Lompat ke konten

Berbagai Destinasi Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, No. 7 Ngangenin

Bagikan ke sosmed kamu

Destinasi wisata di Jogja – Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Jogja merupakan salah satu kota istimewa dengan otonomi khusus, pemerintahan provinsi berbentuk keraton, dan Sultan Yogyakarta sekaligus menjabat sebagai gubernur.

Kota Yogyakarta benar-benar istimewa. Berbagai destinasi wisata di Yogyakarta disuguhkan saat sobat berkunjung ke kota ini. Mulai dari wisata sejarah, alam, wisata modern hingga wisata kuliner ada semuanya.

Tidak diragukan lagi bahwa Jogja adalah tujuan para pelancong dan backpacker. Kota yang pernah menjadi ibu kota negara Indonesia ini juga sering dijadikan tujuan belajar bagi siswa SD, SMP, dan juga SMA.

Bagi sobat yang ingin menghabiskan liburannya, mengunjungi tempat wisata di Jogja. Mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan sobat nanti.

Nama Jogja saat ini sedang naik daun karena beberapa destinasi wisata di Jogja yang sangat instagramable. Penasaran dimana saja destinasi wisata di Jogja yang menarik dan wajib untuk dikunjungi?

Berikut ulasan destinasi wisata di Jogja yang wajib sobat kunjungi!!

8 Destinasi Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Destinasi Wisata di Jogja Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Dari Gunung Kidul
Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Dari Gunung Kidul

Air Terjun Sir Getuk merupakan destinasi wisata alam di Jogja yang wajib sobat kunjungi. Destinasi wisata alam ini terletak di Gunung Kidul, desa wisata Bribie di Ngarai Sungai Oya.

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu pesona indah yang dihadirkan Gunungkidul. Terletak di desa Bleberan, air terjun ini memiliki keunikan karena terletak di tebing di sebelah sungai.

Untuk bisa mencapai air terjun di Yogyakarta ini, soabt harus menyusuri sungai yang panjangnya sekitar 700 meter.

2. Candi Prambanan: Destinasi Wisata di Jogja

Destinasi Wisata di Jogja Candi Prambanan, Candi Termegah Abad Ke-9
Candi Prambanan, Candi Termegah Abad Ke-9

Dikatakan sebagai candi yang dibangun dalam semalam, dan merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta.

Baca Juga:  Tempat Wisata Jogja Murah Meriah Berikut Ini Dijamin Bikin Rindu

Wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara datang ke candi ini untuk melihat sekilas keajaiban para pendahulu yang pernah ada. Destinasi wisata di Jogja satu ini merupakan yang paling diminati.

Candi Prambanan berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jika sobat tidak membawa mobil pribadi, sobat dapat dengan mudah menuju Candi Prambanan dengan naik bus dan turun di Terminal Prambanan.

3. Curug Tegal Tegalrejo

Berbagai Destinasi Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, No. 7 Ngangenin
Berbagai Destinasi Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi, No. 7 Ngangenin (Foto: ig@suspakde)

Bagi sobat yang menyukai alam, Curug Tegal Rejo patut menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja. Air terjun ini menjadi favorit bagi yang ingin berbasah-basah dan bisa melompat dari ketinggian lebih dari 3 meter.

Wisatawan yang tertarik untuk mandi di air terjun ini perlu berjalan kaki sekitar 10 menit, dan untuk mencapai puncak air terjun, mereka perlu berjalan kaki sekitar 5 menit untuk menyeberangi jalan setapak atau menyusuri sungai.

4. Wisata Belanja Pasar Beringharjo

Destinasi Wisata di Jogja Pasar Beringharjo Yogyakarta: Tempatnya Borong Oleh-oleh Murah
Pasar Beringharjo Yogyakarta: Tempatnya Borong Oleh-oleh Murah

Yogyakarta juga merupakan surga belanja bagi sobat yang ingin berwisata belanja. Di Pasar Beringharjo Yogyakarta, sobat bisa berbelanja sepuasnya. Banyak suvenir, aksesoris, pakaian, makanan ringan dan banyak lagi. Keinginan belanja sobat akan terpuaskan di sini.

Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua dan terlengkap di Yogyakarta. Pasar tradisional ini menjual berbagai jenis barang, mulai dari jajanan pasar, batik, rempah-rempah hingga barang antik.

5. Wisata Kuliner di Wijilan

Destinasi Wisata di Jogja Tempat Wisata Kuliner Jogja Gudeg
Tempat Wisata Kuliner Jogja Gudeg

Jalan Wijilan merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang terkenal dengan sentra kuliner gudegnya. Lokasi Desa Wijilan tidak jauh dari kawasan Prawirotaman yang dikenal sebagai Legian Jogja karena tingginya jumlah wisatawan asing di daerah tersebut.

Baca Juga:  The Lost World Castle Jogja Untuk Anda Yang Sudah Penasaran Kesini

6. Menyusuri Museum Vredeburg

Destinasi Wisata di Jogja Menyusuri Sejarah Bangsa Dari Benteng Vredeburg
Menyusuri Sejarah Bangsa Dari Benteng Vredeburg

Selain keindahan alamnya, kota Yogyakarta menawarkan wisata sejarah melalui Museum Benteng Vredeburg. Museum ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani 6 Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg adalah benteng yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1765 untuk mempertahankan diri dari serangan terhadap Keraton Yogyakarta.

Tempat wisata di Yogyakarta ini menjadi tempat bersejarah, saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melepaskan diri dari belenggu penjajah.

Di museum ini, sobat dapat menemukan banyak koleksi benda-benda bersejarah, yaitu bangunan peninggalan Belanda, foto dan lukisan, yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dari merintis, mencapai, mempertahankan, dan mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

7. Tugu Yogyakarta

Destinasi Wisata di Jogja Wisata Kota Jogja Ini Dijamin Buat Anda Betah di Jogja
Wisata Kota Jogja Ini Dijamin Buat Anda Betah di Jogja (Photo by, instagram.com/ingatjalan)

Icon Kota Jogja ini merupakan salah satu tempat yang wajib sobat kunjungi. Ada yang istimewa di Tugu Jogja, selain sejarahnya yang panjang. Tugu adalah simbol keberanian rakyat Jogja melawan penjajah Belanda.

Walaupun saat ini sedang situasi pandemi, Tugu Jogja tetaplah ramai. Walau hanya sekedar swafoto, maupun sekedar duduk dan menatap keindahannya. Apalagi tempat ini biasanya ramai di malam hari, Anda bisa ngopi-ngopi di sekitar sini.

8. Wisata Taman Pintar

Destinasi Wisata di Jogja Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Sambil Bermain
Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Sambil Bermain

Seperti julukan yang sudah melekat, Yogyakarta adalah Kota Pelajar. Dan salah satu lokasi yang cocok untuk wisata edukasi Yogyakarta adalah Taman Pintar.

Di sini, sobat dapat dengan bebas menjelajahi kurikulum sains sekolah melalui pengamatan langsung. Bagus untuk meningkatkan pengetahuan anak dan memicu kecintaan mereka pada sains.

Oke Sob! itulah destinasi wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi saat liburan nanti. Tunggu apalagi, rencanakan liburan sobat ke Jogja sekarang.


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.