Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Sambil Bermain
Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Sambil Bermain
Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Sambil Bermain
Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Sambil Bermain

Pastinya sangat menyenangkan bila datang ke Taman Pintar Yogyakarta, karena di taman bermain ini selain Sobat bisa bersenang – senang, Sobat juga dapat banyak ilmu. Di Taman Pintar ini tidak diperuntukan hanya untuk anak – anak saja, tapi untuk semua kalangan, karena disini segala ilmu terapan dapat dipelajari dengan seru dan menyenangkan.

Semenjak pertama kali di dirikan tahun 2004, Taman Pintar Yogyakarta terus berkembang, melakukan pembangunan – pembangunan taman bermain yang cerdas. Hingga dengan resmi di buka pada 16 Desember 2008, oleh President R. I. Susilo Bambang Yudhoyono. Yang melatar belakangi berdirinya Taman Pintar Yogyakarta ini ialah.

Anak – anak Indonesia harus memiliki taman bermain yang mampu merangsang kemampuan berfikir serta meningkatkan kecerdasan. Karena di-harapkan berdirinya taman pintar Yogyakarta ini dapat meningkatkan wawasan para pengunjung-nya. Serta menyediakan tempat belajar, khususnya materi sains, yang mendukung kurikulum pendidikan.

Selain itu memiliki tujuan memotivasi generasi muda serta masyarakat Indonesia untuk mencintai Sains. Nah, maka dari itu Taman Pintar bukan saja sekedar taman bermain biasa saja, karena di setiap tempat setiap sudut, mengandung unsur ilmu pengetahuan. Jadi, selain anda dapat bermain dengan seru dan meyenangkan, anda juga mendapat banyak ilmu baru.

Di Taman Pintar Yogyakarta, memiliki Lima zona belajar yang pastinya seru dan menyenangkan, apa saja itu ? mari kita simak. Zona Playground, disini merupakan zona wilayah public, lokasinya berada di sekitaran gedung utama, dan dapat diakases oleh masyarakat secara gratis, selalin itu juga terdapat Gong Perdamain disini yang berukuran Raksasa.

Lanjut di Zona Pendidikan Anak Usia Dini atau akronimnya PAUD, lokasinya terbagi dua yaitu berada di gedung timur dan barat, wilayah ini khusus buat anak – anak TK atau Pra-TK, karena zona ini menampilkan permainan yang bersifat edukatif buat anak – anak. Kemudian Zona Oval – Kotak, yang menyuguhkan beragam ilmu pengetahuan yang sifatnya untuk semua lapisan umur.

Lalu Zona Memorabilia, yang merupakan zona tentang ilmu pengetahuan sejarah Indonesia sekaligus juga menampilkan biography dari tokoh – tokoh penting. Dan yang terakhir Zona Planetarium, yang merupakan Zona tentang ilmu pengetahuan antariksa dan tata surya, disini juga menampilkan peralatan peraga, serta film yang berkaitan dengan antariksa.

Semua yang berada di Taman Pintar Yogyakarta, tidak satupun yang tidak mengandung ilmu pengetahuan sekalipun itu hanya permainan sederhana, tapi semuanya mengandung ilmu dasar dari Sains. Termasuk Logo dari taman pintar itu sendiri, yang menggambarkan Kembang Api, dimana didasari mitologi dari masyarakta Jawa yang menjadi symbol dari intelegensi dan imajinasi.

Dari kata Mlethik = Pintar = Padhang Mak Byaar = Pintar, sekaligus menjadi dasar Visi Taman Pintar yaitu menyenangkan, menghibur, sebagai ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains dalam suasana menyenangkan. Nah, sempatkan untuk datang di wahana taman wisata yang menyenangkan ini.

Lokasinya berada di pusat Kota Yogyakarta, lebih tepatnya Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3, Yogyakarta. Lokasinya sangat dekat dengan Titik 0, Jalan Malioboro, Museum Benteng Vredeburg, Istana Negara, Serta Kraton Yogyakarta. Jadi, bisa lanjut kemana – mana setelah berkunjung di Taman Pintar Yogyakarta.

Harga tiket masuknya 8.000 rupiah untuk anak – anak dan 15.000 rupiah untuk dewasa, mulai buka pukul 9:00 Pagi sampai 16:00 Sore dan tutup hanya di hari Senin saja.

Photo by, Ngayogyokarto Info

Taman belajar jogja, taman belajar yogjakarta, taman belajar yogyakarta, taman cerdas solo

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY