Tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib dikunjungi. Nah, berikut ini merupakan barisan tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang pastinya wajib untuk sobat kunjungi kala sedang liburan.

Apalagi buat sobat yang sudah rindu dengan suasana Jogja, pastinya daftar tempat wisata berikut ini bakalan menambah refrensi sobat untuk ingin memulai dari mana lokasi wisata yang dikunjugi.

Yuk, tanpa panjang lebar silahkan lihatlah indahnya alam semesta Indonesia ini, dan mari bersyukur akan keindahan yang Sang Maha titipkan pada kita ini.

Inilah 27 Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

  1. Tempat Wisata Di Jogja Pantai Pasir Kadilangu

Tempat Wisata di Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi Kapan Saja
Tempat Wisata di Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi Kapan Saja (Photo by, norel08)

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu adalah salah satu tempat wisata dengan view hutan mangrove yang tak kalah eksotis dengan wisata hutan mangrove di tempat lainya. Lokasinya terbilang unik karena disini sobat bisa melihat hijaunya hutan mangrove, sekaligus ekosistem yang indah di wilayah pantai pasir. Udara yang segar, paling pas buat sobat yang ingin merasakan suasana baru dan segar.

  1. Gunung Blencong, Nglanggeran, Gunung Kidul

Ini Dia 13 Daftar Baru Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Gunung Blencong, Nglanggeran, Gunung Kidul (Photo by, yanuar_surya)

Menikmati malam di Gunung Kidul memang menyenangkan, apalagi melihat gemerlap perkotaan dari atas Gunung Blencong. Serasa hidup benar – benar plong, melihat cahaya – cahaya gemerlap diatas sini, di ujung malam apalagi saat dingin mulai mengikuti. Salah satu spot wajib dikunjungi buat sobat yang gemar menikmati malam Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu saja, tidak hanya dimalam saja tempat ini begitu indah, saat matahari terbit pun Gunung Blencong juga begitu indah untuk dipandang.

  1. Bukit Mojo, Imogiri, Bantul

Ini Dia 13 Daftar Baru Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Bukit Mojo, Imogiri, Bantul (Photo by, norel08)

Ingin merasakan hamparan hijau hutan Imogiri dari atas balkon kayu ? Rekomendasi paling hits tentu saja Bukit Mojo Gumelem. Karena dari atas bukit ini sobat bisa melihat hamparan hutan hijau tropis Imogiri yang mempesona. Ditambah segarnya udara pagi diatas bukit ini, bhhh.. sungguh menyegarkan wajib dikunjungi yang jelas lokasi wisata Bukit Mojo ini.

  1. Pantai Pelangi, Bantul

Pantai Pelangi Bantul Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Mantap
Pantai Pelangi Bantul Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Mantap (Photo by, instagram.com/malindakurnianingrum)

Sekalipun namanya Pantai Pelangi Bantul, bukan berarti disini selalu nampak pelangi seperti yang sobat bayangkan. Begitulah namanya, karena pelangi itu tidak harusnya warna-warni (sadaap). Tapi yang jelas, hamparan pasir pantainya itu yang bikin meleleh apalagi sunset di pantai Pelangi begitu mempesona yang jelas.

  1. Bukit Pengilon, Gunung Kidul

Inilah Bukit Pengilon Tempat Wisata Alam Di Jogja Penawar Baper
Inilah Bukit Pengilon Tempat Wisata Alam Di Jogja Penawar Baper (Photo by, norel08)

Bukit yang lokasinya masih di Pantai Siung, dari sini sobat bisa melihat megahnya samudra. Sekaligus pesona yang sulit untuk direkam dalam-dalam, apalagi sambil bayangin mantan (bhaha..). Oke, memang Bukit Pengilon ini wajib sobat kunjungi. Apalagi buat ngelupain mantan #eh, jadi tempat ini merupakan spot yang tepat buat sobat yang suka melihat hamparan samudra dari atas bukit.

  1. Bukit Panguk, Kediwung, Dlingo, Bantul

Bukit Panguk Kediwung Dlingo: Berimajinasi Terbang Diatas Awan dan Membawa Kita
Bukit Panguk Kediwung Dlingo: Berimajinasi Terbang Diatas Awan dan Membawa Kita (Photo by, nabilaadr)

Hembusan angin pagi yang biasa dinikmati hanya untuk mereka yang berani bangkit dari tidurnya (Asikk). Yup, disini sobat bisa melihat indahnya hutan dari atas Bukit Panguk Kediwung yang sedang diselimuti awan. Pastinya untuk membuang penat sekaligus juga melupakan segala asa yang terbuang sia-sia atau sekedar mencari inspirasi Skripsi.

  1. Pantai Sadranan, Gunung Kidul

Inilah Pantai Sadranan Gunung Kidul, Buat Yang Suka Snorkeling
Inilah Pantai Sadranan Gunung Kidul, Buat Yang Suka Snorkeling (Photo by, m.ibnuabd_)

Pingin snorkling ? atau ingin melihat terumbu karang ? silahkan datang ke pantai Sadranan. Yang merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi kala berlibur di Jogja. Hamparan pasir putih pastinya sudah menanti untuk disaksikan, apalagi hamparan laut biru yang mempesona menambah suasana segar mata.

  1. Hutan Pinus, Mangunan

Hutan Pinus Mangunan, Alternative Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Rombongan
Hutan Pinus Mangunan, Alternative Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Rombongan (Photo by, m.ibnuabd_)

Seperti sedang syuting film The Eclips rasa-rasanya, atau layaknya orang yang lagi tersesat disebuah hutan. Merupakan scene yang pas dapat rasakan disini, pastinya hutan pinus Mangunan ini sangat sejuk, mengingat lokasinya yang berada di perbukitan. Pas buat yang lagi ingin mencari suasana baru dan menjauh dari haru pilu perkotaan yang penuh drama.

  1. Watu Tekek, Kulon Progo

Watu Tekek Samigaluh Kulon Progo Dengan Pesona Alamnya Yang Indah
Watu Tekek Samigaluh Kulon Progo Dengan Pesona Alamnya Yang Indah (Photo by, instagram.com/jeanneullndrr)

Selain Kalibiru ada lagi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi yaitu lokasinya berada di Desa Samigaluh, Kulon Progo. Watu Tekek Samigaluh adalah tempatnya yang ingin merasakan Kalibiru dengan sudut pandang yang lain.

  1. Kedung Pedut, Kulon Progo

Kedung Pedut Kulon Progo Seolah Membawa Kita ke Negeri Dongeng Asli
Kedung Pedut Kulon Progo Seolah Membawa Kita ke Negeri Dongeng Asli (Photo by, instagram.com/sekarumptr)

Lokasi tepatnya berada di Kedung Pedut Kulon Progo Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Disini sobat bisa merasakan suasana pedesaan yang penuh dengan hutan hujan tropis yang sejuk. Kegiatan yang bisa sobat rasakan disini adalah flyingfox, reppling, sleding, dan ciblon, pastinya menantang adrenalin.

  1. Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta Untuk Anda Yang Ingin Liburan Hemat
Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta Untuk Anda Yang Ingin Liburan Hemat (Photo by, instagram.com/retnie)

Lokasinya di jalan Magelang KM 3, tiket masuknya lumayan terjangkau. Tapi kalau niat ngerasain main di taman wisata disini jagonya deh, apalagi view nya itu lho yang bikin kangen untuk balik lagi. Wajib deh untuk dikunjungi Sindu Kusuma Edupark, Sabtu – Minggu bukanya mulai jam 09:30 – 23:00 dan Senin – Jum’at mulai jam 15:30 – 23:00 WIB.

  1. Pantai Parang Racuk, Baron, Gunung Kidul

Pantai Parang Racuk Baron Gunung Kidul Yang Merupakan Techno Park
Pantai Parang Racuk Baron Gunung Kidul Yang Merupakan Techno Park (Photo by, instagram.com/hestilalila)

Pantai Parang Racuk alias Baron Techno Park, lokasinya masih di pantai Baron disini sobat bisa melihat jam matahari raksasa. Apalagi menikmati sunsetnya itu lho, bhh.. mantap dah, terutama di jam – jam menjelang matahari mulai meninggalkan senja. Yang pastinya Baron Techno Park ini wajib sobat kunjungi, untuk merasakan teknologi masa lalu yang masih dapat kita gunakan hingga kini.

  1. Pantai Cemara Sewu, Bantul

Pantai Cemara Sewu Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Bahagia
Pantai Cemara Sewu Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Bahagia (Photo by, instagram.com/rilamarinda)

Lokasinya sebelah barat Gumuk Pasir Parangkusumo, paling enak kesini juga pas sunset, apalagi yang seneng photografi disini merupakan spot yang tepat untuk merasakan seolah berada di dunia yang beda. Apalagi buat mereka yang ingin melihat hamparan Pantai Cemara Sewu yang membentang, serta birunya samudra tepat berada didepan pandangan sobat, dijamin tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

  1. Karst Tubing Sedayu Bantul

Karst Tubing Sedayu Bantul, Nambah Lagi Olahraga Ekstrem Yang Asyikk
Karst Tubing Sedayu Bantul, Nambah Lagi Olahraga Ekstrem Yang Asyikk (Photo by, sobatJogja.com)

Lagi! tempat wisata ekstrem di Bantul, yang tentunya wajib sobat jajal. Karst Tubing Sedayu, menawarkan pengalaman wisata yang pastinya bakalan berbeda. Tentu saja, selain panorama alam yang indah, selama menyusuri sungai kita bakalan diajak untuk mencoba tantangan.

