Hidangan Solo Dalam Kuliner Yogya Sate Buntel Tambak Segaran
Hidangan Solo Dalam Kuliner Yogya Sate Buntel Tambak Segaran
Hidangan Solo Dalam Kuliner Yogya Sate Buntel Tambak Segaran
Hidangan Solo Dalam Kuliner Yogya Sate Buntel Tambak Segaran

Sate buntel sebenarnya adalah hidangan khas dari kota Solo. Biasanya merupakan kuliner berbahan daging kambing cincang yang dilumatkan dengan bumbu, setelah itu adonan akan dikepalkan untuk kemudian Anda bakar.

Kalau Anda ingin ikutan mencicipi hidangan sate buntel yang eksotis ini, Anda bisa juga menikmatinya dalam kuliner Yogya satu ini. Namanya sate buntel Tambak Segaran. Dijamin Anda jadi bisa ikutan menjajal hidangan unik Solo yang terkenal dengan bumbunya yang segar dan legit itu.

Berlokasi di jalan Brigj Katamso nomor 192, usaha sate buntel Tambak Segaran ini sama sekali jelas dengan mudah Anda temukan. Lokasi tepat di tepian jalan, hanya sekitar 1 km dari perempatan kantor pos besar, muara Malioboro.

Usaha sate Buntel ini sudah berjalan sejak tahun 1987 dan kini sudah jatuh ke tangan generasi kedua bernama Willy. Sebenarnya sate buntel ini merupakan cabang resmi dari usaha sate buntel tambak segaran kakek Willy yang berlokasi di Solo yang malah sudah berjalan 3 generasi sejak tahun 1948. Jangan kaget kalau hidangan satu ini juga sudah menjadi legenda hidup kota Jogja.

Konon sebenarnya sat buntel adalah hasil inovasi dari seorang berketurunan Tionghoa pada tahun 1948, Lim Hwa Yoe. Beliau memanfaatkan bagian dari kambing yang keras dan jarang digunakan menjadi daging cincang yang lembut dan mencampurnya dengan lemak daging dan rempah serta bumbu yang lengkap untuk kemudian dikepal menjadi sate buntel.

Lalu bagaimana sate buntel khas Segara Bentaran? Jelas sangat menggugah selera. Dengan daging yang lembut dan bumbu yang 100% meresap, dijamin Anda bisa nagih dengan hidangan kambing unik khas kuliner Yogya satu ini.

Pertama kali sate buntel memang berkembang di Solo dan hanya beberapa juga memulai usahanya di Jogja, termasuk sate buntel Tambak Segaran. Jadi sangat disayangkan kalau Anda tidak menyempatkan diri singgah ke warung makan sederhana milik keluarga Willy ini. Dan jangan kaget pula kalau Anda singgah ke warung ini dan menemukan antrian panjang berjejer di depan warung. Inilah imbas dari rasa lezat sate buntel dan popularitasnya.

Apalagi di sana tak hanya sate buntel saja yang bisa Anda nikmati, terdapat beberapa hidangan ala kambing seperti gulai, tongseng, tengkleng, sampai gule sumsum. Jadi Anda yang memang penggila kuliner kambing dijamin puas dengan kelengkapan sajiannya dan kelezatan dari hidangan kambing yang sama sekali tidak beraroma tajam.

Itu sebabnya tak seharusnya Anda melewatkan salah satu kuliner Yogya satu ini dalam kunjungan wisata Anda ke kota Yogya. Meski sate buntel bukan hidangan asli dari kota Yogya, tetap saja kuliner Yogya satu ini akan memberi Anda pengalaman baru dalam menikmati ragam khasanah kuliner nusantara.

Baca juga : Udah Cicipin ? Kuliner Langka Jogja, Sup Kembang Waru

Photo by, 91lapc.blogspot.com

sate buntel jogja, sate buntel yogya, sate buntel malioboro, Sate buntel tambak segaran jogja, sate buntel terkenal di jogja, Sate Kambing Asli Tambak Segaran Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata kuliner sate buntel dijogja
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?