Sudah Berkualitaskah Tidur Anda, Berikut Tanda-Tandanya
Sudah Berkualitaskah Tidur Anda, Berikut Tanda-Tandanya (Photo by justgosleep)

Tidur merupakan kebutuhan pokok yang harus dilakukan makhluk hidup untuk mengistirahatkan tubuhnya setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Tubuh yang cukup istirahat juga akan menjaga  kesehatan jantung, pikiran, dan stress. Orang yang punya pola tidur buruk biasanya punya pola makan yang buruk pula sehingga sering terkena penyakit maag. Mulai dari sekarang kita peduli akan kesehatan tubuh kita, agar tetap sehat kedepannya.

Sudah Berkualitaskah Tidur Anda, Berikut Tanda-Tandanya
Sudah Berkualitaskah Tidur Anda, Berikut Tanda-Tandanya (Photo by justgosleep)

Kadang kita sudah tidur panjang namun masih saja kurang nyenyak adalah pertanda bahwa tidur kita kurang berkualitas. Mungkin ada beberapa faktor yang membuat tidur anda tidak berkualitas, sehingga ketika waktunya harus beranjak dari tempat tidur, kita masih merasa pusing dan lelah. Berikut kami berikan tanda-tanda jika tidur anda sudah berkualitas:

  1. Waktu tidur yang cukup

Jika kita diharuskan bangun pagi-pagi , maka sebaiknya kita juga harus tidur lebih awal. Tentukan jam tidur anda mulai dari sekarang, misal jam 22.00 hingga jam 05.00. Dengan pola demikian, maka tidur anda akan lebih teratur.

 

  1. Berolahraga

Bangun tidur juga hal yang baik digunakan untuk senam pagi atau sekedar olahraga ringan. Dan ternyata olahraga yang dilakukan secara rutin mampu membuat kita cepat tidur pada malam harinya sehingga membantu kita dalam mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Tempat tidur yang nyaman

Buat senyaman mungkin ruang tidur anda, mulai dari menata kasur, selimut, bantal, baju tidur, suasana yang tenang, dan mematikan atau meredupkan lampu kamar yang semuanya itu dapat membantu anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Jangan konsumsi makanan berat sebelum tidur

Jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman dalam waktu 1 jam sebelum tidur. Hal ini untuk menjaga agar tidak bangun untuk buang air kecil di tengah jam tidur. Selain itu makan pada waktu jam tidur juga rentan terdapat timbulnya penyakit. Untuk itu usahakan agar tidak makan berat sebelum tidur. Jikapun lapar, sebaiknya makan buah-buahan saja.

  1. Matikan hp, laptop, dan televisi sebelum tidur

Penggunaan smartphone ditempat tidur dan perangkat elektronik lainnya membuat mata kita terus terjaga dan sulit untuk cepat terlelap. Maka dari itu matikan semua gadget bila sudah masuk jam tidur.

Dengan mengatur pola yang baik, hidup kita juga akan menjadi lebih baik lagi. Demikian tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, semoga hidup jadi lebih segar dan sehat. Kalau bukan kita sendiri yang menjaga kesehatan kita, siapa lagi.

Anak muda itu rata-rata susah bila disuruh tidur, namun bila sudah tidur disuruh bangun lebih susah lagi, iya kan..??

Baca Juga : Menyiasati Kantuk Saat Jam Kerja

LEAVE A REPLY