Wow! Inilah Rahasia Masak Cumi Crispy Kemangi Enak di Rumah

Wow! Inilah Rahasia Masak Cumi Crispy Kemangi Enak di Rumah
Wow! Inilah Rahasia Masak Cumi Crispy Kemangi Enak di Rumah

Cumi adalah salah satu seafood yang banyak dipilih karena cara mengolahnya juga sangat mudah. Salah satu kreasi cumi yang juga mudah untuk dibuat adalah cumi crispy kemangi. Menu masakan ini bisa kamu temukan di restoran maupun rumah makan besar dengan harga yang pastinya tidak murah.

Namun jika ingin lebih hemat, kamu bisa coba masak di rumah karena resepnya juga sangat gampang dengan bahan-bahan yang masih relatif mudah kamu temukan. Apakah kamu penasaran ingin coba memasak olahan cumi satu ini?

Resep Cumi Crispy Kemangi

Perlu diketahui bahwa ketika memasak masakan agar lebih crispy maka pemilihan tepung gorengnya yang harus tepat. Agar kamu tidak penasaran, berikut bahan dan cara memasak cumi crispy kemangi.

Bahan

  • Cumi segar 350 gram. Satu cumi dipotong menjadi 6
  • Kobe Tepung Serbaguna Premium 1 bungkus
  • Air secukupnya
  • Jeruk nipis satu buah
  • Bawang putih cincang halus 4 siung
  • Bawang merah cincang halus 4 siung
  • Daun kemangi satu ikat potong kasar
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak

  1. Cuci bersih cumi yang sudah dipotong-potong lalu beri perasan jeruk nipis agar tidak amis.
  2. Untuk menggoreng cumi, gunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang sudah disiapkan lalu campurkan setengah bungkus dengan air dan aduk merata hingga berbentuk adonan.
  3. Kamu juga perlu persiapkan tepung kering untuk menggoreng cumi dengan sisa tepung serbaguna tadi.
  4. Kamu bisa panaskan wajan dan masukkan minyak, mari menunggu minyak panas gulingkan cumi ke tepung basah lalu gulingkan juga ke tepung kering. Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan lalu angkat dan sisihkan.
  5. Setelah itu kamu bisa tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum kemudian masukkan cumi dan juga daun kemangi.
  6. Aduk rata dan koreksi rasa lalu sajikan cumi crispy daun kemangi.
Baca Juga:  Wedang Uwuh, Seruput Hangatkan Raga, Refresh Pikiran

Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Alot

Salah satu kendala yang biasanya terjadi ketika sedang masak cumi adalah bagaimana agar cumi yang diolah tidak alot dan tetap empuk. Ternyata ada beberapa tips untuk memasak cumi agar tidak alot yang bisa kamu coba berikut.

  1. Durasi Memasak

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah durasi waktu memasak. Perlu diketahui bahwa cumi adalah salah satu seafood yang untuk memasaknya, kamu tidak butuh waktu yang terlalu lama. Karena ketika masak cumi terlalu lama justru ini yang bisa bikin cumi jadi alot. Kamu cukup memasak cumi 2 sampai 3 menit saja. Namun jika ingin memasak lebih lama agar cumi empuk, maka bisa masak sekitar 30 menit untuk tekstur yang lebih empuk nantinya.

Namun jika ingin masak cumi dengan digoreng maka waktu yang dibutuhkan sangat singkat hanya 5 menit saja. Menggoreng cumi dengan waktu lebih lama dari yang disarankan akan membuat tekstur cumi alot.

  1. Lakukan Marinasi

Sebaiknya untuk mengolah cumi terlebih dahulu lakukan marinasi cumi dengan air perasan jeruk lemon bisa juga dengan jeruk nipis. Proses marinasi ini sangat tepat untuk menghilangkan bau amis dari cumi.

Selain untuk hilangkan bau amis, marinasi dengan jeruk lemon atau jeruk nipis juga dapat membuat tekstur cumi tidak alot. Karena kedua jenis jeruk tersebut bisa memecah tekstur alot dan kenyal dari cumi. Selain jeruk nipis atau jeruk lemon kamu juga bisa lakukan marinasi dengan buah kiwi.

  1. Cumi Berada Di Suhu Kamar

Ketika kamu melakukan marinasi atau ketika saat cumi sudah siap diolah maka pastikan cumi tidak sedang berada dalam suhu dingin. Jadi jangan pernah langsung memasak cumi ketika baru dikeluarkan dari pendingin. Karena jika kamu lakukan hal tersebut, maka tingkat kematangan dari cumi kurang maksimal dan ujung-ujungnya bisa bikin teksturnya jadi alot.

Baca Juga:  Bakso Ratusari Specialist Jumbo Dengan Berat Lima Kilogram Dijamin Klenger

Kamu bisa biarkan cumi di suhu ruangan terlebih dahulu baru kemudian diolah. Saat mencairkan cumi dari kondisi beku, biasanya cumi akan basah dan berair. Kamu bisa lap airnya dengan tisu untuk memastikan cumi nantinya saat dimasak tidak alot.

  1. Pilih Cumi Segar

Pemilihan cumi yang segar dan juga berkualitas tentu saja bisa berpengaruh pada tekstur cumi saat dimasak. Bahkan jika kamu ingin cumi dengan cita rasa terbaik maka sudah pasti pilih cumi yang segar, baik untuk masak sehari-hari ataupun ketika sedang ada acara tertentu.

Kobe Tepung Serbaguna Premium jadi andalan untuk masak cumi crispy kemangi yang enak. Karena tepung serbaguna dari Kobe ini memang benar-benar premium secara kualitas dan rasa. Adapun tepung bumbu siap pakai ini dibuat atau diproses tanpa menggunakan MSG dan bervitamin pertama di Indonesia.

Tepung bumbu serbaguna ini rasanya juga lezat dan bergizi serta sangat praktis diolah untuk berbagai menu gorengan, terutama untuk gorengan bertekstur crispy. Tekstur masakan mulai dari cumi goreng hingga udang goreng dan juga jenis gorengan lainnya akan lebih lezat dan juga teksturnya renyah, tidak akan alot meskipun masakan sudah dingin.

Kamu bisa dapatkan dengan mudah Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan beli di Kobe Official Store Shopee dan juga Tokopedia jika ingin membeli secara online. Kamu juga bisa menemukan tepung Kobe serbaguna ini di warung-warung terdekat secara offline atau minimarket hingga supermarket.

Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas