Entok Slenget Kang Tanir, Kuliner Jogja Mblusuk
Entok Slenget Kang Tanir, Kuliner Jogja Mblusuk
Entok Slenget Kang Tanir, Kuliner Jogja Mblusuk
Entok Slenget Kang Tanir, Kuliner Jogja Mblusuk

Bagi anda pecinta kuliner Jogja dengan cita rasa pedas, di-rekomendasikan untuk mencicipi Entok Slenget Kang Tanir. Karena dijamin anda langsung jatuh cinta dengan cita rasa yang khas dan unik dari entok rica-nya. Entok merupakan sejenis unggas, bertubuh mirip bebek tapi bukan bebek, apalagi sama sekali gak mirip ayam.

Entok masih family dengan unggas yang bermukim di kawasan sungai alias kawasan berair tawar, semacam bebek, angsa, flamingo, dan sejenisnya. Dari tempat tinggalnya yang di air mungkin sebagian dari anda akan langsung berfikiran bahwa rasa dagingnya bakalan amis. Tapi jangan salah kaprah dulu, asal tahu bagaimana mengolahnya daging entok sangat mantap untuk disantap.

Tak heran jika Pak Tanir, memilih entok sebagai bahan dasar dari rumah makan beliau. Dengan tag line Entok Slenget Kang Tanir, yang pastinya di tangan beliau entok jadi menu andalan dan favorite di tengah masyarakat. Tak jarang banyak yang datang dari luar kota hanya untuk mencicipi nendangnya rasa daging entok karya Pak Tanir.

Lalu “Slenget” itu apa maksudnya ? Slenget merupakan effect dari rasa pedas yang timbul saat anda menyantap seporsi entok Slenget ini. Karena dengan tampilan mirip gulai, yaitu daging yang sudah dipotong kecil – kecil lalu dipadu dengan kuah pedas yang mantap. Rasa pedas yang timbul dari entok Slenget ini memang beda.

Sebab rasa gurih nan renyah itu berpadu melumer di mulut dengan kuah merah nan pedas. Bersama degan potongan cincang dari entok-nya yang mantap terasa, seakan mulut tidak ingin berhenti mengunyah. Sampai – sampai tumbuh anda akan dipenuhi dengan keringat, hasil kerja keras menikmati sporsi entok Slenget yang pedas pol ini.

Keunikan lainya yang terdapat dari rumah makan entok Slenget Kang Tanir ini adalah kompornya. Yaitu masih menggunakan kompor tradisional serta menggunakan bara api dari pohon yang terkenal aromanya. Jadi, itu sebabnya rasa empuk pada daging entoknya ini timbul karena hasil pemanasan yang natural.

Yaitu, panasnya perlahan sehingga bumbu yang ditaburi pada kuah, mampu meresap perlahan pada serat – serat daging entoknya. Penasaran ingin mecoba ? silahkan untuk berjuang menjamah lokasi entok Slenget yang lokasinya blusuk ini. Kiranya sekitar 21 km dari kota Yogyakarta. Tepatnya di daerah Rando Songo, Donokerto, Kecamatan Turi, Kab. Sleman.

Meski lokasinya mblusuk dijamin deh, rasa penasaran anda untuk mencicipi entok Slenget Pak Tanir terbayarakan dengan cita rasa yang membara di lidah anda. Untuk datang kesini anda bisa datang pukul 16:00. Tapi, segera datang jam segitu, karena kalau tidak anda tidak akan kebagian, sebab biasanya pukul 19:00 entok Slenget sudah ludes terjual.

Tak heran pecinta kuliner ramai membicarakan tempat makan ini, selain rasanya yang nendang tempat makanya juga nyaman. Jadi, pas untuk datang ramai – ramai bersama keluarga besar anda atau rekan kerja. Jadi, tunggu apa lagi, segera datang dan jangan terlambat supaya kebagian entok slenget Kang Tanir nya.

Photo by, Adi Nugroho

rica rica entok jogja, rica - rica mentok bu ngatini bantul daerah istimewa yogyakarta, rica rica menthok kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta, rica - rica menthok kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta, Rica - Rica Mentok Bu Ngatini Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55197, Entok Slenget Kang Tanir Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55551, slenget entok, reservasi enthok kang tanir
BAGIKAN

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?