Lompat ke konten

12 Tempat di Jogja Paling Terkenal dan Sangat Hits, Sudah Pada Kesini?

Bagikan ke sosmed kamu

Tempat di Jogja paling terkenal – Siapa yang tidak mengenal Jogja? Kota wisata yang penuh pesona, terkenal hingga mancanegara, rasanya tidak akan habis jika kita mengelilinginya.

Yogyakarta saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat, khususnya di bidang pariwisata, dengan karakteristik dan keindahan yang begitu kaya. Jika sobat bingung menentukan tujuan, berikut adalah rekomendasi tempat wisata baru di Jogja paling terkenal.

Inilah Tempat di Jogja Paling Terkenal dan Juga Hits

1. Taman Sari, Tempat di Jogja Paling Terkenal

Megahnya Istana Air Taman Sari Yogyakarta Yang Luasnya 10 Hektare
Megahnya Istana Air Taman Sari Yogyakarta Yang Luasnya 10 Hektare (Photo by, ratri.er)

Ini bukan taman biasa karena sejarah masa lalu Taman Sari penuh dengan simbol Jawa. Meski dibangun selama ratusan tahun, bangunan ini masih kokoh dan terlihat megah.

Sejarah Taman Sari Jogja dimulai pada tahun 1758 ketika dibangun di atas tanah bekas keraton pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I.

Taman Sari dirancang sebagai tempat peristirahatan, tempat ketenangan bagi Sultan dan keluarganya, dan benteng melawan musuh.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan, Candi Termegah Abad Ke-9
Candi Prambanan, Candi Termegah Abad Ke-9

UNESCO telah menetapkan Candi prambanan sebagai situs warisan dunia. Dibangun sejak zaman Kerajaan Mataram, menjadikan tempat wisata ini menarik.

Saat sobat berkunjung, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Sendratari Ramayana Prambanan. Candi Prambanan setiap hari buka mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB kecuali hari raya Nyepi. Untuk bisa melihat kemegahan candi ini, sobat hanya perlu membayar Rp 50.000.

3. Heha Sky View

Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terbaru
Heha Sky View – Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terbaru (Foto; ig@hehaskyview)

Ditempat ini menawarkan wisatawan berbagai spot foto selfie, serta pemandangan kota Yogyakarta dari atas.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas dan live music yang menghibur. Tentunya kegiatan yang menyenangkan dan pengalaman yang sayang untuk dilewatkan.

Berkat kekuatan media sosial, Heha Sky View menjadi salah satu tempat di Jogja paling terkenal di kalangan wisatawan.

4. Jalan Malioboro

5 Tempat Wisata di Jogja dekat Malioboro, yang No. 2 Paling Romantis
5 Tempat Wisata di Jogja dekat Malioboro, yang No. 2 Paling Romantis (Photo by, nayadilapangaa)

Banyak orang yang mengatakan bahwa belum ada turis yang berkunjung ke Yogyakarta tanpa mampir ke Jalan Malioboro, tempat wisata nomor satu di Yogyakarta. Selain mencari oleh-oleh, Anda juga bisa menemukan makanan enak di dekat sini.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Jogja di Malam Hari yang Paling Bikin Kangen

Apalagi pada malam hari, banyak pedagang yang menjajakan barang dagangannya. Bahkan sebelum pandemi, ada beberapa musisi dan pegiat seni yang tampil untuk setiap pengunjung yang datang ke sini.

5. Goa Pindul

Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua
Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua (Photo by, instagram.com/alvanitabeatrice)

Ingin pergi ke bawah tanah? Anda bisa datang ke Goa Pindul Jogja di Gunung Kidul. Salah satu tempat di Jogja paling terkenal, Gua Pindul berupa gua dengan sungai bawah tanah yang hijau. Tempat ini begitu populer di kalangan masyarakat karena wisatawan dapat menjelajahi sungai di dalam gua.

6. Watu Lumbung

Watu Lumbung - Tempat Wisata Terbaru di Jogja
Watu Lumbung – Tempat Wisata Terbaru di Jogja (Foto: ig@gunungkidul_kece)

Salah satu tempat wisata terbaru di Jogja, tepatnya di kawasan Nglipar, Gunung Kidul ini dikenal oleh wisatawan yang mencari ketenangan sekaligus menyatu dengan alam.

Di sini, Sobat memiliki pemandangan indah kota Yogyakarta dari atas. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan yang ingin berfoto saat matahari terbenam.

