Watu Giring – Ada lagi tempat unik di Gunung Kidul yang pastinya menarik sekali untuk Sobat kunjungi. Sebuah situs bekas tambang batu yang terpahat rapi, sehingga nampak seperti situs purba kala.

Watu Giring Gunung Kidul Yang Mempesona Hasil Pahatan Maha Karya
Watu Giring Gunung Kidul Yang Mempesona Hasil Pahatan Maha Karya (Photo by, instagram.com/afidha)

Kami sempat mengira ini adalah lokasi situs bersejarah seperti candi yang berbentuk piramida. Kalau ternyata memang benar Watu Giring adalah bangunan berpiramida, bakalan heboh sedunia.

Karena sebelum ini, terdapat situs Piramida di Indonesia yang umurnya jauh lebih tua dari Piramida yang ada di Mesir. Belum cukup itu, sejarawan dunia bakalan berbondong-bondong datang ke Watu Giring untuk mempelajarinya.

Namun belum sampai sejauh itu, warga setempat sudah memperjelas kalau tempat ini merupakan bekas galian tambang batu.

Watu Giring Gunung Kidul Yang Mempesona Hasil Pahatan Maha Karya

Setelah kemudian kegiatan terhenti, tempat ini beralih fungsi menjadi tempat wisata yang dikelola oleh warga setempat. Karena memiliki nilai jual dari segi pariwisata, seperti tempat yang unik dengan bekas pahatan.

Yang jelas tempat ini kemudian menjadi semakin hits, setelah kabar menyebar melalui social media. Hasil foto-foto yang menarik, membuat para wisatawan berdatangan untuk melihat langsung seperti apa keunikan Watu Giring Gunung Kidul.

Terdapat pula spot foto yang akan membuat Anda semakin hits, sudut foto yang tepat akan membuat Anda semakin terlihat keren. Terlebih lagi, lokasinya benar-benar instagramable banget.

Jadi, pas banget buat Anda yang sudah lama ingin hunting foto dengan suasana yang baru. Tempat ini bakalan menyuguhkan panorama alam yang dibungkus dengan hasil maha karya.

Apalagi fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti tempat parkir yang luas, gazebo, dan warung makan. Pas banget untuk menikmati waktu liburan, dengan melepas penat sepekan.

Ohya kalau di daerah Sleman ada Tebing Breksi yang kini semakin hits, nah di Gunung Kidul ada Watu Giring yang diharapkan terus dikelola dengan baik. Sehingga tempat-tempat seperti bekas tambang ini, menjadi daya tarik lain bagi wisawatan untuk datang.

Well… buat Sobat yang sudah penasaran, lokasinya berada di Dusun Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

Setelah dari tempat ini, Sobat bisa melanjutkan perjalanan menyusuri indahnya pantai yang tersembunyi di Gunung Kidul.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai Watu Giring, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di lokasi wisata. Tetap sehat, tetap semangat, supaya bisa jalan-jalan lagi.

Mengingatkan selalu, untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, enjoy sobatJogja.com ~Matur nuwun

Ada pertanyaan atau komentar?