Candi Barong Kompleks Candi Prambanan
Candi Barong Kompleks Candi Prambanan

Candi Barong merupakan salah satu rangkaian yang masih berkaitan dengan Candi Prambanan, oleh sebab itu Candi Barong juga termasuk dari rangkaian kompleks Candi Prambanan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan, juga menjadikan Candi Barong tidak luput dari tour wisata sejarah Yogyakarta. Sejak pertama kali di temukan, Candi Barong masih dalam kondisi reruntuhan.

Namun, kemudian dilakukan pemugaran sekitar tahun 1987 pada bagian dua candi utama. Dalam pemugaranya cukup memakan waktu yang sangat lama, sebab baru pada tahun 1992 pemugaran selesai dikerjakan. Setelah itu dilanjutkan pada pemugaran, bagian talud dan pagar. Pada saat pemugaran ditemukan arca-arca yang mewujudkan arca Dewi Sri, Dewa Wisnu, Arca Ganesha, dan beberapa peripih.

Ternyata, pada salah satu peripih terdapat barang peninggalan yang berupa lembaran-lembaran perak dan emas yang terpahat tulisan zaman kerajaan Jawa. Selain itu juga, disekitar peripih ditemukan peralatan rumah tangga, berupa guci, mata panah, mangkuk keramik, dan sendok. Dimana ini menunjukan peradaban dimasa itu telah mengalami kemajuan.

Candi Barong, terletak di sebelah tenggara dari Kompleks Candi Ratu Boko, yang masih berada pada perbukitan Batur Agung. Kemudian, disisi barat daya terdapat Candi Banyunibo, setelah itu pada arah tenggara Candi Barong terdapat Candi Ijo yang berjarak sekitar 2km. Itu sebabnya candi ini masih merupakan, kompleks Candi Prambanan.

Terdapat 3 tingkat konstruksi pada Candi Barong ini, yaitu pada tingkatan pertama merupakan bagian terluar yang dikelilingi oleh garis batu. Kemudian, pada tingkat ke 2 terdapat teras dengan landasan octagonal sebagai bagian dari beranda. Lalu pada tingkat ke 3 yang merupakan tingkat tertinggi, menjadi kawasan suci yang terdapat dua candi.

Karena memiliki hiasan Kala dan Makara pada bangunan utama, Candi ini dinamai dengan Candi Barong (Singa dalam bahasa Jawa). Keunikan lain dari candi ini adalah sebagai tempat khusus untuk berdoa kepada Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Tidak seperti pada umumnya candi di Jawa yang dibangun untuk berdoa kepada Dewa Siwa.

Berwisata ke Candi Barong ini juga sekaligus membuka mata kita bahwa bangsa ini sejak jaman dahulu merupakan bangsa yang hebat. Mampu dan sanggup membangun candi yang megah, bahkan teknologi yang digunakan pada masa itu, masih membuat para ahli menggelengkan kepala. Sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan melindungi sejarah negeri ini.

Selain itu juga, dengan tidak merusak atau bahkan membuang sampah sembarangan di kawasan cagar budaya ini, sudah merupakan bagian dari melestarikan warisan bangsa. Demikian, tadi cerita singkat yang tim Sobat Jogja coba jelaskan mengenai Candi Barong. Untuk lebih membuat anda penasaran lagi apa yang terdapat pada candi ini, silahkan dikesempatan liburan anda untuk menyempatkan diri berlibur berwisata sajarah Yogyakarta yang menarik ini.

Lokasi Candi Barong :

Terletak di Dusun Candisari, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sekitar 27km arah timur dari Kota Yogyakarta. Jika anda wisatawan backpacker silahkan menggunakan TransJogja jalur 1A atau 1B, lalu berhenti di shelter Prambanan. Untuk menuju lokasi anda bisa menggunakan jasa ojek yang murah.

Selamat menikmati liburan di Candi Barong, Kompleks Candi Prambanan

Penelusuran terkait teknologi candi prambanan, rangkaian peristiwa candi prambanan.

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?