Tips Liburan ke Jogja – Saya yakin Sobat pasti bakalan setuju dengan pernyataan kami berikut ini:

Sulit sekali liburan tanpa mencemaskan pengeluaran saat liburan.

Iya, kan?

Hmmm, tentu saja kita khawatir dengan pengeluaran-pengeluaran tidak terduga saat berlibur. Apalagi, kita yang bekerja sebagai pegawai swasta dengan penghasilan yang musti di bagi rata tiap bulannya.

Well, pas banget Sob!

Tips liburan ke Jogja kali ini dijamin bikin Sobat hemat dan pulang tetap bisa bawa oleh-oleh

25 Tips Liburan ke Jogja Ini Dijamin Hemat dan Malahan! Pulang Bawa Banyak Oleh-oleh
25 Tips Liburan ke Jogja Ini Dijamin Hemat dan Malahan! Pulang Bawa Banyak Oleh-oleh (Photo by, instagram.com/dara_kusmiati)

Oke, pasti Sobat mau kan? liburan hemat dan tetap bisa bawa cindera mata kepada orang-orang di rumah. Nah, berikut ini kita akan bagikan tips HEMAT untuk liburan ala sobatJogja.com, YUK! cekidot:

1. Tujuan liburan ke Jogja

Sebagai makhluk yang tak jauh dari kekurangan, sudah sepantasnya kita punya tujuan. Nah, begitu pula saat ingin liburan, kita harus punya tujuan kemana, kapan, dan akan bagaimana.

Kalau sudah punya tujuan pengen liburan ke Jogja, mari melangkah ke tips berikutnya.

2. Tentukan

Setelah kita memiliki tujuan, yaitu liburan ke Jogja. Maka, pastikan kita sudah menentukan kamana kita liburan. Karena ada banyak sekali tempat wisata di Jogja, maka dari itu silahkan tentukan terlebih dahulu.

Bingung mau kemana? di sobatJogja.com ada beragam rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa Sobat kunjungi.

3. Kelompokan Tempat Wisata yang ingin di kunjungi

Ada lima Kabupaten dan satu Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta, ke-lima Kabupaten tersebut semuanya memiliki lokasi wisata yang hits. Silahkan kelompokkan, sesuai daerah yang ingin dikunjungi.

Misal, kalau mau praktis kenapa tidak mengunjungi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro saja?.

4. Menggunakan Kereta Api

Jogja memang istimewa, ada dua stasiun utama yang memang merupakan pintu masuk dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya adalah Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Jadi, tidak sulit untuk menuju Yogyakarta.

Yup! dengan kereta ekonomi yang murah dan ber-AC sudah bisa deh sampai di Yogyakarta. Contohnya kalau Sobat dari Bali bisa menggunakan kereta Sri Tanjung yang berangkat dari Banyuwangi Baru ke Lempuyangan dengan harga tiket IDR 94.000 saja.

5. Pakai Bus

Begitu pula dengan terminal Bus, di Yogyakarta ada dua terminal utama diantaranya yaitu terminal Jombor dan terminal Giwangan. Kedua terminal tersebut melayani berbagai jalur mulai dari antar kota, provinsi, dan bahkan pulau.

Kalau ingin menggunakan Bus, dari daerah Sobat, pastikan sudah siap dengan tujuan dan lokasi yang akan di tuju. Setibanya di Terminal, dan pastikan untuk selalu bertanya kepada petugas terminal langsung.

6. Cari tiket promo

Kalau budget Sobat pas-pasan, tapi pengen cepet sampai Jogjakarta, solusinya ya… naik pesawat yang menyediakan tiket promo. Kalau pengen gak ribet, saat ini sudah ada beragam aplikasi yang menyediakan kapan saja tiket promo.

Silahkan Sobat menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau.

7. Cari Penginapan Murah

Kalau Sobat tiba menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Tugu, gampang… tinggal cari hotel murah dekat Malioboro dan cukup berjalan kaki. Karena di seputaran Malioboro ada banyak sekali penginapan dengan tarif terjangkau.

