Pantai Kulon Progo – Salah satu daya tarik utama pariwisata Kulon Progo adalah pantai. Yup, Kulonprogo memiliki pantai yang begitu indah, unik, dan beragam. Bila Anda selama ini hanya mengenal pantai Parangtritis, maka ada baiknya Anda pergi ke Gunung Kidul dan menyusuri gugusan pantai yang begitu indah.

Bahkan sebagian pantai ini memiliki tebing dan bukit yang menakjubkan. Pantai Gunung Kidul yang berjajar ini tentu selalu menjadi pilihan utama pariwisata di Yogyakarta. Akan tetapi, kota pelajar ini sebenarnya memiliki pantai yang masih belum dikenal, tepatnya di kawasan Kulon Progo.

Bila Anda adalah seorang backpacker sejati, Anda akan sangat mungkin mencari pantai yang masih sepi dan belum banyak terjamah seperti ini. Lalu apa saja nama pantai Kulon Progo Yogyakarta yang sangat pas untuk para backpacker ini? Tunggu, apa Anda sudah mengetahui dimana Kulon Progo berada?

3 Pantai Kulon Progo Yang Membuat Anda Terpesona Dalam Sekejap

Pariwisata Kulon Progo sebenarnya memiliki potensi wisata yang sangat bagus, terutama wisata yang menawarkan panorama alam. Inilah yang menjadi alasan mendasar, pemerintah Yogyakarta yang berencana membuat bandara baru di kabupaten ini. Hal itu nampak masuk akal bila melihat potensi wisata yang ditawarkan di Kulonprogo.

Pantai Glagah

Salah satunya adalah pantai Glagah. Ya, ini adalah pilihan pantai Kulon Progo Yogyakarta yang pertama. Pantai ini sudah lebih dulu dikenal bahkan sebelum isu pembuatan bandara baru memenuhi headline surat kabar dan eletronik.

Pantai ini berlokasi di desa Glagah, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dan yang membuat si Glagah ini menarik adalah keberadaan pemecah ombak. Pemecah ombak yang juga dikenal dengan nama tetrapod ini sengaja dibuat menjorok ke laut. Tujuannya jelas, untuk mengurangi dampak dari hantaman pantai ombak pada bibir pantai.

Akan tetapi, keberadaannya justru tidak hanya sebagai pemecah ombak. Para wisatawan justru tertarik pada pemandangan ombak yang senantiasa menghantam tetrapod. Selain itu, keberadannya juga membuat pantai memiliki ciri khas. Atas alasan inilah sebagian pasangan mengabadiakan momen prewedding di pantai Glagah ini.

Pantai Bugel

3 Pantai Kulon Progo Yang Membuat Anda Terpesona Dalam Sekejap
Pantai Kulon Progo Yang Membuat Anda Terpesona Dalam Sekejap – Pantai Bugel, Kulonprogo (Photo by, instagram.com/rahmatnurhadian)

Ini baru satu, pantai Kulon Progo Yogyakarta yang ke-dua datang dari pantai Bugel. Pantai ini berada persis di samping pantai Glagah. Pantai ini juga dikenal dengan nama Bugel Peni. Ia berlokasi di desa Bugel, kecamatan Panjatan, kabupaten Kulon Progo.

Pantai Bugel ini tidak terlalu cantik, apalagi bila dibandingkan dengan pantai Gunung Kidul. Akan tetapi, aspek sepilah yang menjadi daya tariknya. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berkemah di pantai ini. Sepi dan sunyi terkadang menjadi daya tarik dari sebuah tempat. Tentu ini cocok untuk para backpacker.

Pantai Trisik

Pantai Trisik, Kulon Progo
Pantai Trisik, Kulon Progo (Photo by, instagram.com/lailanurjannah)

Bergeser sedikit dari Bugel Peni, kita akan menemukan pantai Kulon Progo Yogyakarta yang juga tak begitu ramai dikunjungi. Namanya adalah pantai Trisik. Pantai ini berlokasi di kecamatan Galur, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai Trisik memiliki pasir putih yang cantik.

Selain pasirnya, pantai ini juga memiliki ombak yang indah sehingga membuat para penikmatnya betah menikmati pantai. Pantai Trisik juga menjadi salah satu ‘markas’ para nelayan. Sehingga bila Anda ke sana, Anda akan menemukan perahu-perahu nelayan yang ‘terparkir’ dengan rapi.

Nah, kini Anda memiliki tiga daftar tempat wisata baru. Terlebih Kulon Progo belum dikenal sebagai wilayah dengan pantai yang ramai dikunjungi. Bila Anda ingin menikmatinya dengan menginap dan mendirikan tenda, maka jangan lupa untuk menyelesaikan perizinan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah dari pantai ini, Anda bisa ke Kalibiru yang kian hari kian menjadi salah satu trademark Kulon Progo.

Oke Sob, jangan lupa. Untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menajaga suasana tetap kondusif. Sampai jumpa di lokasi wisata, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait Pantai Bugel Peni Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, pantai kulon progo, pantai pasir putih di kulon progo, wisata pantai kulon progo, pantai di kulon Progo, pantai kulonprogo, nma2 pantai kulon plogo, pantai di kulonprogo, pantai di kulon progo yang bisa buat mandi, pantai di kulon progo jogja.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here