Pada malam hari, tempat ini semakin mempesona, dengan panorama yang indah dalam gelap, dihiasi dengan kerlap-kerlip lampu di kejauhan.

7. Kebun Tebu Gendu

Kebun Tebu Gendu
Kebun Tebu Gendu (Foto: ig@aditya_moriska)

Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana ladang tebu bisa jadi tempat Instagramable? Jadi jika Sobat berkunjung ke perkebunan tebu Gendu di kawasan Girimulyo Kulonprogo pasti akan mengetahuinya.

Pemandangan alam di perkebunan tebu ini sungguh indah. Didominasi oleh deretan pohon dan bunga tebu yang indah. Semilir angin yang sejuk dan segar akan membuat Anda semakin nyaman berfoto di tempat ini.

Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Gendu, Kaligono, Kec. Purworejo, Kabupaten Kulon Progo.

8. Soragan Castle

Soragan Castle, Salah Satu Tempat di Jogja Paling Terkenal
Soragan Castle, Salah Satu Tempat di Jogja Paling Terkenal (Foto: ig@indahhhsar)

Ini adalah spot Instagram lain untuk Jogja. Namanya Soragan Castle di Jl. Soragan No.13, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul.

Sebenarnya bangunan tersebut adalah sebuah restoran, namun terkenal dengan konsep bangunannya yang menyerupai kastil Eropa kuno. Jadi, selain menyantap beragam menu lezat, Anda bisa mengabadikan setiap sudut kastil di akun Instagram sobat.

9. Lost World Castle

The Lost World Castle Cangkringan: Berasa Lagi Main ke Benteng Takeshi
The Lost World Castle Cangkringan: Berasa Lagi Main ke Benteng Takeshi (Photo by, Anik Rifah)

Sobat Brilio juga perlu mengunjungi Lost World Castle di desa Kepuharjo di Sleman. Puri seluas 1,3 ini memiliki pesan yang sangat unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung bahwa kota Yogyakarta dan sekitarnya seolah-olah menghilang setelah letusan dahsyat Gunung Merapi.

Baca Juga:  Taman Budaya Yogyakarta Sebagai Jembatan Penghubung Antara Seniman

Konsep inilah yang kemudian menjadi nama objek wisata ini, Lost World atau Dunia yang Hilang.

10. Rumah Indian Dlingo

Indahnya, Hutan Pinus Pengger Malam Hari: Bikin Suasana Makin Romantis
Indahnya, Hutan Pinus Pengger Malam Hari: Bikin Suasana Makin Romantis (Photo by, m.ibnuabd_)

Rumah Indian Dlingo terletak di hutan Pinus Pengger dan memiliki pemandangan kota Jogja yang indah dari ketinggian. Panoramanya pun semakin memukau jika Anda berkunjung pada malam hari.

Di sini juga terdapat rumah-rumah yang menyerupai rumah suku Indian, dengan akses langsung ke lanskap kota Yogyakarta yang luas. Pastinya Anda ingin menghabiskan malam lebih lama di sini bersama teman-teman, terutama bersama pasangan.

11. Mangunan

Pengelola Kampung Wisata Mangunan, Belum Siap Menerima Lonjakan Wisatawan
Pengelola Kampung Wisata Mangunan, Belum Siap Menerima Lonjakan Wisatawan (Photo by, avinmaulana)

Menikmati pemandangan pagi dan matahari terbit dari kawasan kebun Buah Mangunan Bantul, liburan di Yogyakarta paling menarik. Salah satu tempat di Jogja paling terkenal ini menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran.

Jika sobat beruntung berada di sana di pagi hari atau setelah subuh, Sobat bisa merasakan seperti apa di atas awan. Tak heran jika objek wisata berupa observasi di ketinggian sekitar 200 meter ini sering disebut sebagai Negeri di Atas Awan.

12. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan, Alternative Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Rombongan
Hutan Pinus Mangunan, Alternative Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Rombongan (Photo by, m.ibnuabd_)

Setelah mengagumi dan mengabadikan momen matahari terbit di Kebun Buah Mangunan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Hutan Pinus Mangunan yang tidak jauh dari sana, yang pemandangannya juga tak kalah indah.

Di Hutan Pinus Wangu Nan atau biasa dikenal dengan Hutan Pinus Yimuqie, sobat bisa mengagumi pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana alam yang asri.

Jika kurang puas, sobat bisa mengunjungi tempat wisata Qianshi Song Gorangit yang terletak tidak jauh dari hutan pinus Mangunan. Banyak yang selfie di tempat ini, termasuk bangunan rumah Hobbit.


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.