Pada kesempatan sebelumnya kami sempat mengulas mengenai potensi bisnis dari kursus jasa perawatan anjing dan kucing yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan pet grooming. Salah satu kelebihan dari bisnis kursus grooming ini adalah membuka kesempatan bisnis baru berupa usaha salon perawatan hewan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengangkat kisah sukses usaha dengan bisnis salon perawatan hewan.

Kisah Sukses Usaha Dengan Bisnis Salon Hewan Omzet 25 Juta Sebulan
Kisah Sukses Usaha Dengan Bisnis Salon Hewan Omzet 25 Juta Sebulan (Photo by, kc_mykytyshyn)

Tingginya jumlah peminat dan penghobi hewan peliharaan macam anjing dan kucing menjadi landasan kuat kenapa bisnis salon hewan memiliki potensi besar. Anjing dan kucing, terutama jenis peliharaan rumahan membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga penampilannya tetap menarik, tubuhnya tetap bersih dan bebas dari beragam penyakit kulit, kerontokan bulu hingga serangan kutu.

Untuk bisa melakukan perawatan anjing dan kucing secara profesional, salon hewan adalah solusi terbaiknya. Diakui memang bagi Anda yang berdiam di kota besar, tak sulit menemukan salon perawatan hewan peliharaan  atau biasa disebut pet grooming. Namun bila sudah memasuki kota-kota kecil, rasanya sulit sekali menemukan salon perawatan hewan peliharaan macam ini.

Inilah yang dirasakan oleh seorang wanita bernama Henny Marlita. Kecintaannya pada anjing mendapat ijin dari suami, hanya saja suami meminta Henny harus memastikan anjing-anjing peliharaannya terawat dan bersih. Ini membuat Henny harus meluangkan waktu setidaknya 2 minggu sekali menempuh perjalanan dari Cengkareng ke arah Jakarta hanya demi mendatangi salon perawatan hewan terdekat.

Merasa cara ini menyita banyak waktunya, pada satu kesempatan Henny mendapat informasi soal kursus teknik pet grooming yang dibuka di Singapura. Di tahun 2003, memang belum ada kursus grooming resmi yang bisa diandalkan seperti sekarang.

Usai merampungkan masa kursusnya, Henny malah ketiban pulung. Tak hanya hemat biaya karena tak lagi harus membayar mahal jasa salon, tetapi beberapa teman dan sepupunya juga membawa anjing dan kucing milik mereka untuk dirawat dan didandani oleh Henny. Kala itu Henny hanya dibayar dengan sekedar ditraktir makan.

Namun belakangan Henny melihat semakin banyak orang yang juga mengeluhkan alasan yang sama dengannya, kesulitan harus melakukan perawatan untuk anjing dan kucing mereka sementara waktu mereka terbatas. Inilah yang kemudian mendorong Henny menelurkan sebuah ide bisnis Happy Pets Mobile Grooming yang kemudian menjadi awal dari kisah sukses usaha yang dirintis Henny.

Usaha ini diawali dengan modal serba pas-pasan. Berbekal promosi seadanya dengan media liflet kecil yang disebarkan ke dokter-dokter hewan dan pet shop. Juga dengan dua tenaga kerja dan sebuah armada motor bekas yang dibelinya dari pelelangan.

Usaha pet grooming ini berkonsep salon berjalan, dimana konsumen tinggal menghubungi pihak Henny dan mereka akan mengirim tim untuk melakukan perawatan dan mendandani anjing atau kucing peliharaan. Perawatan dilakukan langsung di rumah, jadi praktis bagi konsumen tanpa harus repot menempuh perjalanan dan bermacet di jalan. Juga memberi kenyaman bagi anjing atau kucing tanpa mereka harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

Namun seiring waktu, usaha Henny semakin berkembang. Dari sekedar ketok tular, konsumen Henny dari waktu ke waktu semakin meningkat. Apalagi semenjak dunia online berkembang seperti sekarang. Usaha Henny kemudian merambah ke dunia online dengan pemasaran via marketplace, instagram, facebook dan via line serta BBM. Ini meringankan biaya pemasaran berkali lipat sehingga alokasi modal bisa dialihkan pada peningkatan kualitas, pembelian peralatan perawatan yang lebih mutakhir sampai penambahan armada.

Kini dalam satu hari wanita dengan 18 anjing peliharaan pribadi ini mengaku bisa menerima pesanan rata-rata hingga 20 permintaan perhari. Tarif yang dibandrol untuka jasa pet grooming ini berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu untuk perawatan standar seperti mandi, kuku dan pengeringan. Sedang untuk perawatan intensif bisa mencapai angka 200 ribuan tergantung kebutuhan hewan.

Untuk memenuhi permintaan yang tinggi ini, Henny sampai harus merekruit 30 karyawan dan menyediakan 10 armada motor dan 2 mobil. Diakui Henny omset perbulan yang berhasil direguk Henny bisa mencapai angka 25 jutaan.

Baca juga: Berikut Bagaimana Menyikapi Realita, Antara Mimpi dan Ekspektasi

Itulah tadi satu contoh kisah sukses usaha pet grooming atau salon perawatan anjing dan kucing. Bagi Henny, kunci kisah sukses usaha miliknya terletak pada kecintaannya pada pekerjaan. Henny memang sangat mencintai anjing dan kucing, baginya pekerjaan ini menyenangkan karena membuatnya banyak berinteraksi dengan beragam anjing dan kucing.

Penelusuran yang terkait dengan bisnis grooming, bikin usaha grooming pet, pet grooming bisnis, peluang usaha ternak anjing, peluang usaha salon hewan, modal untuk buka grooming kucing, modal bisnis groming kucing, kursus grooming kucing, kisah usaha peternak anjing, cara memprimosikan jasa groming hewan.

Ada pertanyaan atau komentar?