Ini dia Dua Tempat Wisata Pantai Jogja Yang Lagi Booming
Ini dia Dua Tempat Wisata Pantai Jogja Yang Lagi Booming

Wisata pantai Jogja berpasir hitam memang menjadi ciri khas dari pariwisata kawasan pantai-pantai di sepanjang tepian Bantul. Meski demikian keindahannya tak kalah memikat dari pantai berpasir putih yang masih bisa Anda temukan di bibir pantai Gunung Kidul. Seperti halnya kecantikan panorama pantai anyar di kawasan Srandakan ini, Pantai Kuwaru.

Pantai ini memang berada di kawasan Poncosari kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta. Berlokasi dalam satu kompleks jajaran pantai Srandakan, Pandansari dan Pandansimo yang sudah duluan populer belakangan pantai ini mulai berdandan dan menarik wisatawan untuk singgah. Apalagi pantai ini memiliki ciri khas unik yang membuat wisatawan betah bersantai di hamparan pasir hitamnya, yakni hutan cemara udang yang menghiasi seluruh kawasan.

Sebenarnya hutan cemara udang yang teduh dan kokoh itu sengaja ditanam oleh dinas setempat untuk menahan abrasi pantai yang terbilang berat di kawasan ini. Hamparan hutan cemara udang ini bisa Anda nikmati sampai pantai Goa Cemara, pantai kecil berjarak sekitar 800 m dari pantai Kuwaru. Anda bisa menyinggahinya bila Anda belum terpuaskan dengan kemasyukan pantai Kuwaru ini.

Konon justru hutan cemara udang inilah yang membuat Anda semakin betah wisata pantai Jogja di lokasi ini. Pasalnya tanaman ini ternyata memiliki sifat menetralisir udara yang sarat garam di kawasan pantai dan memiliki kemampuan menghasilkan lebih banyak oksigen dari pohon pantai biasa. Itu sebabnya tak heran kalau Anda akan menemukan banyak pengunjung yang menikmati piknik dengan menggelar tikar di bawah teduhnya pepohonan.

Hanya saja, Anda perlu cukup berhati-hati dengan arus yang terbilang keras di garis pantai. Ombak cukup besar dan memberi resiko cukup tinggi untuk berenang, terutama di masa pasang. Ini karena kebanyakan pantai di kawasan Bantul tidak dipadati jajaran karang dan teras karang sebagaimana pantai di kawasan Gunung Kidul.

Tetapi alih-alih Anda merasa bosan tak bisa puas bermain air, Anda malah bisa menikmati aneka hidangan laut yang dijajakan di kawasan ini. Di pantai Kuwaru memang tersedia tempat pelelangan ikan dan juga tersedia warung-warung yang siap memasakannya untuk Anda.

Sedikit terinspirasi konsep pantai kuliner ala pantai Depok atau pantai Baron, tetapi mungkin masih dalam konsep rintisan sehingga belum sebesar lokasi di Depok dan Baron. Tetapi justru karena masih dalam bentuk rintisan, konsep wisata kuliner ini bisa Anda nikmati dengan harga yang jauh lebih ringa di kantong Anda.

Selain itu, pantai ini juga melengkapi diri dengan beberapa wahana permainan. Sebut saja beberapa kolam renang buatan dari terpal, ATV, Motor trail, persewaan kuda, kereta mini dan beberapa wahana murah meriah lain. Jadi jangan kira akan sangat membosankan berwisata ke pantai Kuwaru ini. Malah Anda tak akan menyadari berjalannya waktu di kawasan pantai teduh nan asri ini. Suasana sejuknya membuat Anda lupa Anda berada di pantai.

Bagaimana untuk bisa menuju ke lokasi wisata pantai asri ini?

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan memilih jalur Samas, kea rah dari kota Bantul. Begitu memasuki kawasan Srandakan, Anda belok ke selatan atau ke kiri, tepat sebelum memasuki jembatan panjang Srandakan.

Begitu memasuki kawasan Kuwaru, Anda akan menemukan pertigaan dimana bila Anda lurus Anda akan memasuki kawasan pantai Pandansimo, maka Anda kembali masuk ke jalan aspal kecil ke kiri. Terus ikuti jalur ini dan Anda akan sampai di pantai Kuwaru. Kini di pertigaan ini sudah tersedia papan penunjuk arah yang cukup jelas. Dan kini Anda siap menyesap harmoni alam yang manis dengan wisata pantai asri di kawasan pantai Kuwaru ini.

Berikutnya, Wisata Pantai Jogja Yang Masih Perawan :

Menilik Daya Pikat pantai Perawan Pantai Watu Kodok
Menilik Daya Pikat pantai Perawan Pantai Watu Kodok

Ada banyak pilihan pantai di sepanjang kawasan Gunung Kidul yang memang saling bersaing menyajikan pesona dan eksotismenya sendiri. Jajaran karang yang menghias kawasan pantai lengkap dengan deretan pegunungan sewu yang menjadi dinding sepanjang kawasan bibir pantai selalu memberi aura berbeda dari pantai kebanyakan.

