Bagi Anda yang ingin mengunjungi Desa Wisata Ketingan untuk menghabiskan waktu liburan Anda, dibawah ini akan dijelaskan beberapa informasi untuk referensi perjalanan Anda.

Desa Wisata Ketingan: Burung Kuntul dan Panorama Alamnya Yang Indah
Desa Wisata Ketingan: Burung Kuntul dan Panorama Alamnya Yang Indah (Foto: instagram.com/kuncoropamungkas)

Desa Ketingan adalah salah satu objek wisata bertema alam yang ada di Kabupaten Sleman. Tidak berbeda dengan desa wisata lainnya, desa Ketingan menyediakan berbagai keindahan alam yang asri dan masih asli.

Meskipun baru beberapa waktu diresmikan namun keberadaan dan eksistensi dari kampung wisata ini banyak dicari-cari oleh masyarakat sekitar kota Yogyakarta maupun luar daerah.

Penasaran dengan hal apa saja yang dapat Anda temukan di desa wisata ini? Langsung saja menyimak ulasan dibawah ini mengenai informasi lengkap desa Ketingan.

Informasi lengkap dari Desa wisata Ketingan Tirtoadi Sleman

Untuk mengobati rasa penasaran Anda yang ada di rumah mengenai desa Ketingan, dibawah ini akan dijelaskan beberapa uraian lengkapnya;

Sejarah

Pada awalnya desa ini adalah desa biasa yang ditinggali beberapa populasi manusia. Sampai pada akhirnya dibuatlah jalan yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 1997.

Tidak disadari setelah peresmian jalan tersebut banyak sekali burung kuntul yang bersarang di sekitar pohon yang terletak di pinggir jalan tersebut. Jumlah burung kuntul yang bersarang di pohon – pohon tersebut mencapai ribuan ekor jumlahnya.

  Pantai Jogan, Sayang Untuk Tidak Hadiri Uniknya

Akibat dari hal tersebut banyak orang orang yang penasaran terhadap ribuan burung kuntul yang bersarang di pohon dengan jumlah ribuan. Tidak hanya warga sekitar saja, tetapi banyak warga dari luar daerah yang penasaran akan hal tersebut.

Nah Pemda sekitar menganggap kejadian langka tersebut menjadi potensi wisata dan pada akhirnya pada tahun 2000an desa Ketingan diresmikan menjadi desa wisata.

Lokasi

Lokasi dari kampung wisata ini terletak di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Lokasi desa wisata ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Ada harus menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota menuju kampung wisata ketingan.

Untuk aksesnya sendiri sangatlah lancar karena jalan raya untuk menuju objek wisata ini sangat halus dan jarang yang bergelombang.

Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuk ke desa Ketingan ini sangatlah terjangkau yaitu 20.000 rupiah saja per orangnya. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000 rupiah Anda sudah bisa memanjakan mata dengan melihat pemandangan alam dan kicauan burung kuntul yang indah.

Untuk jam operasional kerjanya sendiri kampung wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 saja. Jika Anda datang dengan banyak orang atau rombongan Anda akan diberi diskon tiket masuk sebesar 10% dari keseluruhan jumlah tiket masuk yang dibayarkan.

  Bukit Paralayang Parangtritis: Aku Menunggu Dengan Sabar Diatas Sini

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Potensi yang bisa para pengunjung nikmati

Video: Arif DroneYk

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa desa wisata Ketingan memiliki kekhasan atau ciri yaitu burung kuntul nya. Para pengunjung dapat melihat ribuan burung kuntul yang bersarang di atas pohon-pohon yang rindang.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati kicauan burung kuntul yang merdu dan menenangkan hati. Anda juga dapat belajar bagaimana cara menernak burung kuntul yang benar. Mulai dari memberi makan, merawat telur, perawatan anakan burung kuntul dan masih  banyak lagi.

Untuk fasilitasnya sendiri Anda tidak perlu khawatir karena pengelola telah menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap seperti, tempat ibadah, gazebo untuk beristirahat, toilet dan lain-lain.

Oke Sob, demikianlah mengenai informasi dari Desa Wisata Ketingan yang bisa kami jelaskan. Semoga dapat menjadi referensi Anda sebelum liburan nanti, supaya tidak bingung mau kemana. Kampung ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda pecinta burung hias khususnya kuntul.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here