Wisata Kulon Progo Terbaru – Pesona Kulonprogo memang selalu luar biasa. Hampir di setiap tempat dari kawasan ini selalu menawarkan pemandangan yang indah dengan ciri khasnya masing-masing.

Tentu saja, pesona alamnya yang membentang dan pantai Kulon Progo yang masih asri. Seolah salah satu wilayah di Yogyakarta yang masih belum terjamah modernisasi, dalam artian areal.

Sebab, kalau di Kota Kulon Progo sendiri, tentu saja sudah ramai penduduk, dan beragam kebutuhan sudah tersedia. Namun, begitu masuk ke kawasan seperti desa-desa, atau dusun-dusun, mereka masih dalam kesederhanaan dan hidup berdampingan dengan alam.

Itulah mengapa, masih banyak tempat wisata alam yang menawarkan keindahan panorama yang takan mungkin Sobat lihat di tempat lain. Tentu saja, karena masih asri dan rindang udara di lokasi wisata sangatlah sejuk dan menyegarkan.

4 Wisata Kulon Progo Terbaru untuk Anda yang Ingin Menikmati Sejuknya Udara

Untuk tahu apa sajakah tempat wisata Kulon Progo terbaru yang sedang hits, berikut ini ulasan lengkapnya hanya untuk Anda!

Kalibiru

Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja
Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja

Salah satu tempat wisata Kulon Progo terbaru yang sedang hits adalah Kalibiru. Adanya tempat foto dengan objek pohon pinus membuat tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Sadar bahwa tempat ini memiliki prospek wisata yang sangat baik, para warga sekitar pun selalu membersihkan lokasi ekowisata ini setiap harinya.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Kalibiru, Anda bisa datan ke kecamatan Kokap yang ada di Kulon Progo. Di tempat ini, Anda akan disuguhi dengan udara khas hutan yang segar ditambah dengan pemandangan yang sangat legendaris.

Untuk bisa masuk ke sini, Anda cukup membayar tiga ribu rupiah sana. Setidaknya duduk di lokasi viewpoint sambil menunggu sunses tiba adalah hal yang paling menyenangkan.

Waduk Sermo

Waduk Sermo, Danau Buatan Yang Berdiri Sejak 1996 Berlokasi di Hargowilis, Kulonprogo
Waduk Sermo, Danau Buatan Yang Berdiri Sejak 1996 Berlokasi di Hargowilis, Kulonprogo (Photo by, erwinataa – in frame, monalisasembor)

Tempat wisata Kulon Progo terbaru yang sedang hits berikutnya yaitu Waduk Sermo. Terletak di dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Waduk Sermo merupakan tempat wisata yang juga tak kalah indah dari Kalibiru.

Biasanya harga tiket untuk masuk ke Waduk Sermo hanya dua ribu rupiah atau seribu rupiah untuk setiap motor. Di waduk ini, Anda bisa naik kapal dengan hanya membayar sepuluh ribu rupiah saja tiap orangnya untuk sekali naik dengan syarat minimal lima orang, jika Anda Cuma berdua atau bertiga harganya dua puluh lima ribu tiap orangnya.

Warga sekitar biasanya senang mancing di waduk ini. Setidaknya ada sekitar 100 keramba di waduk ini. Satu kerambanya akan menghasilkan 2,5 ton ikan air tawar setiap empat bulan. Warga sekitar waduk ini juga terkenal sebagai penghasil buah durian, manggis dan lain sebagainya.

Gunung Ijo

4 Wisata Kulon Progo Terbaru untuk Anda yang Ingin Menikmati Sejuknya
Wisata Kulon Progo Terbaru untuk Anda yang Ingin Menikmati Sejuknya – Gunung Ijo (Photo by, instagram.com/pitra_alvaro)

Terletak di kawasan perbatasan antara Provinsi DIY dan Jateng, tepatnya antara Kulon Progo dan Purworejo, Gunung Ijo termasuk ke dalam salah satu tempat wisata Kulon Progo terbaru yang sedang hits tahun ini.

Gunung Ijo terletak di Desa Durensari, Kecamatan Bagelan, Purworejo, Jateng dan Desa Plampang, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Tinggi gunung ini mencapai 1000mdpl dan merupakan puncak tertinggi di daerah Perbukitan Menoreh.

Ada dua trek yang bisa Anda gunakan untuk mendaki gunung ini, ada trek pendek yang jalannya tidak bagus dan trek panjang dengan jalan yang bagus.

Namun lokasi gunung ini cukup sulit untuk ditemukan sehingga tidak banyak orang yang bisa sampai ke puncah. Dari atas Gunung Ijo, Anda bisa melihat seluruh pemandangan kota Jogja. Mulai dari perbukitan menoreh sampai Kebumen juga terlihat dari Gunung ini.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Wisata Jogja Sarat Sejarah Dan Legenda
Puncak Suroloyo Wisata Jogja Sarat Sejarah Dan Legenda

Tempat wisata Kulon Progo terbaru yang hits berikutnya yaitu Puncak Suroloyo yang terletak di perbukitan Menoreh. Di puncak ini, Anda bisa camping sambil menikmati sunrise dan pemandangan hamparan awan yang menyejukkan mata.

Belum lagi, viewpoint di puncak Suroloyo juga sangat keren, mulai dari Gunung Merapi, Gunung Sindoro sampai Gunung Merbabu bisa Anda lihat dari puncak ini.

Jika Anda sedang beruntung, maka pemandangan candi borobudur pun juga akan terlihat dari atas Puncak Suroloyo. Namun untuk samppai ke puncak, Anda harus menaik 290 anak tangga, ya setidaknya sekalian bakar kalori.

Oke Sob, sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata di Kulon Progo yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya yang memang sudah hits, sudah kami sebutkan diatas, sementara tempat-tempat terbaru lainnya sudah pula kami sampaikan.

Hmmm… selalu mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait tiga puluh wisata terbaru di Kulon progo.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here