Kuliner Jogja Sate Klathak Pak Pong
Kuliner Jogja Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak merupakan sebuah nama hidangan yang berjenis sate. Seperti kita ketahui ada berbagai macam jenis sate di Indonesia ini, yaitu mulai dari sate ayam, sate kambing, sate kelinci, sate buntal dan beragam lainya. Tentu setiap pedagang memiliki ciri khas dari setiap hidangan satenya, termasuk kuliner Jogja satu ini.

Tidak hanya namanya yang unik dan juga nyentrik, cara penyajianya pun beda. Sate Klathak terbuat dari daging kambing muda dengan bumbu yang sangat sederhana, yaitu merica dan garam. Karena kesederhananya inilah rasa dan nikmatnya pun berbeda dari sate-sate yang lain. Selain itu juga yang bikin beda tentu pada tusuk satenya, yaitu menggunakan jeruji besi sepeda.

Karena ke enakanya ini terdengar oleh pecinta kuliner Pak Bondan Winarno, sampai-sampai beliau secara khusus menampilknya di acara tv milik beliau. Dan effect nya adalah sate Klathak Pak Pong menjadi dikenal di seantero negeri bahkan mancanegara. Sebelum masuk acara tv sekalipun sate Klathak Pak Pong memang sudah terkenal di masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Pak Pong sendiri asal Imogiri, beliau yang terampil mengolah sate kambingnya ini menjadi legenda bagi pecinta kuliner Jogja. Tak heran jika anda datang ke rumah makan beliau ini, harus antre panjang untuk menikmatinya. Sebab, tak jarang warga dari berbagai daerah, jauh-jauh datang hanya untuk menikmati sporsi sate Klathak yang gurih dan nikmat ini.

Dengan potongan daging kambing muda yang besar-besar cukup dengan dua tusuk sate perporsi anda sudah dapat menikmati sate dengan sepiring nasi putih yang gurih dan hangat. Harga yang terjangkau yaitu cukup dengan 12.000 rupiah saja, sporsi sate Klathak yang melegenda ini sudah anda bisa santap.

Tidak tahu yang pasti bagaimana beliau terfikir untuk menggunakan jeruji sepeda untuk menggunakan nya sebagai tusuk sate kambingnya. Tapi, secara logist kita sudah bisa melihatnya tentu ini agar bisa kuat dan mudah saat menembus potongan besar daging kambing. Selain itu juga panas yang di salurkan melalui tusuk sate jeruji ini akan membuat potongan daging bagian dalam juga matang sempurna.

Kami benar-benar menikmati kuliner Jogja sate Klathak ini, suasana yang kekeluargaan juga terasa di rumah makan sate Klathak Pak Pong ini. Karena hambir sebagian pengunjung yang datang membawa satu keluarga besar, untuk makan bersama. Atau sekedar para pekerja yang makan bersama ketika jam pulang kerja tiba.

Angin yang sepoi-sepoi dan bau sate yang sudah menggoyang lidah juga menjadi alasan untuk tidak sabar menikmati satu porsi sate Klathak. Apalagi di jam-jam makan tiba suasana di rumah makan ini benar-benar menjadi berbeda. Perlu anda ketahui juga rumah makan sate Klathak ini terletak di Jl. Imogiri Timur Km 7, Wonokromo, Kabupaten Bantul.

Mulai buka pukul 10:00 AM hingga 12:00 PM waktu Indonesia Barat, apakah anda sudah bersiap untuk menikmati sporsi sate Klathak ini ? atau bahkan anda sudah kangen rasanya ? Segera datang saja, cita rasa yang melegenda ini akan anda kenang dan bahkan akan menjadi bahan perbincangan yang menarik kepada teman-teman atau keluarga anda.

Nah, demikian tadi mengenai pembahasan wisata kuliner Jogja sate Klathak, yang tidak diragukan lagi rasanya. Jadi, selamat menikmati sporsi sate Klathak yang amat lezat ini.

Photo by, Kota Jogja .com

bahan sate klathak, sate klatak yg dikunjungi bondan winarno, sate klathak pak pong dari stasiun lempuyangan
BAGIKAN

12 KOMENTAR

  1. Hello, You will have completed a superb career. Let me surely reddit the idea plus my recommend to be able to my girlfriends. I am confident they will be took advantage of this website.

  2. […] kuliner Jogja kali ini berlanjut ke sate kelinci Pak Raji, setelah sebelumnya Sobat Jogja membahas sate Klathak Pak Pong. Sama – sama jenis makanan yang dipanggang diatas bara api, namun jelas beda daging dan rasanya. […]

  3. […] perkotaan, lewati malam di warung ini juga terasa nikmat. Apalagi ngobrol asyik sembari menyantap Bakmi Mbah Gito yang sangat khas dan unik. Makan disini akan menciptakan memory baru tentang kenangan di Jogja dan […]

  4. […] dengan rasa lezat gurih yang nikmat. Sate dengan tusuk sate jeruji sepeda ini, menjadi destinasi wisata kuliner khas Jogja di saat liburan akhir pekan seperti saat ini. Tempatnya yang berada dekat dengan persawahan yang […]

Ada pertanyaan atau komentar?