Lompat ke konten

3 Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Otw Liburan

Bagikan ke sosmed kamu

Terminal Bus Yogyakarta – Meski kini banyak transportasi berbasis online yang sangat memudahkan wisatawan. Namun, Bus masih menjadi primadona sebagai alat transportasi darat yang banyak peminatnya. Bus masih menjadi andalan untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh di tengah masyarakat kita.

Maka dari itu, sebelum Anda liburan ke Jogja, Anda wajib mengetahui terminal bus Yogyakarta berikut ini. Dengan begitu Sobat akan memiliki arah / tujuan kemana akan sampai dalam perjalanan nanti. Sobat juga akan lebih mudah bila harus mencari sarana transportasi umum lainnya, seperti Trans Jogja.

Selain itu, bagi bus mania dan para backpacker yang lebih menyukai Bus sebagai alat transportasinya. Dapat merasasakan sensasi perjalanan menuju Yogyakarta, dengan Perusahaan Otobus (PO) favoritnya.

Oke Sob, mari kita simak dimana saja lokasi terminal bus Jogja?

3 Pusat Terminal Bus Yogyakarta (HUB Utama)

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat 3 terminal Pusat yang ada di Jogja, yaitu Terminal Giwangan, Terminal Jombor, dan Terminal Condong Catur. Ketiganya, memiliki perannya masing-masing, ada yang melayani jalur dari arah timur yaitu Terminal Giwangan.

Dari arah barat yaitu Terminal Jombor, dan pusat dari transportasi lokal yaitu Trans Jogja, berada di Terminal Condong Catur. Tapi itu yang seharusnya, namun praktiknya di lapangan, beberapa PO memiliki line (jalurnya) sendiri.

Nah, supaya gak salah naik bus dan salah lokasi tujuan, maka simak masing-masing terminal berikut ini…

  1. Terminal Giwangan
3 Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Otw Liburan
Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui – Terminal Giwangan (Photo by, andi_ssm)

Yang pertama adalah terminal bus Giwangan. Terminal ini adalah yang terbesar di Yogyakarta. Maka tak berlebihan bila terminal Giwangan adalah pusat dari rute bus di Yogyakarta. Setiap bus besar yang masuk ke Jogja, pasti melalui terminal ini.

Terminal terbesar dengan tipe A ini melayani 5 jenis bus angkutan. Kelimanya adalah transportasi bus antar kota antar propinsi atau yang biasa disingkat AKAP.

Baca Juga:  Titik Nol Kilometer Adalah Lokasi Wisata di Jogja Yang Paling Strategis

Kemudian berturut-turut disusul transportasi bus antar kota dalam propinsi atau yang disingkat AKDP, transportasi bus perkotaan atau bus kota, transportasi bus pedesaan, dan yang terakhir adalah Trans Jogja.

Untuk menemukan terminal bus Giwangan ini, Anda bisa menuju jalan Imogiri Timur 1, kecamatan Giwangan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Jaraknya tak begitu jauh dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto.

Bila Anda memang berniat untuk backpakeran, Anda bisa memulai rute perjalanan Anda dari terminal bus Yogyakarta terbesar ini. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Terminal Jombor
Terminal Jombor Jalan Magelang - PO Ramayana seri E3 Grand Tourismo Double Glass
Terminal Jombor Jalan Magelang – PO Ramayana seri E3 Grand Tourismo Double Glass (Photo by, ahmadnurastha_23)

Berikutnya adalah terminal bus Jogja bertipe B atau yang setingkat di bawah terminal Giwangan. Bila terminal yang pertama ada di sisi selatan / timur Jogja, maka yang ke-dua ini ada di sisi barat.

Namanya adalah terminal Jombor. Meski bertipe B, terminal Jombor juga melayani 5 rute perjalanan bus seperti terminal Giwangan, yakni AKAP, AKDP, bus kota, bus pedesaan, dan Trans Jogja.

Lokasinya berada di jalan Magelang, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Alamat ini tentu cukup jauh bila ditarik dari bandara utama di Yogyakarta.

Salah Satu Terminal Dekat Malioboro

Terminal Jombor merupakan salah satu Terminal besar yang lokasinya “tidak terlalu jauh” dari Malioboro. Jika Sobat dari arah barat, ingin liburan ke pusat Kota Jogja dan ingin jalan-jalan ke Malioboro. Maka, saya sarankan bisa turun ke Jombor, nanti dilanjut naik Trans Jogja ke arah jalan Malioboro.

Itulah kenapa, terminal Jombor bisa dikatakan sebagai salah satu terminal yang dekat Malioboro.

Tak cukup sampai di sini, Jogja masih memiliki terminal bus yang terakhir. Terminal ini diberi nama terminal Condongcatur Sleman atau biasa disebut terminal Concat.

  1. Terminal Condong Catur
Terminal Condong Catur Trans Jogja Jalur 6A Ngabean - Gamping
Terminal Condong Catur Trans Jogja Jalur 6A Ngabean – Gamping (Photo by, ahmadnurastha_23)

Dari ukurannya, terminal ini termasuk yang paling kecil dari dua terminal di atas. Hal itu dapat dilihat dari rute perjalanan yang dilayani, yakni transporasi bus pedesaan dan Trans Jogja saja. Dengan kata lain, terminal Concat tidak melayani rute antar propinsi.

