Beginilah Kedung Pedut, Kecantikan Air Terjun Kulonprogo Ala Kahyangan
Beginilah Kedung Pedut, Kecantikan Air Terjun Kulonprogo Ala Kahyangan (Photo by, shobek-corp.blogspot.com)

Rupanya memang di balik pedalaman kawasan Kulonprogo yang berbukit dan berbingkai pegunungan Menoreh tersimpan banyak pesona alam yang menggiurkan selera petualangan Anda. Dan kali ini kembali kami menemukan satu air terjun Kulonprogo yang memiliki pesona berbeda dari kebanyakan air terjun lain di kota Yogya.

Beginilah Kedung Pedut, Kecantikan Air Terjun Kulonprogo Ala Kahyangan
Beginilah Kedung Pedut, Kecantikan Air Terjun Kulonprogo Ala Kahyangan (Photo by, shobek-corp.blogspot.com)

Kedung pedut, demikian air terjun ini dinamai oleh penduduk setempat. Berlokasi di lembah yang diapit oleh dua bukit dari pegunungan menoreh di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Girimulyo Kulonprogo. Masih bertetangga dengan air terjun Grojogan Sewu yang sempat kami ulas di sini. Jadi Anda bisa menyempatkan mengunjungi keduanya bila tertarik.

Tetapi kalau memang Anda berminat mengunjungi keduanya, sebaiknya berangkatlah lebih pagi dari kota Yogya. Karena lokasi Kedung Pedut ini relatif lebih “mblusuk” dari lokasi Grojogan Sewu dan akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk Anda capai.

Ada yang menjadi ciri khas dari Kedung Pedut ini, yakni airnya yang memiliki dua nada warna, yakni putih kebeningan dan toska muda yang menawan. Inilah yang membuat suasana dari kedung ini membuat Anda seolah merasa di negeri kahyangan.

Air terjun ini diapit oleh dua bukit terjal yang membingkai kedung dengan apiknya. Udara di dalam kawasan air terjun terasa sangat sejuk berkat udara lembab yang memenuhi seluruh area. Ditambah kecantikan air dalam kedung yang bernuansa toska muda. Sepertinya ada pelepasan mineral khusus yang berasal dari bebatuan dasar kedung atau efek dari lumut di dasar kedung hingga warna toska ini bisa begitu kentara.

Sedang air terjun sendiri beriak cantik dalam warna buih putih dan air beningnya yang membiaskan cahaya matahari. Meski tersembunyi di dalam lembah dalam, cahaya matahari masih bisa sedikit menyentuh kawasan ini dan memberi bias cantik ketika mengenai air.

Kawasan ini sudah dilengkapi dengan jembatan bambu lengkap dengan beberapa bale-bale kecil dari bambu yang memberi kenyamanan bagi pengunjung. Setidaknya untuk menikmati pemandangan cantiknya. Anda juga berenang di area kedung yang tidak berada tepat di bawah air terjun demi keamanan.

Lalu bagaimana cara mencapai lokasi kawasan wisata air terjun Kulonprogo ini? Sebagaimana Anda mencapai lokasi kawasan wisata Grojogan Sewu, Anda perlu menempuh jalur ke barat dari kota Yogya melalui jalur Jalan Godean, Perempatan Kenteng, Jalan Goa Kiskendo dan Pasar Jonggrangan. Hanya dari sini, Anda harus meneruskan perjalanan melalui gerbang Goa Kiskendo, lalu belok kiri setelah pertigaan dan memasuki area Grojogan Kembang Soka. Grojogan ini berada tak jauh dari Grojogan Kembang Soka.

Anda akan menemukan papa petunjuk dari gerbang dusun Kembang yang membantu Anda menemukan lokasi parkir menuju Kedung Pedut. Dari lokasi parkir, Anda harus menuruni bukit menuju lembah dengan berjalan kaki melalui jalur menurun yang sedikit terjal. Tracking sekitar 20 menit dengan jalur yang sudah dibuat swadaya oleh penduduk setempat dengan perpaduan kayu, batu dan tanah merah yang licin. Sampai Anda mencapai lokasi air terjun Kulonprogo yang menawan dengan dua warnanya.

Baca juga : Rasakan Nikmatnya Martabak Rahayu, Konon Martabak Tertua di Jogja

bukit pedut

1 COMMENT

LEAVE A REPLY