Desa Wisata Nawung adalah objek wisata terbaru yang bertemakan alam. Penasaran ada hal apa saja yang dapat anda jumpai di desa wisata ini? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Desa Wisata Nawung: Trekking di Kedung Nganten dan Keseruan Lainnya
Desa Wisata Nawung: Trekking di Kedung Nganten dan Keseruan Lainnya (Foto: Dwikoen Sastro)

Kabupaten Sleman memang tidak pernah habis dan tenggelam keistimewaanya. Salah satu faktor yang membuat daerah ini istimewa adalah keberadaan objek wisata alamnya yang menakjubkan. Ada banyak objek wisata bertema alam yang dapat anda kunjungi salah satunya adalah Desa Nawung.

Meskipun letaknya tidak berada di  pusat Kota Yogyakarta namun keberadaan desa wisata ini sangat dicari cari dan diminati oleh masyarakat sekitar. Nah untuk itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa uraian informasi lengkap mengenai kampung atau desa Nawung.

Lebih Dekat Dengan Desa Wisata Nawung Gayamharjo Sleman

Untuk mengobati rasa penasaran anda yang ada dirumah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa informasi lengkap mengenai kampung wisata Nawung.

Sejarah

Pada awalnya desa wisata ini merupakan sebuah dusun biasa yang ditinggali oleh beberapa populasi masyarakat. Yang spesial dari dusun ini yaitu keindahan alam yang luar biasa. Namun keindahan alam tersebut tidak dimaksimalkan oleh masyarakat sekitar sehingga terbengkalai begitu saja.

Akhirnya pemerintah daerah bergegas untuk mengelola kampung wisata Nawung agar menjadi objek wisata yang potensial. Tak lupa pemda juga dibantu oleh masyarakat sekitar dusun. Setelah beberapa waktu akhirnya semua potensi di dusun ini telah diperbaiki dan siap untuk dibuka untuk umum.

Tidak hanya kepedulian pemerintah mengenai potensi alam yang dimiliki oleh desa Nawung, tetapi pemda setempat juga ingin membuka lapangan pekerjaan untuk warga dusun tersebut.

Lokasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa desa wisata ini terletak di Kabupaten Sleman. Lebih tepatnya di Dusun Nawung, Gayamharjo, Prambanan. Kampung wisata ini memang terletak di komplek candi Prambanan.

Butuh waktu 5 sampai 10 menit untuk sampai di desa wisata ini jika anda berada di Candi Prambanan. Untuk aksesnya sendiri sangatlah mudah dilewati. Anda juga tidak perlu khawatir akan tersesat karena ada banyak petunjuk jalan yang bisa diikuti.

Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuknya sendiri cukuplah terjangkau yaitu 20.000 rupiah saja per orangnya. Dengan mengeluarkan kocek sebesar 20.000 rupiah, anda dapat menikmati banyak pemandangan alam yang indah seperti sawah, sungai, dan lain sebagainya.

Untuk fasilitasnya penunjangnya sendiri cukuplah lengkap seperti toilet, tempat ibadah, warung makan, tempat beristirahat dan masih banyak lainya. Jam operasional dari desa wisata Nawung adalah setiap hari dan buka pada pukul 08.00 sampai pukul 14.00 saja.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Beberapa potensi yang dapat anda nikmati

Di desa Nawung anda bisa menikmati banyak wisata yang bertemakan alam seperti sungai Kedung Nganten. Untuk menuju sungai tersebut para pengunjung harus melewati tracking atau lintasan yang cukup berat yaitu melewati tebing dan pepohonan yang besar. Melewati tracking tersebut tentunya dapat menambah pengalaman para pengunjung.

Setelah sampai di sungai Kedung Nganten anda akan menikmati pemandangan sungai yang terhampar luas dan panjang. Sungai Kedung Nganten memiliki air yang cukup jernih dan arus yang deras. Arus yang deras tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memanjakan para pengunjung dengan berbagai kegiatan yang memicu adrenalin.

Selain sungai Kedung Nganten, desa wisata ini juga menyediakan berbagai kesenian dan kebudayaan asli dari Yogyakarta seperti gamelan, tarian tradisional dan lain lain. Kampung wisata Nawung juga menyediakan berbagai olahan makanan khas pedesaan yang menggugah selera. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera datang ke kampung wisata Nawung.

Oke Sob, demikianlah informasi lengkap terkait Desa Wisata Nawung. semoga dapat menambah referensi liburan Anda. Datanglah ke desa Nawung pada saat akhir pekan karena akan ramai pengunjung.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here