Kuliner Jogja, Ayam Goreng Mbah Cemplung
Kuliner Jogja, Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng satu ini memang khas bikinan Mbah Cemplung, tak heran kalau nama warung-nya rumah makan ayam goreng Mbah Cemplung. Jika Sobat berangkat dari Kota Yogyakarta, butuh waktu sekitar 1 jam untuk menjamah lokasi rumah makan ini. Lokasinya, yang Mblusuk (masuk ke dalam) ke sebuah Dusun di Sembungan membuat sensasi wisata kuliner Jogja satu ini memang terbilang mengasyikan.

Lebih tepatnya lokasi berada di Dusun Sembungan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika anda sedang berada di Kasongan, lokasi rumah makan Mbah Cemplung tidak terlalu jauh dari sana. Mulai buka pukul 9:00 AM WIB, warung makan legendaris ini sudah ramai di kunjungi para pecinta kuliner Jogja dari berbagai daerah.

Bila diperhatikan dari mulai masuk parkiran, melihat mobil – mobil yang datang dengan plat nomor kendaraan dari luar daerah, semakin membuktikan cita rasa khas ayam goreng Mbah Cemplung tercium hingga ke luar Yogyakarta. Tak heran tempat ini begitu ramai pengunjung, apalagi terlihat dari kejauhan sebuah minibus parkir, semakin membuktikan lagi rumah makan ini memang bukan sekedar rumah makan biasa.

Lokasi yang asri, masuk ke dalam kampung yang masih hijau dan udara masih segar tidak banyak polutan, membuat suasana nyaman saat makan disini. Oke, berlanjut ke soal rasa, jika menceritakan soal rasa tentu lidah memang memiliki sensor berbeda untuk mengungkapkan rasa. Nah, untuk membut penasaran kami akan coba visualisasikan bagaimana rasa dari ayam gurih ini.

Pertama, perlu diperjelas lagi soal rasa ayam-nya, rasa gurih yang terasa saat gigitan pertama ini menunjukan bahwa makanan khas Jogja tak semuanya manis. Seolah menselaraskan cita rasa manis yang menonjol dari masakan Jogja, ayam goreng mbah cemplung hadir dengan rasa asin gurih yang memang lumer dimulut dan basahi lidah.

Meski dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna rasa ayam goreng ini tetap sedikit alot, namun justru itu keunikanya. Sebab jenis ayam yang digunakan memang berbeda dari rumah makan ayam goreng ditempat lain. Matang menyeluruh, namun tetap tidak overcook begitu maksud kami.

Seporsi kebahagiaan ini hanya bisa Sobat rasakan di rumah makan ayam goreng Mbah Cemplung di Dusun Sembungan. Sangat recommended –banget buat anda pecinta ayam goreng seperti Upin dan Ipin. Karena rasanya sangat melegenda, tak jarang Bule juga mampir ke rumah makan Mblusuk ini.

Visualisasi rasa dari ayam goreng Mbah Cemplung seperti ini : saat ayam goreng masuk ke dalam mulut Sobat, lalu lidah mulai menempel setelah itu sensor perasa akan mengirim sinyal ke – otak kanan lalu kemudian menyampaikan rasa lezat ini dan membayangkan keindahan dalam pikiran anda.

Menciptakan endorphin kebahagiaan, setelah itu rahang atas dan bawah mulai menyatu, mengunyah daging non-overcook, bumbu lengkap, langsung melumer dalam lidah anda, dan kata Maknyus spontan terucap oleh anda.

Nah, itu dia semoga semakin membuat Sobat penasaran dan tak segan untuk datang mencicipi langsung sporsi ayam goreng Mbah Cemplung yang melegenda ini. Harganya juga cukup murah, hanya dengan 13.000 rupiah saja anda sudah merasakan nikmatnya ayam goreng lezat ini.

Jadi, tunggu apa lagi jangan sia – sia kan weekend ini untuk tidak datang ke rumah makan ayam goreng Mbah Cemplung yang melegenda ini. Kami sarankan bila datang kesini datanglah beramai – ramai bersama kelurga, sahabat, teman kantor, teman sekolah, teman kampus, atau organisasi anda. Sebab, bila datang sendiri anda akan merasa sepi, sebab meja makan yang besar akan semakin terasa besar dengan anda yang sendiri.

Tambahan lagi, anda juga bisa memesan tempat satu hari sebelumnya, bila anda hendak akan mengadakan arisan, makan bersama, perayaan ulang tahun, syukuran dan sebagainya. Karena anda akan disiapkan tempat yang khusus sesuai pesanan anda. Disini juga terdapat sebuah live band yang siap melantunkan lagu sembari makan.

Selain itu juga bila Sobat merasa memiliki suara vocal yang bagus, anda bisa mendengankan sebuah lagu untuk orang special anda, karena pemain band-nya juga sudah pada hapal sama alunan music yang anda ingin tembangkan.

Demikianlah sedikit keseruan yang dapat kami sampaikan, semoga anda semakin tertarik untuk mencoba ayam goreng Mbah Cemplung ini.

Photo by, Seruput Coklat – Video by, Quantum Group

Penelusuran yang terkait dengan ayam goreng mba, ayam goreng mbah, ayam mbah cemplung jogja.

Ada pertanyaan atau komentar?