  1. Watu Giring Gunung Kidul

Watu Giring Gunung Kidul Yang Mempesona Hasil Pahatan Maha Karya
Watu Giring Gunung Kidul Yang Mempesona Hasil Pahatan Maha Karya (Photo by, instagram.com/afidha)

Well… Gunung Kidul memang gak ada habisnya untuk dijelajahi, selalu ada tempat-tempat baru yang pastinya keren. Seperti Watu Giring, yang merupakan bekas tambang, yang kemudian menjelma menjadi tempat wisata hits.

  1. Air Terjun Gedad Gunung Kidul

Air Terjun Gedad Gunung Kidul Yang Menawarkan Suasana Hutan Alami
Air Terjun Gedad Gunung Kidul Yang Menawarkan Suasana Hutan Alami (Photo by, instagram.com/crisnhadhamayanti)

Buat sobat yang ingin merasakan suasana yang beda selain pantai, Air Terjun Gedad mungkin cocok untuk Anda kunjungi. Sebab, disini Anda akan merasakan suasana dan panorama alam yang begitu mempesona.

  1. Pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai Krakal Gunung Kidul Handayani Yang Akan Membuat Liburan Ceria
Pantai Krakal Gunung Kidul Handayani Yang Akan Membuat Liburan Ceria (Photo by, instagram.com/noviaafrdll)

Tidak beranjak dari Gunung Kidul rasanya, bentangan pantai yang mempesona seakan membuat kita enggan beranjak dari tempat ini. Salah satunya adalah Pantai Krakal, tempat wisata di Yogyakarta satu ini gak bakalan mengecewakan deh.

  1. Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai Kukup Gunung Kidul Yang Mempesona Dengan Pulau Juminonya
Pantai Kukup Gunung Kidul Yang Mempesona Dengan Pulau Juminonya (Photo by, instagram.com/eyedeal_aidil)

Tak jauh dari lokasi sebelumnya, Pantai Kukup siap memanjakan Anda. Dari sini kita bisa menikmati suasan Jeju Island ala Yogyakarta. Katanya sih gitu, tapi buat para pecinta Korea, mungkin tempati ini bakalan sedikit mengobati penasaran.

  1. Ekowisata Jatisari Seropan 3

Ekowisata Jatisari Seropan 3 Yang Akan Membuat Anda Kembali ke Masa
Ekowisata Jatisari Seropan 3 Yang Akan Membuat Anda Kembali ke Masa (Photo by, instagram.com/ayuuswastika)

Sobat pasti bakalan asing dengan tempat yang satu ini, karena Ekowisata Jatisari Seropan 3 tidak begitu terdengar. Tapi jangan salah, tempat wisata satu ini dijamin membuat Sobat kembali ke masa lalu hehee, ada apa ya disana?

  1. Bunker Kaliadem Merapi

Bunker Kaliadem Merapi Dan Pengalaman Berharga Naik Jeep Lava Tour
Bunker Kaliadem Merapi Dan Pengalaman Berharga Naik Jeep Lava Tour (Photo by, instagram.com/refitadeviana)

Salah satu lokasi wisata yang pas banget untuk melihat Merapi dari dekat adalah Bunker Kaliadem Merapi. Dari sini sobat bisa mendapat background merapi yang keren banget dan pastinya bikin decak kagum deh.

  1. Tebing Watu Mabur Bantul

Tebing Watu Mabur Bantul Yang Akan Membuat Anda Menuju Nirvana
Tebing Watu Mabur Bantul Yang Akan Membuat Anda Menuju Nirvana (Photo by, instagram.com/ihsanudn)

Kalau mau ke Tebing Watu Mabur Bantul, kalau bisa sih pagi Sob, soalnya kalau pagi tempat ini keren banget. Sunrise nya itu lho, keren banget apalagi embun paginya, seolah-olah membuat kita berada di atas awan.

