Wisata Unik di Jogja – Ada beragam tempat wisata di Yogyakarta, Anda bisa memulainya dengan menyusuri indahnya pantai Bantul sampai Gunung Kidul. Atau menuju ke puncak gunung Merapi dengan panorama bukit Glagah yang menakjubkan. Atau Anda juga bisa ke Taman Pintar, Kraton Yogyakarta, dan tentunya jalan Malioboro sebagai pusat oleh-oleh di Yogyakarta.

Menarik bukan? Namun seiring berjalannya waktu, wisata Jogja juga semakin banyak dan terus ada yang baru. Banyaknya varian ini membuat Jogja semakin kaya akan potensi wisata baru dan tentunya unik. Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan mendapatkan tiga referensi wisata unik di Jogja yang patut Anda coba.

3 Wisata Unik di Jogja yang Dijamin membuat Suasana hati riang Gembira

Tiga tempat ini terlibang jarang. Mungkin saja Anda belum pernah mengunjungi sebelumnya. Penasaran mana saja tempat yang dimaksud? Mari kita lihat dari yang pertama, tepatnya di Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu

3 Wisata Unik di Jogja yang Dijamin membuat Suasana hati riang Gembira
Wisata Unik di Jogja yang Dijamin – Punthuk setumbu nirwana sunrise (Photo by, ain.rajaazmi)

Lokasinya memang tidak berada di wilayah Yogyakarta, namun masyarakat luas selalu menganggap kawasan Borobudur dan sekitarnya adalah Yogyakarta. Perlu Sobat ketahui, Candi Borobudur berada di Kab. Magelang, Jawa Tengah, begitu pula dengan Punthuk Setumbu yang berlokasi di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553.

Terlepas dari itu semua,

Bila Anda sempat menyaksikan film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang mengambil latar di Yogyakarta dan sekitarnya, Anda mungkin akan penasaran dengan Punthuk Setumbu. Lokasi ini menjadi bagian akhir dari jalan-jalan Rangga dan Cinta setelah dipertemukan kembali.

Punthuk Setumbu sebenarnya adalah bukit untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Namun tempat ini nampak berbeda dari tempat sunrise lainnya karena lokasinya yang unik, yakni berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

  Tempat Wisata Keluarga di Jogja yang Recommended

Tak hanya itu saja, wisata unik di Jogja juga berada di lokasi yang lebih tinggi dari candi Borobudur. Sehingga ketika Anda menikmati matahari terbit dari gunung Merapi-Merbabu, Anda juga akan menikmati semburat sinar mentari menyoroti candi megah tersebut.

Untuk mendapatkan momen indah ini, Anda disarankan untuk datang sebelum pukul 05.00 pagi. beralih dari Punthuk Setumbu, kita benar-benar ke wilayah Yogyakarta yaitu De Mata Trick Eye.

De Mata Trick Eye

Wisata Unik Jogja Untuk Yang Hobi Narsis, De Mata Trick Eye Museum
Wisata Unik Jogja Untuk Yang Hobi Narsis, De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye sebenarnya adalah museum. Lalu apa yang membuatnya lebih istimewa dari museum lain di Jogja? Museum ini termasuk unik, karena tidak menampilkan barang atau benda-benda kuno bersejarah, melainkan tipuan mata yang berbentuk lukisan 3D alias tiga dimensi.

Lukisan ini benar-benar menipu mata dengan gambar yang benar-benar menakjubkan, sebut saja lukisan air terjun dengan air yang begitu deras, atau dinosaurus yang keluar dari lukisan.

Tenang, bukan hanya itu, namun setidaknya ada 120 gambar yang bisa Anda jadikan foto baru di instagram Anda. Wisata unik di Jogja ini diresmikan pada 2013 silam dan menjadi warna baru wisata Jogja karena baru pertama kalinya ada di kota pelajar ini. Untuk dapat menikmatinya, Anda dapat mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 sampai Rp 80.000. Museum dibuka pada pukul 10.00 sampai 22.00. Tertarik?

Bila kedua wisata unik di Jogja di atas belum menarik Anda karena tak terlalu menantang, Anda bisa mencoba wisata unik yang ke-3. Tapi tunggu dulu, yang satu ini cukup menegangkan dan menguras adrenalin Anda. Bila Anda tak menyukai ketinggian, maka spot ini bukan ditujukan untuk Anda.

Bukit Gupit Giricahyo

Adalah bukit Gupit Giricahyo alias bukit paralayang Parangtritis yang menawarkan wisata paralayang. Bukit ini berlokasi di sebelah kiri atau timur pantai Parangtritis. Untuk dapat menikmati Parangtritis dari ketinggian sembari menantang maut, datanglah pada musim setelah musim hujan, yakni kisaran April sampai September (cuaca sekarang tidak menentu).

  Objek Wisata di Jogja Ini Untuk Anda Yang Suka Main Air

Tenang, Anda tidak akan dibiarkan terbang sendirian karena sudah disiapkan ‘pilot’ khusus dengan sertifikasi nasional. Wisata ini tentu jarang ditemui di setiap tempat. Maka manfaatkan kesempatan Anda ketika berkunjung ke Yogyakarta. Siap untuk menikmati wisata unik yang satu ini?

Oke Sob, sebenarnya ada banyak lagi tempat unik di Jogja, namun hari ini tiga saja dulu, besok kita akan bahas lagi dimana tempat unik lainnya.

Mengingatkan selalu, untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, sampai jumpa di lokasi wisata, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here