Bagi anda yang ingin berlibur mengunjungi desa wisata Tanjung di Ngaglik, Sleman namun belum mengetahui informasi lengkapnya, tidak perlu khawatir. Berikut ini akan kami bahas sedetail mungkin.

Desa Wisata Tanjung: Memiliki Visi Hijau Desaku dan Lestari Budayaku
Desa Wisata Tanjung: Memiliki Visi Hijau Desaku dan Lestari Budayaku (Foto: Aonia Nim)

Berbeda dengan objek wisata buatan lainya seperti Jogja Bay dan XT Square, desa Tanjung merupakan objek wisata yang bertemakan alam. Destinasi wisata ini bertemakan alam asri kabupaten Sleman yang sesungguhnya.

Selain itu, desa wisata tanjung juga mengusung banyak kebudayaan, kesenian dan kerajinan dari kota desa ini. Penasaran dengan hal atau fasilitas apa saja yang terdapat di desa Tanjung ini? Langsung saja menyimak ulasan berikut ini.

Lebih Dekat Dengan (Dewi) Desa Wisata Tanjung Donoharjo

Untuk mengobati rasa penasaran anda mengenai kampung wisata Tanjung, dibawah ini akan menjelaskan beberapa informasi lengkapnya.

Sejarah

Sejarah atau awal mula berdirinya desa wisata ini adalah kekhawatiran pemerintah setempat akibat tertinggalnya pengetahuan dan informasi warga sekitar desa tersebut.

Pemerintah menyayangkan karena  desa Tanjung memiliki potensi alam dan kebudayaan yang sangat luar biasa yang harus dilestarikan.

Untuk mewujudkanya pemda dan masyarakat setempat sepakat untuk membentuk desa wisata. Nah pada saat itulah masyarakat desa sekitar langsung melakukan kegiatan untuk menarik para pengunjung untuk datang.

Selain untuk memanfaatkan potensi alam yang ada, tujuan diadakanya desa wisata  ini untuk memberikan mata pencaharian kepada masyarakat sekitar agar terhindar dari kemiskinan.

Lokasi

Untuk lokasi dari kampung wisata tanjung sendiri sangatlah dekat dari pusat kota Yogyakarta. Anda hanya memerlukan waktu 10 menit jika dari pusat kota Yogyakarta dan 5 menit dari Monjali (Monumen Jogja Kembali).

Kampung wisata ini lebih tepatnya terletak di Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Untuk aksesnya sendiri sangatlah mudah dijangkau dan banyak petunjuk jalan yang bisa anda ikuti.

  Desa Wisata Kelor: Pada Masa Lalu Adalah Markas Tentara Pelajar

Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuknya sendiri berbeda beda setiap tempat atau lokasi yang anda kunjungi. Seperti yang anda tahu bahwa desa wisata Tanjung terbagi ke dalam beberapa lokasi.

Namun anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk disini dibanderol dengan harga 10.000 sampai 30.000 rupiah saja per lokasi yang anda kunjungi. Sangat terjangkau bukan?

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Fasilitas dan potensi wisata yang bisa dinikmati

Ada banyak potensi wisata yang dapat para pengunjung menikmati seperti potensi alam, kebudayaan dan kesenian. Untuk potensi alamnya sendiri kampung wisata tanjung memiliki area persawahan yang hijau dan luas.

Persawahan tersebut dilengkapi oleh gazebo kecil  yang berfungsi untuk tempat bersantai para pengunjung.

Selain itu udara di kampung wisata ini sangat sejuk dan cukup dingin. Sedangkan untuk potensi budayanya ada berbagai macam jenis.

Di kampung wisata Tanjung ada satu peninggalan budaya yaitu rumah joglo yang umurnya sudah lebih dari 200 tahun. Di desa wisata ini para pengunjung juga dapat menikmati berbagai kebiasaan para penduduk desa yang unik dan menarik seperti upacara adat.

Untuk potensi kesenian, anda bisa menikmati berbagai macam tarian dan tabuhan alat musik khas Yogyakarta. Tarian tersebut dilakukan langsung oleh masyarakat asli desa Donoharjo.

Anda juga dapat mempelajari alat musik tradisional Jawa dengan berbagai jenis yang sering disebut dengan karawitan. Desa wisata tanjung juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, gazebo untuk beristirahat, tempat ibadah dan warung penjual makanan.

Oke Sob, demikianlah informasi lengkap tentang kampung atau desa wisata Tanjung. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang desa ini. Selain mengandung nilai rekreasi, obyek wisata ini juga mengandung nilai edukasi yang tinggi.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here