  1. Pantai Timang Gunung Kidul

Pantai Timang Gunung Kidul Yang Mendunia Meskipun Rutenya Mblusuk
Pantai Timang Gunung Kidul Yang Mendunia Meskipun Rutenya Mblusuk (Photo by, instagram.com/norzieabdthani)

Siapa yang masih belum juga ke Pantai Timang Gunung Kidul? Hmmm… memang sih, sulit untuk menjamah lokasi. Tapi, banyak orang dari penjuru dunia rela jauh-jauh ke tempat ini lho. Jadi, kalian kapan? ~hehee

  1. Altar atau Alun-alun Utara

Alun-alun Utara Yogyakarta Ruang Publik Untuk Lebih Dekat Dengan Rakyat
Alun-alun Utara Yogyakarta Ruang Publik Untuk Lebih Dekat Dengan Rakyat (Photo by, instagram.com/apriliariestaa)

Tempat ini selalu ramai dan Alun-alun Utara Yogyakarta seolah ruang publik yang gak pernah sepi. Bukan saja karena lokasinya yang berada di pusat kota, tapi juga karena tempat ini merupakan halaman depan Kraton Yogyakarta.

  1. Gedung Agung Yogyakarta

Gedung Agung Yogyakarta Saksi Sejarah Penentuan Masa Depan Bangsa
Gedung Agung Yogyakarta Saksi Sejarah Penentuan Masa Depan Bangsa (Photo by, instagram.com/artweera)

Salah satu saksi bisu tentang perjalanan bangsa Indonesia adalah Gedung Agung Yogyakarta. Salah satu gedung yang sempat menjadi rumah Presiden, yang pada saat itu Yogyakarta merupakan Ibu Kota.

  1. Monumen Serangan Umum 1 Maret

Menguak Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 di Kota Yogyakarta
Menguak Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 di Kota Yogyakarta (Photo by, instagram.com/zain_alfi)

Ditengah-tengah pusat kota, monumen Serangan Umum 1 Maret dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah.

  1. Alkid Jogja Alun-alun Kidul

Alkid Jogja Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta Yang Terbagi Zona Waktu
Alkid Jogja Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta Yang Terbagi Zona Waktu (Photo by, instagram.com/kokoe_dejavu)

Salah satu tempat wisata di Jogja yang tak pernah sepi pengunjung salah satunya adalah Alkid Jogja Alun-alun Kidul. Ditempat ini bahkan terbagi tiga zona waktu lho, kira-kira apa saja kegiatan disana ya?

  1. Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua
Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua (Photo by, instagram.com/alvanitabeatrice)

Kembali lagi merasakan suasana alam di Goa Pindul Gunung Kidul, menyusuri goa yang memiliki ciri khas. Tempat main air yang pas buat Anda yang ingin menikmati suana berbeda saat belibur di Jogja. Tapi, sebelum kesana, pastikan Anda untuk menyiapkan diri, karena tempat wisata ini tergolong ekstrem, tapi seru.

Oke Sob, dari lokasi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi diatas, beberapa diantaranya mungkin terdengar asing ditelinga sobat, karena memang akhir – akhir ini rasanya bermunculan tempat – tempat wisata yang kemudian dikelola oleh warga setempat untuk dijadikan lokasi wisata.

Tentu lokasi wisata di Jogja akan dirasa berbeda bagaimanapun juga. Ada banyak hal menarik yang bakalan Sobat rasakan selama berlibur di Jogjakarta. Terlepas dari itu semua, ada faktor X yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan, yaitu suasana Jogja.

Karena suasana Yogyakarta itu memang sulit untuk dibandingkan, tapi yang jelas ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan tetaplah jaga kebersihan lingkungan lokasi wisata yang sobat kunjungi, agar terus terjaga sampai suatu hari nanti kita kembali dengan kenangan yang pernah dirasakan sebelumnya.

Dan tentu saja, untuk selalu menjaga suasana tetap kondusif demi kenyamanan bersama. Well… sampai jumpa di lokasi wisata, tetap sehat, tetap semangat ya, supaya liburan Anda semakin menyenangkan.

Baca juga artikel menarik berikut ini dan jangan lupa like, komen, and share juga ~hehee.. enjoy sobatJogja.com ~Matur nuwun

Penelusuran terkait tempat wisata di jogja, tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi, wisata di jogja, tempat wisata jogja, tempat wisata di yogyakarta, wisata jogja terbaru, wisata di yogyakarta, Wisata, Tempat wisata yogyakarta, wisata yogyakarta, tempat, tempat wisata, jogja, tempat wisata dijogja, Wisa.

6 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?