Biasanya kalau hari-hari biasa harga menginap per-malam kisaran IDR 65.000 sampai 120.000 saja.

8. Menginap di Guest House kalau rombongan

Well, liburan paling seru memang rombongan sih, karena selain makin seru, juga makin hemat Sob! apalagi kalau pas menginap, satu kamar bisa buat berbanya, udah gitu bayarnya patungan. Salah satunya dengan menginap di Guest House, lebih murah kalau ramai-ramai.

9. Makan Layaknya Orang Lokal

Maksud sub-judul tersebut adalah kalau mau hemat, cari tempat makan yang berada di kawasan pemukiman. Biasanya di Burjo (Warteg-nya Jogja), nah disana Sobat bisa jauh menghemat.

Kalau makan di Burjo, dengan IDR 10.000 saja sobat sudah bisa dapat segelas es teh (IDR 2.000), sepiring nasi sayur telur atau nasi sayur sarden (IDR 7.000), dan gorengan dua (IDR 1.000).

10. Makan di Sekitar Kampus

Tips ini memang sangat menarik tapi lumayan bikin hemat. Perlu Sobat ketahui, selain daerah tujuan wisata. Jogja juga merupakan Kota Pelajar. Jadi, wajar kalau tempat makan dekat kampus jauh lebih murah di banding ditempat lain.

11. Sewa Mobil kalau rombongan

Yup, tepat sekali. Dengan menyewa mobil kita bisa bebas untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tanpa terikat waktu. Dijaman yang sudah modern sekarang ini, sudah tidak perlu takut kesasar lagi, karena dengan modal apps seperti Waze atau Google maps. Kita sudah bisa mengetahui rute tempat yang kita inginkan.

Untuk harga sewa mobil juga beragam, silahkan sesuaikan dengan budget Sobat. Biasanya sih kisaran IDR 250.000/hari sampai 350.000/hari tergantung jenis.

12. Sewa Motor kalau sendiri atau berdua

Kalau mau jalan-jalan memang mobilitas itu sangatlah penting Sob! kalau jalan kaki memang menyenangkan. Tapi, kalau menggunakan kendaraan bermotor kita bisa menjangkau lebih banyak tempat wisata. Kalau soal harga sewa biasanya sih tergantung tempat penyewaan, tapi rata-rata kisaran IDR 50.000/hari sampai 75.000/hari.

13. Pakai Trans Jogja

Pantau Lalu Lintas di Jogja via ATCS DIY, Ingin Menghindari Kemacetan? Lihat Ini
Pantau Lalu Lintas di Jogja via ATCS DIY, Ingin Menghindari Kemacetan? Lihat Ini (Photo by, winnilchocolate)

Tapi, kalau Sobat tidak bisa menggunakan kedua tranportasi tersebut. Gunakanlah moda transportasi masal, yaitu Trans Jogja. Bahkan, dengan Trans Jogja sobat sudah bisa sangat menghemal lho, dan sudah bisa sampai ke tempat-tempat wisata di seputaran Kota Yogyakarta.

14. Jalan Kaki

Untuk cara hemat yang satu ini, hanya berlaku kalau Sobat menginap di seputaran Jalan Malioboro. Karena, dengan berjalan kaki Sobat sudah bisa menelusuri 13 tempat wisata hits di Jogja.

15. Tempat Wisata Gratis

Jangan kira disemua tempat wisata di Jogja itu berbayar lho, perlu Sobat ketahui ada beberapa tempat wisata yang gratis bisa Sobat kunjungi. Terutama di beberapa kawasan jalur garis imajiner seperti Tugu Jogja, Malioboro, Altar, Alkid, Benteng, Panggung Krapyak, dan sekitarnya.

16. Nego Harga Saat Belanja

Jangan khawatir kalau harga barang yang ingin Sobat beli terlampau mahal, cukup negosiasi saja dengan pedagang. Dan dapatkan harga yang cocok untuk barang yang hendak Sobat beli dan pastikan untuk menanyakan harga terlbih dahulu ya.

17. Hindari makan di tempat wisata

Well, seperti beberapa kasus yang belakangan ini terjadi di Malioboro yaitu harga sporsi nasi goreng seharga 50.000 dan ramai di Medsos beberapa waktu lalu. Perlu Sobat ketahui, biasakan untuk menanyakan harga sebelum membeli.

Kalau di Jakarta harga segitu memang sudah biasa, tapi kalau di Jogja mengapa hal ini menjadi viral? Oke, bila dibandingkan dengan pendapatan per-kapita Jakarta harga 50.000 adalah harga yang terbilang murah.

Tapi, kalau di Jogja dengan UMR yang tentu saja beda dengan Jakarta, harga segitu memang cukup mahal. Tapi, kalau yang belanja adalah orang Jakarta yo… 50.000 mah gak seberapa

Well, tentu ada alasan mengapa pedagang “penutuk” harga sedemikian rupa, karena ya… pertimbangan seperti harga sewa tempat di Malioboro dan belum lagi pungutan-pungutan preman. Tidak ada pilihan lain, bukan?

Kalau budget mencukupi, silahkan menikmati makanan di tempat wisata karena apa? SUASANA JOGJA, itu yang tak ternilai harganya Sob!

18. Cari oleh-oleh kerajinan tangan

Oke lanjut, tips liburan ke Jogja lainnya, yaitu mencari oleh-oleh kerajinan tangan. Karena harga kerajinan tangan biasanya lebih terjangkau dan tentu saja sangat otentik. Jadi, selain membantu pengrajin lokal. Juga, sekalian membudayakan membeli pernak-pernik lokal yang tak ternilai harganya.

19. Ikuti Garis Imajiner

Sudah tahukan apa itu garis Imajiner Jogja? Kalau sudah, pilihan menelusuri garis imajiner untuk ber-wisata itu sangat tepat sekali. Karena dengan mengikuti garis imajiner, kita sudah dapat mengunjungi berbagai tempat wisata hits di Jogja.

20. Sedia Payung

Untuk berjaga-jaga kalau cuaca tiba-tiba berubah, seperti yang kerap terjadi terutama saat musim panca roba.

21. Jangan melewatkan malam

Malam adalah saat yang tepat untuk bisa merasakan atmosphere SUASANA JOGJA, jadi jangan buru-buru tidur Sob! coba jalan-jalan ke bukit bintang.

22. Hindari musim liburan

Musim liburan adalah saat yang kurang tepat kalau ingin liburan tapi dengan budget yang se-adanya. Karena, biasanya pada musim liburan tiba harga-harga akan naik, termasuk harga sewa penginapan maupun kendaraan.

23. Datang di musim yang tepat

Yups, saat yang tepat liburan akan semakin menyenangkan. Kalau ini tanpa panjang lebar dijelaskan, semuanya pasti paham mengapa ini sangat penting.

24. Bawa baju ganti++

Hal ini kadang sangat sepele, tapi ini yang biasanya sering disesali kala liburan ke Jogja. Sebab, kita terlalu asyik dengan menikmati liburan sampai-sampai kita tidak sadarkan diri telah ganti pakain banyak. Tanpa mengingat sudah terpakai berapa, kalau sudah begini Laundry kilat solusinya.

25. Membawa Kendaraan Pribadi

Tips liburan ke Jogja satu ini dijamin, sangat menghemat. Karena, memangkas pengeluaran-pengeluaran seperti tiket transport dan sewa kendaraan. Kini, Sobat bisa makin bebas, dan menikmati liburan di Jogja.

Oke Sob, demikianlah tips liburan ke Jogja yang wajib Sobat ketahui. Kami sudah menjabarkan secara detail mengenai tips liburan ke Jogja, semoga pembahasan ini membantu Anda dalam mempersiapkan diri sebelum liburan ke Jogja.

Sippp… selalu mengingatkuan untuk tidak membuang sampah sebarangan dan menjaga selalu suasana tetap kondusif. Oke, and jangan lupa like, komen, dan bagikan ya… enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?