Hutan Pinus Jogja Imogiri – Jogjakarta adalah sebuah tempat yang sangat tepat untuk liburan. Disini kita bisa menemukan berbagai macam tempat liburan yang seolah tiada habisnya. Sebut saja jejeran pantai dengan bukitnya yang menghadap ke Samudra. Tempat ini nampak menyihir siapapun yang ada di atasnya.

Hutan Pinus Jogja Imogiri Untuk Anda Yang Ingin Menikmati Udara Segar
Hutan Pinus Jogja Imogiri Untuk Anda Yang Ingin Menikmati Udara Segar (Photo by, sarikarina)

Kemudian ada juga wisata yang tengah gencar dikembang dan dipromosikan oleh pemerintah setempat, yakni desa wisata. Bila kita ke arah selatan Jogja, kita akan masuk wilayah Imogiri, Kabupaten Bantul, dan di tempat inilah banyak desa wisata berada.

Namun selain desa wisata dan deretan pantainya, Bantul juga memiliki hutan pinus. Lokasi wisata ini sangat trending di dunia sosial media dengan tag hutan pinus Jogja Imogiri atau hutan pinus Mangunan atau sekadar hutan pinus Jogja.

Hutan Pinus Jogja Imogiri Untuk Anda Yang Ingin Menikmati Udara Segar

Tentu ini dapat menjadi alternatif kita untuk berlibur ke Jogja. Akan tetapi, apa yang menjadikan hutan ini istimewa?

Sebelum melihatnya lebih jauh, kita harus tahu terlebih dahulu lokasi hutan yang hits ini. Letaknya berada di daerah Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Nama ‘Dlingo’ inilah yang juga tak jarang disematkan, maka sebutan lainnya menjadi hutan pinus Dlingo Bantul.

Di samping sebutannya yang cukup beragam, tempat wisata yang satu ini pun sudah dinilai siap untuk menjadi tempat liburan Anda. Salah satunya adalah dengan telah disiapkannya akses jalan yang mudah, bisa dengan mobil maupun sepeda motor. Jalan sudah diaspal dan mulus di hampir setiap sisi walau aksesnya berkelok-kelok.

Kemudian jalan dari lokasi parkir menuju ke pusat wisatanya juga sudah ditata sedemikian rupa agar Anda betah. Tentu ini juga menjadi catatan khusus untuk wisatawan orang tua dan anak-anak karena tracking menuju pusat hutan pinus Jogja Imogiri cukup membutuhkan tenaga.

Meski cukup lelah, tapi itu sebenarnya bukan masalah yang besar. Sebab di bagian dalam sudah disiapkan warung makan yang lengkap menjajakan berbagai keperluan perut. Sedangkan Anda pun dapat bersantai hampir di setiap sisi hutan pinus ini.

Momen bersantai Anda akan terasa begitu syahdu dengan aroma pinus yang semerbak dengan pemandangan pepohonan pinus yang nampak tak berujung. Pemandangan inilah yang membuat hutan pinus Jogja Imogiri menjadi sangat photogenic.

Tak ayal para kawula muda yang menggandrungi fotografi berlomba-lomba menampilkan pose terbaik di tempat ini. Maka jangan heran bila hasil foto di hutan ini nampak begitu cantik dan menarik di jagat instagram. Nah, selain untuk berfoto bersama dan swafoto, hutan ini juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi pre-wedding.

Lokasinya yang tenang dan begitu iconic membuatnya sangat cocok untuk dijadikan saksi bisu sebelum pernikahan. Tak cukup sampai disini, kita juga dapat melakukan aktivitas lain di hutan pinus ini.

Contohnya seperti outbond dan makrab. Dua kegiatan di atas sering dilakukan oleh sekolah, instansi, sampai mahasiswa di Jogja maupun dari luar Jogja. Medan di hutan ini memang sangat pas untuk dijelajahi sehingga membuat acara menjadi lebih menarik.

Dan sebagai daya tarik lainnya, pengelola sudah menyiapkan tempat foto di sebuah gardu pandang khusus. Gardu pandang ini memiliki tinggi yang cukup untuk melihat daerah di sekitar hutan pinus Jogja Imogiri. Dan rasanya ada yang kurang bila ke hutan ini tanpa mengunjungi gardu pandang tersebut.

Setelah dari sana, Anda bisa kembali turun dan menikmati sajian seperti ingkung sampai sate klathak yang menjadi trademark kota Jogja.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga daftar liburan Anda ke Jogja semakin bertambah.

Mengingatkan selalu, untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, sampai jumpa di lokasi wisata, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here