Sobat Jogja – Tinggal di pedesaan bukan menjadi hambatan untuk berkembang dan sukses. Dimanapun kita berada asalkan ada keinginan untuk merubah diri maka bisa untuk berkembang dan sukses.

Di pedesaan bisa memberikan banyak manfaat dan peluang usaha yang menjanjikan. Ada banyak peluang usaha di desa yang dapat kalian lakukan. Dengan syarat harus mau kerja keras untuk memulai usaha kalian agar meraih kesuksesan yang diharapkan.

Bagi kalian yang masih bimbang mau menjalankan usaha apa di desa. Tidak perlu khawatir, berikut ada daftar peluang usaha di desa yang bisa kalian jadikan pertimbangan:

Budidaya Ikan

Budidaya Ikan Koi Yang Menguntungkan
Budidaya Ikan Koi Yang Menguntungkan (photo by sipendik)

Budidaya ikan sangat bisa dilakukan di desa, contohnya ikan koi, ikan lele, ikan mas dan ikan nila. Untuk membuka usaha ini kalian harus memiliki kolam untuk budidaya ikan sehingga bisa diisi dengan ikan lele, ikan mas, atau ikan nila.

Modal yang dikeluarkan juga tidak begitu besar, tergantung dari berapa banyak ikan yang akan dibudidayakan. Harga 1 ekor bibit ikan kisaran 100 – 300 rupiah, tergantung dari besar kecilnya bibit ikan tersebut.

Ketika panen, kalian bisa menjual ikan tersebut ke pasar atau menjualnya dengan berkeliling di desa.

Selain itu, kalian juga bisa menjualnya kepada orang yang berjualan lele bakar, nila bakar atau menjualnya ke rumah makan terdekat.

Bahkan bisa membuka usaha rumah makan sendiri jika kalian bisa mengolah ikan dengan mempunyai sumber ikannya sendiri. Dengan begitu, maka kalian bisa mendapatkan keuntungan dari hasil usaha ikan yang kalian jalani.

  Apa Tugas Utama Badan Permusyawaratan Desa dan Kepentingannya?

Ternak Jangkrik

6 Peluang Usaha di Desa Dengan Penghasilan Sekitar 2 - 5 juta /bulan
6 Peluang Usaha di Desa Dengan Penghasilan Sekitar 2 – 5 juta /bulan (Foto: sarungpreneur.com)

Jangkrik masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk umpan ikan, makanan burung, dan lainnya.

Kenapa ternak jangkrik sangat cocok dilakukan di desa karena banyak sekali persediaan makanan jangkrik seperti singkong, daun singkong, dan makanan lainnya. Selain itu, tanah perumahan yang masih luas juga cocok untuk dijadikan tempat beternak jangkrik. 

Modal yang perlu kalian keluarkan untuk membeli telur jangkrik 1 kg kisaran antara 200 ribu hingga 500 ribu tergantung dari kualitas telurnya. Setelah panen, dari telur jangkrik 1 kg, kalian bisa mendapatkan penghasilan sekitar 2 juta hingga 5 juta. Menggiurkan ya?

Budidaya Kroto

Kroto adalah telur semut. Merupakan salah satu makanan burung kicau. Dan Saat ini banyak sekali pecinta burung kicau. Maka dari itu, kalian bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membudidayakan kroto.

Harga telur kroto kisaran Rp 90.000,00 bahkan bisa lebih mahal dari itu. Mengingat mahalnya harga kroto, kalian bisa mencobanya di sarang semut jika ingin mengambil resiko atau bisa membudidayakannya kroto di rumah. Kalian harus menyediakan tempat yang tepat untuk membudidayakan kroto. 

Ternak Ayam

Usaha Modal Kecil Menguntungkan Usaha Pemotongan Ayam Omzet 7 Juta-an
Usaha Modal Kecil Menguntungkan Usaha Pemotongan Ayam Omzet 7 Juta-an (Photo by, twentyonechicken.s)

Ternak ayam cocok dilakukan di desa karena lahannya yang cenderung masih luas. Ayam yang bisa diternak juga bermacam-macam, Bisa ayam kampung, ayam bangkok, ayam cemani, ayam serama, dan lainnya.

Kalian harus memilih induk ayam yang sehat dan memiliki postur yang bagus jika ingin beternak ayam agar anakan yang dihasilkan bisa bagus juga. Keuntungan yang bisa diperoleh cukup besar tergantung dari ayam yang dijual.

  Penting Anda Ketahui Melihat Peluang Usaha Minuman Tradisional

Jual Ayam Potong

Peluang Bisnis Ayam Kampung Sangat Menjanjikan, Omzet Mencapai Jutaan Rupiah Sebulan
Peluang Bisnis Ayam Kampung Sangat Menjanjikan, Omzet Mencapai Jutaan Rupiah Sebulan (Photo by, ingkungmbaksri)

Jika ternak ayam kalian berhasil, ternyata bisa dikembangkan lagi loh. Dengan membuka usaha Jual Ayam Potong. Kalian dapat membuka usaha jual ayam potong di desa karena kebutuhan ayam potong terbilang cukup banyak.

Ayam potong sangat dibutuhkan ketika ada acara pernikahan atau khitanan di desa. Dengan peluang ini, maka usaha jual ayam potong kalian akan mendapatkan keuntungan.

Ternak Bebek dan Jual Telur Bebek

Bebek Goreng Pak Slamet, Yang Menggoda Lidah
Bebek Goreng Pak Slamet, Yang Menggoda Lidah

Banyaknya warung makan bebek bakar atau bebek madura dapat kalian jadikan peluang untuk beternak bebek di desa.

Kalian bisa membeli telurnya atau membeli anakannya untuk dibesarkan dan kemudian dijual kepada pengusaha warung makan. Bisa juga kalian ikut membuka warung makan bebek bakar tanpa perlu membeli bebek lain karena sudah memiliki peternakannya sendiri.

Selain itu kalian yang beternak bebek bisa juga menjual telur bebek kepada orang yang membutuhkan seperti pengusaha telur asin contohnya. Telur bebek harganya mahal loh, sehingga jika kalian bisa menjualnya dalam jumlah yang banyak maka  kalian bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Dari peluang usaha di desa yang telah disebutkan, kalian juga masih harus menyesuaikan dengan kondisi desa di tempat kalian tinggal.

Karena iklim, kondisi tanah, irigasi, dataran tanah di setiap desa berbeda beda. Jika sudah menyesuaikan kondisinya, maka kalian dapat membuka usahanya dan bisa mendapat sejumlah keuntungan.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here