Tempat Wisata Kuliner Jogja Gudeg
Tempat Wisata Kuliner Jogja Gudeg

Belum lengkap rasanya kalau sedang berlibur di Yogyakarta, tidak merasakan Gudeg yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tempat wisata kuliner Jogja untuk urusan gudeg ini, Gudeg Yu Djum yang paling banyak pengunjungnya. Bahkan bagi anda yang pertama kali merasakan gudeg disini, sudah bisa di jamin bakal ketagihan, dan rasanya emang ngena banget.

Karena sangking ramainya untuk membeli Gudeg Yu Djum terkadang sampai harus mengantri untuk ingin menikmati rasa gudeg yang nikmat ini. Kami sarankan anda datang saat pagi hari untuk menikmati gudeg Yu Djum ini, karena jika sudah agak siang anda akan sudah tidak kebagian seporsi gudeg yang melegenda ini. Tak heran jika tempat makan sederhana ini menjadi icon wisata kuliner Jogja yang melegenda.

Jika anda belum pernah merasakan makanan khas Jogja satu ini tidak perlu khawatir, karena kini di berbagai daerah di tanah air juga sudah banyak restaurant yang menyediakan gudeg sebagai menu kuliner nusantara andalanya. Jika anda sedang berada di Yogyakarta, surganya gudeg itu ada di wilayah Widjilan, di daerah ini sudah menjadi sentra gudeg sejak 1942.

Sejak jam 6 pagi jalanan ini sudah mulai ramai di kunjungi oleh wisatawan asing maupun domestic yang sedang menikmati wisata kuliner Jogja. Karena gudeg Yu Djum sudah menjadi icon, bukan berarti gudeg lainya tidak melegenda. Perlu anda ketahui, tiap gudeg di berbagai tempat di Yogyakarta memiliki ciri khas masing-masing dengan inovasi yang berbeda-beda pula.

Jadi di warung Gudeg A jelas beda dengan rasa Gudeg B, sebab ini tergantung dari racikan sang maestro pengolah gudeg itu sendiri. Karena bahan yang di gunakan untuk membuat gudeg ini cukup sederhana, hanya buah nangka muda dengan santan yang dimasak 5 sampai 6 jam lamanya, selain itu terdapat bumbu rahasia yang membuat beda, tentu akan ditambakan gula Jawa secukupnya.

Dari dua jenis gudeg yang ada, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Dari dua jenis ini terdapat berbagai toping yang beragam, mulai dari suir ayam, telur, tempe, tahu, sambal, krecek, dan toping yang mantap lainya. Beberapa orang mungkin sudah akan membayangkan yang rasanya bakalan legit dan manis, tapi tunggu dulu saya sendiri tidak terlalu suka dengan makanan manis, namun ketika sudah merasakan gudeg manis nya memang beda dan istimewa.

Untuk harga gudeg sendiri juga beragam, mulai dari 3.500 hingga 10.000 rupiah saja, ini tergantung dari seberapa banyak toping yang ditambahkan ke piring anda. Jika anda berniat untuk menikmati gudeg buatan Yu Djum ada beberapa tempat terkenal yang dapat dikunjungi selain di Widjilan. Salah satunya berada di Jl. Kaliurang km 4,5 dekat Kampus UGM Fakultas Kehutanan, dan juga satunya lagi di Jalan Adisucipto.

Sensasi yang akan anda dapatkan saat menikmati wisata kuliner Jogja akan sangat berbeda dari satu tempat ke tempat yang lain. Ada berbagai penganan dan jajan yang bisa anda nikmati bagi anda penikmat kuliner sejati. Tentu di jalan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita adalah Malioboro, disana di sepanjang jalan terdapat warung kaki lima yang menjajakan makanan yang lezat.

Jangan khawatir buat anda pecinta kuliner, karena ada banyak sekali tempat wisata kuliner Jogja yang menyajikan beragam menu andalan masing-masing. Selain tempat wisata kuliner Jogja yang beragam, harga yang ditawarkan untuk tiap porsi masakan lezat yang disajikan juga cukup tidak merogok kocek terlalu dalam. Apa lagi bagi anda yang mahasiswa, jadi beda tempat beda kondisi begitulah intinya.

Semakin sederhana maka semakin murah, jika semakin glamour maka harga makanan juga ikutan glamour. Jadi, mulai sekarang tabung duit anda untuk siap-siap menikmati wisata kuliner Jogja yang beragam jenisnya. Selain itu juga nikmati tempat wisata Yogyakarta yang sangat menarik untuk melepas penat kehidupan kota yang melelahkan.

Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca, semoga cerita ini bermanfaat dan sampai bertemu di tempat wisata Jogja lainya.

Penelusuran terkait tempat wisata kuliner di jogja yu djum.

4 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?