Mengenal Ikan Koi Dari SeJarah Dan Keistimewaannya
Mengenal Ikan Koi Dari SeJarah Dan Keistimewaannya (Photo by animaltheory)

Ikan Koi – Bagi sobat yang belum tahu banyak mengenai ikan koi, atau berniat akan membeli ikan koi, sebaiknya ketahui juga keistimewaan dan sejarah dari ikan koi ini. Ikan yang bermotif warna-warni ini sangatlah menarik untuk dipelihara. Bahkan hampir semua orang menyukai ikan yang satu ini.

Mengenal Ikan Koi Dari SeJarah Dan Keistimewaannya
Mengenal Ikan Koi Dari SeJarah Dan Keistimewaannya (Photo by animaltheory)

Kami akan mengupas mengenai keistimewaan hingga sejarah singkat ikan koi.
Sebenarnya ikan koi sudah ada di Indonesia sejak tahun 1981 yang kemudian dibudidayakan hingga berkembang seperti sekarang.

Sejarah

Awal mula ikan koi ini berasal dari ikan karper yang diternakkan oleh penduduk cina pada tahun 1300-an. Kemudian dijepang terdapat pembenihan ikan koi di pegunungan Ojiya, Nigata dimana penduduknya juga membudidayakan ikan karper pada musim panas untuk konsumsi di musim dingin, karena ketika musim dingin daerah tersebut tertutup salju.
Ikan koi terwujud selama pembudidayaan ikan karper selama bertahun-tahun, hingga akhirnya diperoleh strain pertama berwarna merah dan biru. Itulah cikal bakal terwujudnya ikan koi.

Hingga tahun 1870 strain baru muncul berwarna merah dan putih (kohaku), putih dan hitam (shiriutsuri) dan warna kuning hitam(kinutsuri). Dan kini banyak lagi varian dari ikan koi dengan nama-nama yang berbeda.

Motif atau corak dari ikan koi yang beraneka warna merupakan hasil kawin silang antar varietas sehingga bisa menghasilkan beragam jenis seperti sekarang. Selain di Jepang, ikan ini juga digemari diseluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, ikan ini juga sangat digemari dan berada di peringkat pertama untuk jenis ikan hias.

Keistimewaan

Apa sih keistimewaan jika sobat memelihara ikan koi :

1. Ikan yang mudah beradaptasi

Ikan koi merupakan ikan yang bisa hidup disegala tempat, asalkan suhu airnya tidak berubah secara drastis. Bisa dipelihara di kolam semen, kolam tanah, dengan jumlah ikan yang disesuaikan.

2. Menerima semua jenis makanan (omnivora)

Makanan utama ikan koi ialah pelet, yang sudah banyak beredar dipasaran, selain itu ikan ini juga memakan sayur-sayuran juga.

3. Berumur panjang

Umur ikan koi bisa mencapai 200 tahun. Sehingga sangat cocok dijadikan peliharaan dan teman seumur hidup.

4. Corak yang warna-warni

Hasil persilangan dari antarvarietas menghasilkan strain yang beraneka ragam membuat ikan koi memiliki banyak corak atau motif. Sehingga sobat bisa leluasa dalam memilih. Tentunya di penjual yang memiliki koleksi ikan koi yang lengkap.

5. Harga yang bervariasi

Ikan koi mempunyai kualitas yang beraneka ragam, ibarat barang ada yang KW1, KW2, dst dan setiap kualitas tentu memiliki harga yang berbeda, sehingga kita bisa memelihara ikan ini sesuai dengan budget yang kita miliki.

6. Ikan yang jinak dan bersabahat

Ikan ini tidak mempunyai pemimpin dalam kelompoknya. Koi lama juga tidak menyerang ke koi pendatang. Bahkan koi jantan pun tidak mengganggu atau menyerang koi betina. Jadi koi merupakan ikan yang saling bersahabat satu sama lain.

7. Termasuk ikan yang bergengsi

Memelihara koi juga bisa dijadikan pajangan mewah dirumah. Warna yang indah serta style berenang yang elegan membuat ikan ini berkesan mahal. Padahal jika kita memeliharanya sejak kecil tentu harganya masih murah. Punya ikan koi dirumah berarti memelihara rajanya ikan hias.

8. Dianggap sebagai ikan keberuntungan di Jepang

Di Jepang, ikan koi sangat digemari, karena dianggap membawa keberuntungan baik dibidang karir maupun rumah tangga, tentunya dengan jumlah dan posisi kolam diatur dalam aturan fengshui. Selain itu banyak diadakan berbagai macam kontes disana.

Terdapat jenis koi tancho yang memiliki motif bulat merah dikepala ikan saja, akan selalu diidentikan dengan negara jepang.

Demikian ulasan mengenai keistimewaan ikan koi. Bagaimana dengan sobat, apakah tertarik untuk mulai memeliharanya?

ikan koi, keistimewaan ikan koi, mengenal ikan koi, keistimewaan ikan, gambar ikan koi, keistimewahan ikan koi, Varian warna koi, jenis koi
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?