tempat wisata di Jogja yang wajib di kunjungi
Puncak Suroloyo

Berikut ini kita akan membahas tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, dan ada lebih dari 68 tempat wisata di Jogja. Sebagai daerah tujuan wisata tentu di Yogyakarta ini ada banyak sekali tempat-tempat menarik untuk di kunjungi. Ada berbagai macam kategori wisata diantaranya adalah wisata sejarah, wisata alam Joga, wisata candi, wisata petualangan, wisata pantai Jogja, wisata taman satwa, wisata agrowisata, dan ada banyak lagi lainya.

Sebagai orang Indonesia wajib kita sadari bahwa di negeri kita ini di limpahi daerah – daerah indah dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Di seluruh Indonesia adalah tempat yang indah bahkan para peneliti meyakini Atlantis yang hilang itu adalah bagianya Indonesia. Tidak terkecuali Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Merupakan daerah dengan penuh budaya luhur yang masih terjaga hingga kini, tradisi nenek moyang yang masih lestari, tentu menawarkan banyak sekali tempat wisata yang menarik. Destinasi wisata Jogja ada beragam mulai dari wisata kuliner yang beragam, hingga belanja oleh-oleh murah karena memang banyak yang mengatakan untuk wisata Jogja murah dan hemat.

Jika anda ingin lebih mengenal tempat wisata Jogja berikut kami akan memberikan informasi daftar wisata Jogja. Jika anda pecinta alam atau seorang anggota mapala, anda wajib mengunjungi tempat wisata alam Jogja satu ini, tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini adalah sebuah bukit yang memiliki cerita sejarah yang luar biasa, namanya adalah Puncak Suroloyo.

Ada kisah menarik dari Puncak Suroloyo ini, pada masa Mataram kerajaan ada seorang sastrawan dari Keraton Surakarta beliau adalah Ngabehi Yasadipura I, beliau menullis Serat Cabolek yang meupakan sebuah karya sastra pada abad ke-18, dalam serat (lontar) ini menceritakan seseorang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo (Raden Mas Rangsang) yang mendapat bisikan (wangsit) suatu hari Ia akan menjadi penguasa di Tanah Jawa. Dikatakan bahwa, wangsit ini dia harus menempuh perjalanan dari Kraton Kotagede menuju ke arah Perbukitan Menoreh (Puncak Suroloyo). Agar bisa menjadi penguasa di Tanah Jawa, maka sang Raden Mas Rangsang harus melakuan pertapaan yang disebut Kesatrian. Dan di Puncak Suroloyo adalah bukit tempat ia bertapa. Begitulah kisah Puncak Suroloyo yang indah ini.

Sebagai tempat yang begitu indah dan pohon-pohon tinggi menjulang, udara yang masih bebas dari polusi membuat tempat ini menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Cerita sejarah yang menyelimutinya anda akan rasakan setelah menelurusi 286 anak tangga hingga sampai di puncaknya. Melihat sekitar bukit sungguh asri dan sejuk, dari kejauhan anda dapat melihat pemangan kota-kota di bawahnya. Dengan ketinggian 1.019 kaki dari permukaan laut, Puncak Suroloyo benar-benar sejuk.

Dari ketinggian anda dapat menyaksikan Candi Borobudur dari kejauhan. Dari hamparan luas di sekelilingnya anda akan melihat puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi. Sungguh akan menjadi perjalanan yang takan mungkin anda lupakan. Untuk bisa kesana anda tidak perlu merogok kocek yang dalam karena jika anda berkendara menggunakan sepeda motor anda hanya di kenakan biaya terif parkir saja 2K rupiah.

Sesampainya disana saya sarankan untuk membawa kembali botol bekas minuman anda atau sampah dari makanan ringan anda. Karena menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan sudah membuat anda termasuk golongan orang-orang yang peduli lingkungan. Ditambah lagi jangan memiliki niat untuk mencoret-coret bangunan tempat melihat view pemandangan, karena itu tidak akan membuat anda di kenang oleh siapapun, yang ada anda hanya akan mengotori saja.

Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi lainya, dan nanti seiring berjalanya waktu kami akan memberikan informasi mengenai wisata sejarah, wisata alam Joga, wisata candi, wisata petualangan, wisata pantai Jogja, wisata taman satwa, wisata agrowisata, dan ada banyak lagi lainya. Ditunggu saja cerita selanjutnya..

Photo | Brian Sakti Prayogo

6 KOMENTAR

  1. I read a lot of interesting posts here. Probably you spend
    a lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool that creates readable,
    SEO friendly articles in minutes, just search
    in google – laranitas free content source

Ada pertanyaan atau komentar?