Grojogan Pulosari Wisata Air terjun Perawan Di Pedalaman Bantul Wajib Dikunjungi
Grojogan Pulosari Wisata Air terjun Perawan Di Pedalaman Bantul Wajib Dikunjungi

Kawasan Jogja selatan yang berbukit dan kaya akan tebing karang yang terjal, beserta batuan andesitnya yang keras memang memiliki potensi luar biasa dari sisi pesona alamnya. Termasuk yang satu ini blusukan menemukan wisata air terjun perawan di pedalaman kawasan perbukitan.

Kalau Anda termasuk yang penasaran untuk menjelajah pedalaman hutan dan perbukitan di selatan Jogja yang eksotis, air terjun satu ini jelas layak menjadi incaran. Meski memang tak mudah dijangkau dan membutuhkan sedikit mental petualang, air terjun yang dikenal dengan nama Grojogan Pulosari ini memiliki pesona bak negeri bidadari saking indahnya. Jadi tak akan percuma juga Anda bertualang memasuki hutan tropis di kawasan Krebet Bantul kalau kemudian dibayar dengan panorama Grojogan.

Posisi Krebet berposisi di kawasan Pajangan Bantul. Anda bisa menempuh jalur dari arah Kasihan untuk lebih mudah mencapai lokasi, karena lokasi Kasihan bersisian dengan kawasan Pajangan. Tak jauh dari pusat industry tanah liat Kasongan.

Dari kawasan ini Anda akan menempuh jalur menanjak meski tak banyak curam, karena memang kawasan Pajangan sendiri adalah daerah perbukitan. Jalurnya tak sulit karena sudah terfasilitasi jalan licin beraspal yang sangat layak pakai.

Tak sulit pula menemukan desa Krebet, karena desa ini sendiri sudah menjadi desa wisata sehingga cukup banyak petunjuk jalan yang mengarahkan perjalanan Anda menuju desa yang menampilkan kesederhanaan hunian pedesaan lengkap dengan kerajinan khas Bantul dan bentangan sawahnya yang selalu khas.

Namun dari desa yang memiliki lambang patung Semar ini Anda perlu memasuki kawasan hutan untuk bisa mencapai curug Pulosari. Wisata air terjun perawan ini berada di balik sebuah bukit yang tertutup vegetasi lebat dalam pedalaman daerah Krebet ini.

Tersedia dua jalur menuju lokasi, yang pertama memasuki tengah desa dengan menyusuri kawasan pemukiman dan perkebunan penduduk. Jalur ini relatif lebih nyaman dilalui. Namun bagi Anda yang tertarik dengan tantangan, Anda bisa coba jalur memutar, memang lebih dekat, namun rupanya juga lebih menantang lengkap dengan deretan jalan naik turun memasuki hutan dan tanah licin berlumpur.

Dan perjalanan Anda bisa bermuara pada sebuah penampakan telaga dan sungai kecil berarus lumayan deras. Dari sudut lain muncul gemericik dibalik pepohonan dan disanalah Anda akan menemukan Grojogan Pulosari. Cukup rendah untuk sebuah air terjun hanya sekitar 3 meteran saja, tetapi berteras lebar dengan arus yang terkesan lembut. Bahkan Anda bisa langsung menikmati kucuran airnya tepat dibawah air terjun tanpa perlu takut terhempas air.

Lepas lelah perjalanan Anda yang panjang dari kota Yogya dengan bermain air di telaga beningnya. Airnya tenang dengan arus ringan yang tak akan menyakitkan. Kolam juga relatif tidak dalam hanya sekitar pinggang orang dewasa.

Grojogan Pulosari, satu lagi wisata air terjun perawan yang berhasil ditemukan mereka para pecinta petualangan wisata blusukan. Harus diakui, tak ada habisnya memang, bertualang dan blusukan di kota wisata Jogja ini.

Baca juga : Mantap Gerai Ocil, Kuliner Unik Jogja Kaya Inovasi

Photo by, diasporaiqbal.blogspot.com

1 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?