Tebing Breksi – Tidak begitu saja mendapat julukan GWK-nya Jogja, sebab tebing Breksi memilki kisah kelam nya sendiri. Bukit yang sempat menjadi lokasi penambangan, kemudian beralih fungsi setelah sekelompok warga yang peduli lingkungan, bergerak untuk menyelamatkan bukit yang sudah hampir habis terkikis.

Tebing Breksi Tempat Wisata Hits di Jogja Yang Wajib Dikunjungi
Tebing Breksi Tempat Wisata Hits di Jogja Yang Wajib Dikunjungi (Photo by, sobatjoga.com) in frame yusuf_fatamorgana

Masih terlihat jelas, bekas pahatan-pahatan penambang seolah menjadi saksi bisu betapa waktu yang kemudian menghentikan. Kini semua telah berubah, tebing Breksi telah menjadi salah satu destinasi wisata hits di Jogja yang Instagramable banget.

Berkat social-media juga, kemudian tebing Breksi menjadi semakin hits dikalangan kaula muda yang hampir setiap hari berdatangan untuk fotografi. Melihat potensi ini, dinas pariwisata Kab. Sleman kemudian secara bertahap mulai membangun fasilitas pendukung.

Seperti Mushola, tempat makan, parkir yang luas, toilet, dan panggung serbaguna yang kemudian dimanfaatkan untuk event-event menarik pengunjung dari beragam kalangan. Tangga-tangga menuju puncak tebing juga semakin dibenahi, terutama dibuatnya garis pembatas untuk menjaga para pengunjung agar tidak berdiri di pinggir tebing.

Selain itu, untuk mempercantik sekaligus meningkatkan nilai seni, dinding tebing dipahat oleh para seniman. Membentuk karakter-karakter pewayangan yang melambangkan sejarah budaya bangsa Indonesia.

Lokasi yang strategis juga membawa pengaruh tersendiri, yaitu lokasinya berada di antara dua tempat hits lainya seperti candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Seolah perpaduan antara masa lalu dan masa kini yang dikemas dalam wisata alam dan sejarah bersamaan.

Yang jelas tidak sulit untuk menuju tebing Breksi, cukup mengetahui arah candi Ratu Boko maka sobat sudah mendekati lokasi wisata tebing Breksi. Atau lebih tepatnya terus ke-arah selatan menuju lokasi candi Ijo.

Cukup ikuti petunjuk arah saja, maka sobat sudah bisa sampai di tebing Breksi atau tepatnya lokasi berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta.

Harga tiket masuk juga cukup terjangkau, yaitu hanya  membayar retribusi parkir saja untuk kendaraan roda dua 2000 rupiah dan mobil 5000 rupiah saja. Tidak perlu cemas bila sesampainya dilokasi sobat kelaparan. Bisa langsung menuju tempat makan yang sudah tersedia bersih dan rapi, yang pastinya terdapat beragam kuliner yang memanjakan lidah.

Biasanya menjelang sore, banyak wisatawan mulai berdatangan untuk melihat langit sore yang menawan. Karena dari atas bukit, sobat dapat melihat gemerlap cahaya perkotaan yang menyejukan mata. Sementara itu, matahari perlahan mulai menuju senja menggantikan malam sangat pas untuk menghirup segarnya alam semesta.

Romantisme yang kemudian menjadi salah satu andalan senja juga tidak begitu saja terlewatkan, sangat indah untuk terlalu cepat beranjak dari puncak tebing. Sementara itu kaum social-media mulai mencari sudut indahnya masing-masing untuk abadikan moment.

Wah, pastinya sangat menyenangkan bisa menikmati senja dan kemudian kembali kerumah dengan suasana hati yang gembira. Apalah daya yang membawa kita untuk segera bergerak menuju rumah, namun cukup mensyukuri lukisan Sang Maha Kuasa.

Penting untuk diketahui, pasktikan kendaraan sobat dalam kondisi sehat, cek juga tekanan udara ban depan belakang, pastikan berada di kondisi normal. Fungsi rem depan belakang juga berjalan dengan baik, mengingat lokasi menuju tebing breksi cukup menanjak dan sedikit berbatu.

Wajib ditaati juga, karena sobat berada di lingkungan kampung pastikan untuk menjaga sikap terhadap warga sekitar. Berkendara sewajarnya, bertindak sopan karena banyak pejalan kaki terutama di jalan kampung jadi harus hati-hati berkendara.

Baca juga: Sarapan Pagi Bubur Ayam Jakarta di Jogja Daerah Jalan Kaliurang

Pastikan juga untuk tidak membuat sambah sembarangan, baik itu di lokasi tebing Bresksi maupun sepanjang jalan menuju lokasi. Tentunya untuk menjaga kebersihan Dusun Groyokan agar tetap berada dalam kondisi yang bersih.

Terima kasih, dan jangan lewatkan perjalan kami selanjutnya di puncak riyadi yang juga menarik untu sobat kunjungi, setelah puas di Tebing Breksi.

Penelusuran yang terkait dengan tempat wisata tebing breksi, bukit breksi, lokasi tebing breksi jogja, manfaat di buatnya tebing breksi, rumah makan tebing breksi, wisata tebing di jogja, tebing breksi jogja, tebing briksi jogja, tebing jogja, tebingbreksi.

Ada pertanyaan atau komentar?