Baca Juga:  Panggung Krapyak, Penghubung Garis Imajiner Jogja Antara Gunung Merapi dan Pantai Selatan

Untuk menemukannya, Anda harus menuju daerah Condongcatur, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari perempatan Concat. Dengan demikian, terminal Concat dapat disebut sebagai terminal di sisi utara Jogja.

Demikian tiga terminal bus Yogyakarta yang perlu Anda ketahui terlebih bila Anda adalah seorang backpacker.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan Trans Jogja hampir di setiap titik shelter sehingga memudahkan Anda untuk menuju tempat yang tidak dijangkau oleh bus besar.

Saran

Sebagai saran tambahan, bila Anda ingin menuju ke Imogiri, Bantul, sebagai tujuan wisata Anda, Anda bisa menuju ke terminal Giwangan terlebih dahulu. Apalagi terminal ini dekat dengan deretan tempat wisata di Jogja terbaru dan instagramable banget.

Terminal Janti Jogja

Terminal Janti Jogja
Terminal Janti Jogja (Foto: sobatjogja.com)

Sebetulnya tidak ada terminal di Janti, tapi… disana terdapat dua shelter Trans Jogja. Dan biasanya, penumpang dari arah timur (Solo) turun di Flyover Janti. Bahkan, disana juga ada tempat penitipan sepeda motor.

Umumnya yang turun atau naik dari sini adalah penumpang yang mau ke arah Solo, atau ke arah Timur pada umumnya. Supaya tidak jauh-jauh pergi ke Terminal Giwangan dan biasanya bus langsung berangkat (tidak nge-time).

Anyway… sesampainya di Yogyakarta, kalau mau lebih leluasa lagi. Sobat, bisa menggunakan jasa sewa motor atau sewa mobil di Jogja yang pastinya lebih hemat.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di lokasi wisata. Ohya, untuk menghindari yang tidak-tidak kalau di terminal pastikan Sobat bertanya langsung ke petugas terminal.


Bagikan ke sosmed kamu

64 tanggapan pada “3 Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Otw Liburan”

    1. Kalau mau ke Wonosari bisa naik bus kecil Jurusan Jogja-Wonosari, naik dari Terminal Giwangan, Ring Road Ketandan, biasanya bus-bus itu ngetem disana. Harga tiketnya kisaran 7rb-an. Jam operasionalnya dari jam 05.30 – 19.00 WIB, tidak 24 jam dan biasanya libur di hari-hari besar.

      1. siang min
        saya dari karawang mau ke yogyakarta
        untuk tempat penginapan gakjauh dari malioboro
        kira” turun nya di stasiun mana ya terima kasih

      2. Ka, klo saya dari Bogor mau k jogja daerah Malioboro, enaknya berhenti di terminal apa yaa yg deket ke Malioboro??
        Terimaksih 🙏

      3. Maaf mau Tanya Kalau dri terminal jombor ke malioboro kira” jarak tempuh brpa lama ya… Hotel terdekat ada gak sekitar dekat terminal jombor

      4. Mau tanya, kalau dari Semarang ke bandara Adi Sucipto Yogyakarta terminal bus apa yang paling dekat dengan bandara Adi Sucipto?
        Selanjitnya kalau sudah turun diTerminal untuk ke Bandaranya bagaimana?

        1. Kalau dari Semarang, tergantung misal naik Travel mungkin akan turun di Jl. Magelang, Sinduadi, Sleman. Jadi, masih 30 menit dari sana. Kalau naik bus besar, berhenti di terminal Jombor, bisa lanjut naik Trans Jogja, jurusan Bandara Adisucipto, tapi nanti ganti-ganti bus (bisa langsung tanya ke petugas TJ) untuk sampai ke Bandara Adisucipto. Usahakan, datang lebih awal sebelum jam keberangkatan, supaya tidak ketinggalan Pesawat.

      5. Kalau dari malioboro mau ke terminal giwangan jarak tempuh brp jam ya, dan menuju ke giwangan naik bus apa dan naik drimana kalo posisi di malioboro???

      6. Kak saya mau ke ugm dari Semarang naik bus.. jika turun di terminal Giwangan.. adakah bus selanjutnya buat ke ugm?

        1. Dari 3 Terminal besar tersebut, Sobat bisa lanjut menggunakan Trans Jogja, untuk menuju ke arah Malioboro; nanti petugas akan memberikan arahan lebih lanjut~ Selamat berlibur di Jogja

      7. Mau tanya, saya berencana akan ke Rembang dan transit terlebih dahulu di Jogja. Untuk menuju Rembang adakah bus langsung dari Jogja? Terima kasih

      8. Ada referensi kendaraan umum yang efektif ngga buat rute kadipiro ke taman budaya yogyakarta, taman budaya yogyakarta ke candi borobudur, dan candi borobudur ke terminal giwangan…?

        Mohon infonya 🙏🙏

        1. Kalau rute dalam Kota bisa memanfaatkan Bus Trans Jogja, nah kalau ke Borobudur itu sudah beda wilayah, jadi kalau mau ke Borobudur sebaiknya dari Terminal Jombor naik bus jurusan Magelang ke Borobudur… Kalau dari Terminal Giwangan Sobat terlalu jauh,

          Terima kasih,
          Semoga membantu…

          1. Kak aku baru tinggal di sleman condongcatur klo mau ke rembang dj terminal condong catur ada ga ya.. Klo ga naik dr mana ya kak bingung aku belom paham daerah sini juga ga ada motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.