Goa Tanding Seropan – Tidak hanya wisata kuliner dan tempat perbelanjaan, Gunung Kidul memiliki wisata alam yang tiada habisnya. Salah satunya wisata gua berikut ini;

Goa Tanding Seropan: Hasil Bekerja Keras Menggali, Akhirnya Pak Harto
Goa Tanding Seropan: Hasil Bekerja Keras Menggali, Akhirnya Pak Harto (Photo by, Agus Haryanto)

Gunung Kidul adalah salah satu kota yang memiliki berbagai macam hal Istimewa bagi para wisatawan. Mulai disebut sebagai kota handayani hingga disebut pula sebagai kota yang memiliki banyak pesona alam.

Wisata yang ada di Gunung Kidul tidak hanya wisata kuliner atau pusat perbelanjaan, namun ada pula wisata alam yang cukup unik dan menarik. Sebagai contoh wisata alam yang diketahui adalah berupa wisata menelusuri gua, yang memiliki cukup banyak disana.

Wah, seperti apa ya? Yuk, simak ulasan kami berikut ini, pas banget buat Sobat yang ingin mencoba wisata selain pantai.

Lebih Dekat Dengan Goa Tanding Seropan

Jika anda ingin mengetahui wisata alam berupa Goa, maka biasanya wisata yang satu ini biasanya digunakan sebagai olahraga ekstrem seperti memanjat atau menelusuri Goa.

Uniknya lagi terkadang goa terdapat air yang tergenang cukup tinggi sehingga bisa melakukan rafting pula. Jika anda tertarik, maka anda bisa berwisata di Goa.

Adapun Goa yang banyak dikunjungi selain daerah Gunung Kidul lainnya. Goa tersebut bernama Goa Tanding. Goa yang satu ini berdekatan dengan Goa Pindul.

Cukup menarik karena rasanya goa yang satu ini seakan – akan menandingi Goa Pindul namun faktanya bukanlah seperti itu. Semakin penasaran? Berikut ini adalah informasinya untuk anda;

Lokasi

Sebelum anda menikmati fasilitasnya, setidaknya anda mengetahui terlebih dahulu lokasi dari Goa Tanding.

Goa yang satu ini berdekatan dengan Goa Pindul yang berlokasi di Gelaran II, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam jika anda datang dari kota Yogyakarta.

Jika anda memang belum memahami dengan baik rutenya, maka anda bisa gunakan aplikasi maps yang berada di smartphone anda. Untuk lebih mudahnya lagi saat sedang berkunjung, sebaiknya anda booking dulu.

Nantinya tour guide akan menentukan titik kumpul sehingga anda tidak perlu terburu – buru menuju Goa Tanding.

Harga Tiket Masuk

Jika sudah mengetahui lokasi dari Goa yang satu ini, maka saatnya anda mengetahui biaya yang dikenakan untuk memasuki Goa Tanding.

Biaya yang anda keluarkan cukup murah, untuk perorangan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Namun jika anda ingin masuk dengan paket lengkap, maka anda bisa membayar sekitar Rp 100.000.

Fasilitas yang didapatkan dari biaya tersebut adalah penggunaan perahu karet, pemandu, jaket pelampung, sepatu karet, asuransi, dan satu kali makan.

Cukup murah untuk anda yang ingin menelusuri lebih dalam lagi wisata Goa Tanding. Biaya yang dikeluarkan termasuk pula asuransi sehingga harga tersebut cukup wajar.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Asal Mula Nama Goa Tanding

Sebelumnya telah disebutkan jika nama Goa Tanding bukan digunakan untuk menandingi Goa Pindul. Namun asal mulanya berasal dari seorang warga Desa Bejiharjo ingin membuat sumur. Warga tersebut bernama Harto Tanding.

Akhirnya warga tersebut menggali untuk membuat sumur. Setelah digali, air tak kunjung keluar. Namun hal tersebut tidak menyurutkan usaha dari Harto. Akhirnya bukan sumur yang didapatkan, namun warga tersebut menemukan sebuah Goa.

Goa tersebut pada awalnya hanya memiliki masuk akses dari tempat Harto, namun setelah ditelusuri lebih lanjut sehingga menemukan akses yang bisa digunakan.

Oleh karena gua yang satu ini lebih luas dibandingkan Goa Pindul, akhirnya Goa ini digunakan sebagai tempat wisata dan dinamakan Goa Tanding.

Itulah beberapa hal tentang Goa Tanding Seropan dan sejarah dari nama goa tersebut. Semoga informasi ini bisa membantu anda.

Petunjuk Arah via Google Maps

Penelusuran terkait goa seropan.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here