pegawai, siswa, mahasiswa, guru, dosen, atau lainya. Biasanya sempatkan diri buat nyarapan disini.

Bakmi Godog Jokteng

Nikmati semangkung bakmi lewati malam di Yogyakarta memang beda, apalagi anda tak perlu bingung mencari tempatnya. Lokasinya sangat dekat dengan Istana Taman Sari. Sesuai namanya yaitu Jokteng (pojok benteng) lokasinya tepat di pojok benteng Kraton Yogyakarta. Salah satu spot asyik buat nikmati malam di Jogja.

Nasi Goreng Babat Mandiri

Sekalipun banyak restaurant dengan high class, sajian kaki lima tetap jadi primadona di Jogja, meski harga kaki lima, tapi rasa bintang lima. Seperti nasi goreng babat Mandiri ini, yang membuka lapakak sederhana di pinggir jalan. Selalu jadi tempat nostalgia, para mahasiswa / mahasiswi yang dulu sempat kuliah di Jogja.

Soto Babat Pak Marto

Soto memang gak ada habisnya buat di bahas, apalagi sudah jadi kebiasaan kita pecinta kuliner berkuah. Menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi sudah tak dipungkiri lagi kalau tempat ini selalu jadi primadona bagi pecinta kuliner Jogja. Tak heran soto babat Pak Marto ini kebanjiran pelanggan.

Just Juice Tempat Asyik Buat Nongkrong

Gaya arsitektur bangunan yang classic, serta ornament vintage-nya membuat tempat nongkrong asyik ini jadi tempat nyaman buat ngobrol. Selain itu menu minuman olahan buah yang disajikan juga mantap sekaligus pas buat anda yang ngakunya lagi diet. Karena jus buah memang paling pas buat program diet anda.

Bakmi Tomang

Aslinya memang di Jakarta, tapi jadi beda ceritanya kalau di buat di Jogja, suasana serta cita rasa juga jadi perbandingan. Dengan konsep rumah makan sederhana tak pelak membuat pengunjung betah bolak balik buat nyicipi semangkuk kebahagiaan. Sekiranya sudah bertahun – tahun jadi primadona pelanggan tetapnya.

Nah, itu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi, pastinya seru bila kita bisa sempatkan diri untuk nikmati sajian dari beberapa 17 daftar kuliner Jogja itu. Kenapa beberapa ? karena ke-17 itu masih belum mewakili kesemuanya. Karena ada banyak sekali tempat wisata kuliner Jogja lainya buat anda kunjungi.

Photo by, Writer SJ

lesehan d jogja yg lg trend, kuliner wajib di yogyakarta, kuliner wajib jogja, kuliner wajib saat ke jogja, tempat wisata dan kuliner di yogyakarta, tempat wisata kuliner di jogja, tempat wisata kuliner di jogja yang wajib dikunjungi, wisata kuliner dijogja

1 COMMENT

LEAVE A REPLY