Candi Abang, Tempat Wisata Jogja Dengan Bukit Teletubies-nya
Candi Abang, Tempat Wisata Jogja Dengan Bukit Teletubies-nya

Menilik masa lalu negeri Yogyakarta memang tidak ada habisnya, seperti salah satu tempat wisata Jogja satu ini. Tidak hanya memiliki sejuta cerita dibalik pembangunannya, tapi juga eksotisme alam Jogja disekitarnya yang mempesona. Ialah Candi Abang, sebuah candi yang berada di kawasan perbukitan padang rumput yang cantik.

Masyarakat setempat menyebut tempat wisata Jogja satu ini dengan nama Bukit Teletubies. Tentu bila sobat lahir tahun 90an, masih ingat jelas Teletubies ini dulu sempat popular di masa kecil kita. Sekumpulan makhluk asing yang berwarna – warni bertinggal di sebuah bukit hijau yang indah menawan.

Seperti itulah mirip dengan lokasi candi Abang ini, membukit hijau dengan rerumputan alami tumbuh membungkus bukit – bukit kecil disekitarnya. Tak heran biasanya petani melepas ternaknya disini, jadi jangan heran kalau sobat sedang berkunjung ke bukit Teletubies ini banyak ditemui hewan qurban.

Meski begitu jangan khawatir, sebab ternak – ternak ini tidak bebas berkeliaran seperti dulu, semenjak jadi kawasan wisata tepatnya. Ets, lalu gimana cerita sejarah dari candi Abang ? nah ini dia, kebanyakan para wisatawan lebih menikmati pemandangan bukitnya ketimbang candi Abang itu sendiri.

Sekalipun demikian perlu sobat ketahui candi Abang ini dulu terkubur bersama bukit – bukit disekitarnya, sampai ditemukan kembali dan lalu di pugar. Berdasarkan refrensi candi Abang ini berdiri saat kerajaan Mataram Hindu masih berkuasa di tanah Jawa. Dilihat dari segi bentuk bangunannya yang berundak, dimungkinkan candi ini adalah candi Hindu.

Mengingat lokasinya yang tidak jauh dari candi Barong, serta masih masuk ring of Hindu temple Prambanan. Candi Abang, sangat kuat berdiri dimasa kerajaan Mataram Hindu itu sendiri. Nah, tertulis di sebuah prasastinya juga mengatakan bahwa candi Abang telah berdiri ditanah Jawa pada abad ke-9 dimana abad yang sama Mataram Kingdom berkuasa.

Candi Abang

Berbentuk segi empat dengan diameter 36 x 34 meter -+, candi ini termasuk candi dengan ukuran yang besar, serta vital dimasanya. Terdapat yoni Dewa Siva yang berbentuk segi delapan, semakin memperkuat bahwa candi Abang merupakan candi Hindu. Semakin mempertegas bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat luar biasa, mampu membuat maha karya indah ini.

Perlu sobat ketahui, ada baiknya mempersiapkan alat berikut untuk menikmati waktu bersama keluarga.

  • Tikar
  • Makanan
  • Minuman
  • Plastik Sampah
  • Camera DSLR
  • Serta pelengkap lainya.

Mengingat kembali, kalau disekitaran candi Abang mungkin sangatlah nyaman untuk digunakan piknik bersama keluarga. Meski demikian jangan lupa buang sampahnya lho, supaya indahnya tetap terjaga. Selain itu juga tidak rugi juga kita untuk, gak buang sampah sembarang di tempat wisata.

Sebab dari kita untuk kita sendiri, Yup semakin kita menghargai alam semesta maka alam semesta pula akan menghargai kita. Nah, demikian tadi review singkat mengenai tempat wisata Jogja yang mempesona ini, tapi jangan khawatir masih banyak lagi tempat wisata lainya yang wajib sobat ketahui.

[googlemap src=”https://maps.google.com/maps?ll=-7.810373,110.468686&z=16&t=m&hl=en-US&gl=US&mapclient=embed&cid=16495569772843362265″ width=”500″ height=”” align=”aligncenter”]

Lokasi : Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta

Baca juga : Daftar Terbaru Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Photo by, Ardhan – Jogjalan.com

Penelusuran yang terkait dengan bukit teletubbies jogja, Bukit Teletubies Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55572, Bukit Teletubies Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, bukit teletubies jogja, bukit teletabis jogja, Bukit Teletubies Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, candi abang, bukit teletubbies yogyakarta, candi abang jogja, bukit teletabhis jogja.

Ada pertanyaan atau komentar?