Anda bisa memilih pantai dengan pesona wisata kulinernya, pantai dengan panorama uniknya atau pantai perawan dengan nuansa alami yang belum tersentuh. Dan untuk pilihan terakhir, Anda bisa mencoba satu pantai perawan yang unik di hamparan pantai Gunung Kidul. Tepat berada di kompleks pantai Indrayanti, Drini dan Sepanjang. Tepatnya berlokasi di jajaran pantai Desa Kemandang, Tanjungsari Gunung Kidul.

Pantai perawan itu adalah pantai Watu Kodok. Nama watu kodok dalam bahasa Indonesia berarti batu kodok. Nama ini berasal dari figur batu yang muncul di antara karang teras yang selintas memang menyerupai kodok. Bibir pantai sendiri dihiasi teras karang yang menghampar hingga lepas pantai. Memberi efek tanggul alami yang cantik sekaligus area bermain yang seru untuk Anda menemukan kerang atau ikan cantik di antaranya.

Pantai berpasir putih dengan suasana gersang khas kawasan Gunung Kidul. Lengkap dengan jajaran batu-batu besar aneka ukuran dan bentuk yang menghiasi seluruh pinggir area. Beberapa batu kembali menunjukan figure berbentuk menyerupai kodok meski untuk kali ini sedikit samar.

Terdapat cerug-cerug karang yang tidak hanya menampilkan suasana cantik dengan lekukan dan semburat warna yang eksotis, kadang beberapa menjulang ke atas membentuk pyramid-miramid karang unik. Pantai ini memang cukup padat karang, tetapi juga sangat cocok untuk Anda mencari tempat berteduh dari teriknya matahari yang memberi pendaran pada pasir putih di hadapan Anda. Masalahnya vegetasi di kawasan ini terbilang jarang dan cenderung hanya berupa semak pantai.

Pantai perawan ini tidak hanya menyuguhkan panorama yang cantik khas pantai Gunung Kidul lengkap dengan ciri khas bebatuan uniknya, tetapi pantai ini terbilang sepi, karena aksesnya yang tesembunyi sehingga tidak banyak diketahui keberadaannya. Apalagi apan penunjuk arah menuju pantai ini terbilang kecil dan kurang mencolok.

Tetapi justru pantai ini sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dan suasana yang damai, dengan air yang bening dan deburan ombak yang relatif lembut. Cocok juga untuk Anda yang ingin lebih romantis dengan pasangan, atau mencari lokasi pemotretan pre wedding yang tidak memakan biaya perijinan. Pantai ini juga landai jadi bisa Anda jadikan lokasi seru untuk berkemah.

Untuk Anda yang ingin menyambangi pantai perawan ini. Anda bisa melalui arah Wonosari menuju ke timur, tepat melalui jalur pantai Indrayanti, Anda juga bisa memarkirkan kendaraan Anda pada parkiran pantai ini Kemudian menyusuri jalan setapak dengan paving block yang sebenarnya bisa juga dilalui oleh kendaraan roda dua. Hanya saja untuk kendaraan roda empat tetap mungkin melaluinya hanya saja perlu perlahan karena jalan relatif kecil.

Perjalanan dari kota Yogya relatif panjang, sekitar 1,5 jam. Namun perjalanan panjang ini sama sekali tidak akan membosankan mengingat jalur berkelok yang Anda lalui akan melintasi rangkaian bukit karang yang memberi Anda panorama berbeda dari perjalanan biasa.

Jadi kalau yang Anda cari adalah pantai yang memberi Anda nuansa tenang dimana Anda bisa puas asyik bermain dengan deburan ombak lembut, karang berjajar dan pasir putihnya tanpa harus berbagi dengan pengunjung yang padat, Anda bisa pilih pantai perawan yang eksotis satu ini, pantai Watu Kodok.

Nah, itulah dua pantai yang lagi booming, Pantai Kuwaru dan Pantai Watu Kodok, semoga diliburan nanti sobat bisa menikmati wisata pantai Jogja itu, dan mengajak serta orang – orang tercinta anda untuk menikmati liburan. Dan jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya ya.

Baca juga : Merasa Muda Lalu Malu Pakai Batik Jogja ? Baiknya Sobat Baca Ini Dulu

Photo by, bicarawisata.wordpress.com

Penelusuran terkait cemara 1000, pantai bikini di yogyakarta, pantai cemara sewu apa boleh berenang, pantai jogja yang teduh, perbedaan pantai gua cemara dan cemara sewu bantul.

Ada pertanyaan atau komentar?