Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja
Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja
Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja

Kalibiru seakan berbaur dengan wisata alam Jogja yang penuh dengan kemewahan alam. Kalibiru menyuguhkan glamour-nya wisata alam Jogja, layaknya di negeri dongeng. Hutan lebat penuh pepohonan memberikan nuansa damai, suara burung berkicau saling bersautan menambah nikmat telinga. Riuhnya gemercik air sungai yang mengalir, seakan menghanyutkan rasa lelah.

Udara segar, seakan menyejukan paru – paru yang lelah menghirup polutan di udara kota. Sejuknya udara menyegarkan kulit yang kerap di terpa panas. Waktu yang tepat menikmati hijuanya pepohonan rindang, seperti itulah yang bakalan Sobat rasakan. Menikmati wisata alam Jogja di Kalibiru, seakan membersihkan pemikiran dari penatnya rutinitas kerja.

Kawasan Kalibiru ini merupakan desa wisata yang amat terkenal, hampir tiap kesempatan liburan tiba banyak pelancong dari berbagai daerah datang ke Kalibiru untuk menikmati wisata alam Jogja yang kaya akan keseruan. Desa wisata ini, menawarkan hamparan ladang sawah Kulonprogo yang membentang luas, serta pepohonan rindang dan sungai – sungai yang menyugugkan kesegaran.

Sungguh scenario drama kehidupan yang mengagumkan, karya Sang Maha. Melihat perbukitan luas Menoreh Kulonprogo, yang penuh dengan kekayaan alam. Seakan ter-hipnotis, langkah kaki menyusuri perbukitan di buat terhenti. Melihat, hamparan hutan luas dari ketinggian 450 meter dari permukaan laut, kabut pagi seakan awan yang menyapa hutan.

Basahi dedaunan, berikan oksigen pada paru – paru kehidupan mengganti gas carbon jahat hasil polusi udara. Suasana nyaman ini, selalu ada di perbukitan Indonesia yang kaya akan hutan hijau yang masih bisa kita rasakan kini. Seperti di desa wisata Kalibiru yang tak hentinya menyuguhkan panorama alam yang mengagumkan.

Seperti kita ketahui beberapa hutan di Indonesia mulai tergerus oleh ke-egoisan oknum – oknum tertentu yang menjual pepohonan yang bahkan untuk tumbuh tak perlu bantuan manusia sedikit pun. Dengan adanya desa wisata ini, seakan memperjelas hidup harmony bersama alam sangatlah menyenangkan. Bisa kita lihat penduduk desa, tersenyum gembira tinggal di tempat yang indah ini.

Ketika Sobat melihat langsung Kalibiru ini, saat itulah Sobat akan merasakan sinergi kehidupan manusia dengan alam. Habiskan waktu disini, lupakan sejenak rutinitas dengan bermain flying-fox, duduk diatas gardu pandang, atau berjalan diatas jembatan yang menghubungkan dua pohon yang menjulang tinggi. Dan masih banyak lagi keseruan yang dapat anda rasakan disini.

Seperti halnya desa wisata lainya, di Kalibiru ini sudah disediakan fasilitas yang sudah dikelola oleha masyarakat dengan sangat baik. Jadi, meski berada di perbukitan jangan takut kehabisa bekal, karena sudah ada warung penjual makanan, yang dibuat dari bahan alam yang tentunya ramah lingkungan. Disediakan juga tempat sampah, supaya Sobat tidak membuang sampah sembarang di sini.

Sekedar bercengkrama duduk di bawah pohon rindang, menceritakan hal – hal yang seru, atau berdiam diri melihat view pemandangan luas Kalibiru. Seolah merasakan anugrah Sang Maha, dengan pemandangan Kalibiru yang indah. Banyak insprasi yang bisa anda dapatkan disini, sebab secara fisik tubuh manusia, terutama bagian otak akan menstimulus kemampuan anda berfikir bilas suasana nyaman.

Wisatawan asing maupun domestic, terlihat dari raut wajahnya nampak menikmati wisata alam Jogja yang penuh dengan keindahan. Sudah sepantasnya kita menjaga dan melestarikan keindahan alam ini dengan tidak membuang sampah sembarang. Sekaligus juga menghormati alam dengan tidak menebang pohon yang penting untuk generasi masa depan bangsa.

Tidak sulit untuk menjamah lokasi Desa Wisata Kalibiru ini, lokasinya berada sekitar 40km dari Barat Kota Yogyakarta. Atau hanya sekitar 10km dari Kota Wates yang merupakan Ibu kota Kabupaten Kulonprogo. Lebih tepatnya di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Harga tiket masuk di Desa Wisata Kalibiru ini juga cukup murah, hanya 2.000 rupiah saja.

Peta lokasi dari Google Maps Desa Wisata Kalibiru

Atau jika Sobat ingin menikmati Flying-fox cukup membayar 10.000 rupiah saja untuk dewasa dan untuk anak – anak hanya 5.000 rupiah saja. Gimana, sudah tertarik untuk datang ke tempat ini ? Sudah saatnya refreshing di akhir pekan ini dengan mengunjungi desa wisata Kalibiru bersama keluarga, kerabat, dan para sahabat anda. Dan jangan lupa untuk menikmati tempat wisata di Jogja lainya, yang masih banyak tempat menarik lainya.

Photo by, Daniel Kurniawan

wisata alam jogja, kalibiru jogja
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?