Apakah Anda sedang berlibur ke Jogjakarta? Bila Anda sedang berlibur ke Jogjakarta, Anda wajib mengunjungi wisata Kota Jogja lewat artikel di bawah ini yang telah kami rangkum untuk Anda.

Setiap kota tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Jakarta dengan hiruk pikuknya, Bandung dengan kesejukannya, Bali dengan budayanya, dan Jogja dengan keindahannya. Menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi, Jogja memiliki beberapa wisata Kota Jogja yang dapat membuat Anda betah berlama-lama di Jogja. Apa saja wisata kota jogja tersebut?

Beberapa Wisata Kota Jogja untuk Anda Kunjungi

Jogjakarta memiliki segudang tempat wisata, baik yang sudah dikenal secara umum maupun yang belum dikenal secara umum. Dalam perkembangannya, wisata Kota Jogja perlahan mulai bertambah jumlahnya. Baik itu yang baru ditemukan maupun yang baru dibuat. Bila Anda penasaran dengan destinasi wisata Kota Jogja tersebut, bacalah artikel di bawah ini.

  1. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Adalah Lokasi Wisata di Jogja Yang Paling Strategis
Titik Nol Kilometer Adalah Lokasi Wisata di Jogja Yang Paling Strategis (Photo by, astrimeika)

Jika Anda memang baru pertama kali pergi ke Jogjakarta, maka Anda wajib untuk mengunjungi Titik Nol Kilometer DIY Jogjakarta. Suasananya yang selalu ramai dan menjadi pusat banyak kegiatan inilah yang membuatnya disebut sebagai Titik Nol Kilometer. Bila Anda bermaksud untuk menikmati suasana Kota Jogja, datanglah ke tempat ini saat malam hari. Anda akan merasakan kenikmatan hawa Kota Jogja malam hari.

  1. Benteng Vredeburg

Menyusuri Sejarah Bangsa Dari Benteng Vredeburg
Menyusuri Sejarah Bangsa Dari Benteng Vredeburg

Wisata kota jogja lainnya adalah Benteng Vredeburg. Walaupun sudah dikelola cukup lama, Benteng Vredeburg masih banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan, terutama mereka yang sedang melaksanakan study tour sekolahnya. Dengan pergi ke Benteng Vredeburg, Anda akan mengenal secara lebih detail benda peninggalan masa penjajahan Belanda dan mempelajari sejarah lebih dalam lagi.

  1. Tugu Jogja

Wisata Kota Jogja Ini Dijamin Buat Anda Betah di Jogja
Wisata Kota Jogja Ini Dijamin Buat Anda Betah di Jogja (Photo by, instagram.com/ingatjalan)

Tugu Jogja adalah tempat yang sangat ikonik untuk sebuah kota. Dirancang sebagai salah satu simbol kesepakatan antara kota Jogja, masyarakat, beserta keluarga kerajaan, banyak yang mengabadikan momen mereka di Tugu Jogja. Datanglah ke Tugu Jogja saat malam hari untuk bisa menikmati Jogja malam hari atau sekedar ingin membeli jajanan di sekitar Tugu Jogja. Berkunjunglah bersama orang-orang yang Anda cintai untuk mendapatkan momen yang berharga.

  1. Kraton Jogjakarta

Kraton Yogyakarta Merupakan Peradaban Bangsa Yang Sangat Istimewa
Kraton Yogyakarta Merupakan Peradaban Bangsa Yang Sangat Istimewa (Photo by, astrimeika)

Bila Anda berpikir untuk mengenal kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat lebih jauh lagi, Anda perlu untuk berkunjung ke Kraton Jogjakarta. Salah satu wisata Kota Jogja ini menawarkan Anda sejarah kerajaan Jogjakarta yang ada di dalam Kraton. Selain itu, Anda juga bisa berfoto ria bersama dengan benda-benda peninggalan Kraton Jogjakarta atau sekaligus berfoto bersama abdi dalem Kraton Jogjakarta yang pastinya memberikan pengalaman baru bagi Anda.

  1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Agung Gedhe Kauman, Menjadi Saksi Sejarah Kerajaan
Masjid Agung Gedhe Kauman, Menjadi Saksi Sejarah Kerajaan

Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu masjid tersohor di Kota Jogja. Dibangun pada masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono I, gaya arsitektur masjid ini dibuat dengan gaya arsitektur khas Jawa Kuno. Bagi Anda yang beragama Islam, Anda bisa merasakan menjadi para leluhur zaman dahulu saat bersembahyang dengan nuansa Jawa Kuno campur Kraton yang dibangun lewat Masjid Gedhe Kauman ini.

  1. Taman Sari Yogyakarta

Mitos Taman Sari Jogja Yang Membuat Kita Selalu Ingin Kembali
Mitos Taman Sari Jogja Yang Membuat Kita Selalu Ingin Kembali (Photo by, anna_nano16)

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana keluarga kerajaan zaman dahulu menjaga kulit mereka dan membersihkan diri mereka? Bila Anda ingin mengetahuinya, Anda perlu berkunjung ke Istana Taman Sari. Salah satu tempat wisata kota jogja ini terdiri dari kompleks taman, kolam pemandian Umbul Binangun, danau buatan, pulau buatan, kanal air, jembatan gantung dan lorong bawah tanah yang sepenuhnya difungsikan sebagai tempat keluarga kerajaan membersihkan diri.

  1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo, Kaya Dengan Koleksi Budaya
Museum Sonobudoyo, Kaya Dengan Koleksi Budaya

Di seberang Keraton Jogjakarta, Anda bisa mengunjungi Museum Sonobudoyo. Di dalam Museum Sonobudoyo, Anda dapat melihat koleksi purbakala, melihat dokumentasi peninggalan benda-benda antik, dan sebagainya. Ada juga pagelaran wayang yang digelar oleh Museum Sonobudoyo. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda tentunya akan semakin mencintai budaya Indonesia, khususnya budaya salah satu suku di Indonesia, yaitu suku Jawa.

Demikian beberapa wisata kota Jogja yang dapat Anda kunjungi saat sedang berlibur ke Jogja. Bila Anda masih memiliki pertanyaan terkait tentang wisata Kota Jogja, Anda bisa bertanya pada mereka yang sudah sering berkunjung ke sana atau menetap di Jogja. Anda juga bisa menanyakannya kepada pihak berwenang seperti Pemda maupun sebagainya. Selamat mencoba dan selamat berlibur.

Penelusuran terkait Museum Sonobudoyo ciri khas.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here