Goa Pindul – Merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo dan salah satu dari ragam pesona alam Gunung Kidul. Gua Pindul ini sangat unik, mengapa? Karena didalam Gua kapur ini terdapat suatu aliran sungai bawah tanah yang panjangnya dari mulut sampai ke ekor goa.

Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua
Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua (Photo by, instagram.com/alvanitabeatrice)

Wisata yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini sudah lama dibuka untuk umum sejak tanggal 10 Oktober 2010. Keindahan goa pindul juga tidak perlu diragukan lagi.

Goa Pindul Gunung Kidul untuk Anda yang Ingin Menikmati eksotisme Gua

Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang setiap hari datang hanya untuk menikmati eksotisme dari goa yang memiliki kedalaman 5 sampai 12 meter dengan lebar 5 meter dan panjangnya yang mencapai 350 meter.

Sungai yang mengalir di goa pindul ini berasal dari mata air gedong tujuh. Kilauan air ini pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang.

Wisata goa pindul ini terdiri atas tiga bagian, bagian pertama merupakan zona terang, bagian kedua merupakan zona remang sedangkan bagian yang terakhir merupakan zona gelap. Di bagian zona terang, Anda dan pasang dapat menikmati keindahan goa ini secara langsung, Anda juga bebas berenang dengan gaya apapun yang dikuasai.

Pada bagian ini pula Anda akan meihat sekumpulan ikan dengan corak yang cantik dengan ukuran yang cukup besar. Tapi tenang saja, ikan itu merupakan ikan jinak. Untuk bagian zona remang, di zona ini cahaya tidak terbias dengan sempurna, hanya pantulan air bening ke dinding yang sedikit membantu pencahayaan pada zona ini.

Sedangkan di zona gelap, Anda akan sangat memerlukan penerangan ketika ingin menelusuri zona ini karena di zona ini sama sekali tidak ada pencahayaan. Bagi Anda yang ingin menelusuri ketiga zona itu sekaligus akan dibutuhkan waktu setidaknya 45 menit, dimana penelusuran akan berujung di sebuah dam yang terletak di kawasan wisata goa pindul.

Keunikan lainnya dari wisata goa pindul ini yaitu adanya sebuah ruangan yang cukup besar dan terletak di bagian tengah dari goa ini. Dalam ruangan itu, Anda akan menikmati pemandangan yang sangat indah dengan sebuah lubang di atasnya dan menjadikan tempat ini pusat dari seluruh bagian di goa pindul.

Anda akan melihat pantulan dari sinar matahari yang sangat menakjubkan. Masyarakat setempat pun memberi nama bagian ini dengan nama sumur terbalik, karena suasababya yang sangat eksotis dan romantis. TIM SAR pun sering menggunakan bagian ini untuk latihan dan menjadikannya jalan masuk.

Jadi, jika Anda traveling ke Jogja maka jangan lewatkan wisata di Jogja gua pindul sebagai salah satu destinasi Anda, karena keeksotisan dan romantismenya sayang untuk dilewatkan.

Pertanyaan

Apakah ada batasan minimal usia berapa? – Lebih tepatnya aman untuk semua kalangan usia, dan atau yang cukup menggunakan rompi pelampung dan bisa duduk pada lingkar dalam Ban. Untuk menyusuri Goa, diharapkan pengunjung anak-anak diatas usia 7 tahun, karena ada zona gelap, seperti yang sudah kami sampaikan diatas.

Berapa harga tiket masuk wisata goa Pindul? – Untuk paket terusan sekitar Rp 135.000 gratis bakso, jahe hangat dan flying fox. Tapi, setiap operator beda harganya, ada yang diskon juga, dan harga bisa naik sewaktu-waktu, tergantung operator.

Penutup

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif selama berwisata.

Sampai jumpa di lokasi wisata, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?