Kaliadem, Melihat Lebih Dekat Megahnya Merapi
Kaliadem, Melihat Lebih Dekat Megahnya Merapi
Kaliadem, Melihat Lebih Dekat Megahnya Merapi

Kaliadem merupakan sebuah kawasan yang pas untuk melihat Megahnya Gunung Merapi. Sebab, Kaliadem berada sangat dekat dengan lereng Gunung Merapi. Dari sini Sobat dapat melihat view pemandangan alam yang luar biasa. Hutan pinus yang sudah mulai tumbuh subur kembali setelah erupsi merapi 2010, kini mulai menghijau kembali.

Kaliadem sebenarnya sebuah desa yang letaknya tepat di bawah kaki Merapi, yang luluh lantah setelah erupsi merapi 2010, akibat awan panas (Wedus Gembel / Pyroclastic Flow). Letaknya yang berada di dataran tinggi (1100 dpl) membuat suhu udara di Kaliadem terasa sejuk dan segar. Setelah di buka kembali untuk umum, Kaliadem menjadi destinasi wisata Jogja yang paling sering dikunjungi kala liburan tiba.

Banyak wisatawan asing maupun mancanegara yang menyempatkan diri untuk jalan – jalan di Kaliadem. Lokasinya yang dapat ditempuh dengan Jeep atau Motocross sering di jajal oleh para rider atau off roader dari berbagai daerah di Indonesia saat bertandang ke Kaliadem. Keseruan ini hanya dapat Sobat rasakan kala sudah bisa melepas sejenak penatnya perkotaan.

Sepanjang mata memandang yang terlihat dari Kaliadem adalah pasir putih dan juga bebatuan yang berasal dari erupsi Merapi, seolah – olah kita sedang berada di planet lain. Jika anda beruntung saat pagi hari dimana awan belum menggumpal, Gunung Merapi akan nampak jelas terlihat di hadapan Sobat. Begitulah megahnya Gunung Api paling aktif di Indonesia, sangat indah dan menawan.

Apalagi jika anda datang ke Kaliadem di kala malam hari, lumeran lava dari puncak Merapi dapat terlihat terang dengan warna merah. Langit yang dipenuhi bintang – bintang kala malam tiba akan berbaur dengan titik merah cerah dari puncak Gunung Api paling aktif di Indonesia. Jangan lupa juga selipkan Doa saat anda dalam ke-Kaguman melihat Merapi, ber-doa-lah agar Masyarakat Yogyakarta selalu diberi perlindungan.

Untuk menjamah lokasi Kaliadem Sobat dapat menempuh perjalan sekitar 24 km dari Kota Yogyakarta ke-arah Utara. Lokasinya berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta, Indonesia. Dari Kaliadem Sobat dapat melihat Gagahnya Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2980 meter diatas permukaan laut.

Meski begitu Merapi memiliki kekuatan yang Maha Dahsyat, kenyataan ini nampak jelas saat Kerajaan Mataram Kuno harus ber-pindah ke Jawa Timur pada erupsi merapi tahun 1006. Setelah mengubur Candi Borobudur dan Candi – candi lainya yang berada di kerajaan Mataram Kuno (Yogyakarta Sekarang). Meski begitu kini, kawasan Merapi menjadi daerah yang paling subur.

Seperti itulah kehidupan, selalu ada sisi baik dan buruk, pahit dan manis sebuah kehidupan selalu mendampingi kita. Hanya dengan bersyukur akan setiap pahit manis kehidupan yang kita jalani, sudah membuat sikap kita bijakasana terhadap alam semesta. Seperti kehidupan leluhur kita yang mengalir dalam hembusan alam “Hamemayu Hayuning Bawana”.

Suasana yang ceria bisa terasa disini, senyum mengembang kala melihat Agung-Nya Merapi memberi makna tersendiri. Kaliadem, memang tidak kenal lelah menunjukan keindahan Merapi, meski berkali – kali harus diguyur Awan panas. Memberi kita pelajaran, bahwa dalam hidup kita tidak boleh menyerah dan jangan pernah lelah untuk terus bangkit.

Matahari semakin meninggi para wisatawan asing maupun domestic terus berdatangan melihat eloknya hamparan pasir putih bekas lahar panas dan hutan pinus yang membentang luas. Jangan lewatkan moment berharga ini dan jangan lupa pula untuk mengabadikan moment tak terlupakan ini dengan berfoto ria bersama para sahabat dan keluarga.

Kaliadem memang spot yang tepat untuk mendapatkan sisi garang Gunung Merapi sekaligus anggunya hamparan pemandangan yang mengagumkan. Mengingatkan kembali kita (manusia) adalah makhluk kecil yang di percaya untuk menjaga bumi ini agar tetap lestari. Mengingat kondisi jalan yang berpasir Sobat harus ekstra waspada saat berkendara di Kaliadem.

Jadi, jangan lupa untuk masukan Kaliadem pada list perjalanan Sobat selama berlibur di Yogyakarta dan nikmati pula destinasi wisata alam Jogja lainya yang pastinya seru dan menyenangkan. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Agar kehidupan kita bersama alam tetap lestari dan terus terjaga dari marabahaya.

Photo by, Thomas Sebastianus dan Hanung Sudibyono

kali adem, kaliadem, kaliadem jogja, wisata kali adem, kali dekat merapi, merapi dari dekat, wisata untuk melihat merapi, kaliadem merapi di jawa timur, lokasi untuk melihat view merapi dari dekat, melihat gunung merapi dari dekat

LEAVE A REPLY