Menggunakan Internet – Saat ini internet sudah terjangkau dan hampir tidak mungkin untuk dibendung, maupun menghindarinya. Tak terkecuali anak-anak, keberadaan internet sekarang membuat mereka anti-social.

Tips & Trik - Ajari Anak Menggunakan Internet Sejak Dini, Supaya Terhindar Dari
Tips & Trik – Ajari Anak Menggunakan Internet Sejak Dini, Supaya Terhindar Dari (Photo by, kidshealthgames.com)

Keberadaan internet ini memang bak dua sisi mata uang, dari sisi baiknya jika digunakan untuk hal-hal positif dan juga sisi buruk jika digunakan untuk tujuan negatif.

Nah, sisi negatif tersebut membuat orang tua mulai khawatir, bila buah hatinya mulai meminta dibelikan gadget. Terlebih lagi masih kanak-kanak, yang sangat cepat sekali menyerap informasi.

Sebagai orang tua, tentu saja ada kekhawatiran demikian, namun membatasi mereka dari internet juga merupakan kekeliruan.

Maka kebijaksanaan dari Anda sangatlah dituntut disini, karena internet adalah teknologi yang sangat penting di masa mereka. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal berikut ini, bagaimana meluruskan mereka untuk menggunakan internet.

1. Beritahu Hukum yang Mengatur Internet

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai orangtua sebelum membiarkan anak bermain internet adalah dengan memberi tahu mereka bahwa ada undang-undang yang mengatur internet. Nah dari sini anda menjelaskan bahwa jika ada pelanggaran hukum maka konsekuensinya akan ada hukuman yang bisa diterima pelaku pelanggaran tersebut.

Jika Anda benar-benar tahu secara detail hukum yang ada, maka jelaskan secara detail agar anak bisa mengerti dan mengerti apa yang bisa dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan di dunia maya. Semakin jelas dan terperinci Anda menjelaskannya, semakin baik efeknya pada anak agar terhindar dari efek negatif dari internet.

2. Jelaskan Beberapa Bahaya dari Internet

Selain menjelaskan hukum yang berlaku di Indonesia mengenai penggunaan internet, Anda juga perlu menjelaskan berbagai bahaya yang bisa timbul dari penggunaan internet lainnya. Ya, selain hukuman, internet memang mengandung beberapa bahaya seperti kecanduan, tipu daya, penculikan, hingga obsesi negatif.

Nah ini adalah hal-hal yang orang tua harus jelaskan dengan baik kepada anak-anak sebelum mereka mengakses internet. Jelaskan dengan baik beberapa dampak bahaya internet terhadap anak-anak Anda tanpa harus menakuti, mengancam atau mengintimidasi.

Dengan harapan, anak-anak akan semakin mengerti posisi mereka untuk tidak menggunakan internet dengan sia-sia.

3. Kenali Teman Anak Anda

Saat bermain internet sebagian besar anak-anak ini akan menggunakan media sosial. Nah di media sosial ini anak-anak Anda akan berteman dengan beberapa orang. Jauh sebelum mereka benar-benar bermain internet untuk media sosial, maka sebagai orang tua Anda harus terlebih dahulu mengenal teman anak Anda.

Dengan mengenal teman Anda dari anak-anak, Anda bisa melihat-lihat persahabatan mereka di media sosial yang bisa mengundang bahaya bagi anak-anak. Pastikan mereka tidak berteman dengan orang asing yang tidak pernah dia kenal.

Karena semakin banyak orang asing yang berteman dengan anak Anda kemungkinan tindakan buruk juga akan semakin besar. Tidak ada salahnya Anda menjelaskan hal ini kepada anak-anak Anda sebelum bermain media sosial.

4. Dorong Anak Tahu Waktu

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan sebagai orangtua sebelum membiarkan anak bermain internet adalah manajemen waktu. Browsing di dunia maya memang membuat pengguna lupa diri. Hal ini menyebabkan banyak membuang waktu sekaligus menurunkan produktivitas.

Nah, untuk itu anda sebagai orang tua sangat wajib mengingatkan dan memberi tahu anak tentang waktu bermain internet ini. Jangan sampai anak-anak begitu banyak melupakan hal penting lainnya seperti ibadah, belajar dan aktivitas lainnya.

Jika perlu Anda harus memiliki kesepakatan dengan anak-anak tentang waktu bermain internet ini. Ajak mereka berdiskusi kapan saja mereka bisa main internet dan waktunya selesai.

Satu hal lagi yang harus Anda terapkan setelah menyetujui saat ini tidak terlalu memanjakan hati jika mereka merengek untuk tambahan waktu. Anggap saja ada peraturan yang sudah disepakati dan tidak boleh dilanggar.

Baca juga: Tips & Trik – 5 Hal Untuk Memeras, Menghancurkan, Dan Meremukan; Yang Bisa Dilakukan

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait hal-hal yang wajib Anda ketahui mengenai penggunaan internet untuk anak usia dini. Artikel ini disadur dari maxmanroe.com, yang mengajarkan kita tentang penggunaan internet bagi anak-anak.

Terima kasih, jangan lupa bagikan, dan kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar. enjoy sobatjogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?