Wisata Jogja Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Wisata Jogja Embung Nglanggeran
Wisata Jogja Embung Nglanggeran

Pemandangan alam pegunungan dan hamparan pohon hijau yang menyelimuti perbukitan disekilingnya, begitulah kesan pertama yang Sobat Jogja rasakan ketika menginjakan kaki di Embung Nglanggeran. Udara yang sejuk, bisa langsung kita rasakan seketika tiba di Embung Nglanggeran ini. Wisata Jogja satu ini merupakan wisata alam Jogja yang wajib dikunjungi.

Semenjak resmi di buka oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, pada 19 February 2013 kini Embung Nglanggeran menjadi destinasi wisata Jogja. Merupakan gunung api purba, Embung Nglanggeran kini menjadi daya tarik baru wisata alam Jogja yang berada di daerah Kabupaten Gunung Kidul. Tidak sulit untuk menjangkau lokasi Embung Nglanggeran.

Berada di Desa Pathuk, Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Untuk menjamah lokasi Embung Nglanggeran ini tidak perlu mendaki. Cukup berjalan di jalan setapak yang sudah di buat oleh pengelola, selain itu juga anda akan dikenakan tariff 5.000 rupiah saja, untuk tiket masuk. Tiket masuk ini tentu untuk pengelolaan kawasan wisata Embung Nglanggeran agar tetap terjaga keindahan-nya.

Sebenarnya Embung Nglanggeran ini adalah danau buatan yang di buat oleh masyarakat sebagai pengairan untuk mengaliri sawah mereka. Namun, setelah ada pengelolaan yang baik danau buatan yang berdiri diatas gunung api purba, kini menjadi destinasi wisata alam Jogja yang baru di Gunung Kidul. Menjaga tempat ini agar tetap bersih, pengelola sudah menempatkan tempat sampah di titik-titik yang mudah terjangkau oleh pengunjung.

Selain itu juga terdapat banyak tempat sampah, jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak buang sampah karena tempat sampahnya jauh dijangkau. Menjaga tempat ini agar tetap eksis di masa depan, dan tetap menjadi destinasi wisata Jogja. Sudah sepantasnya kita sebagai pengunjung untuk menjaga sikap agar tidak merusak perlahan tempat indah ini.

Embung Nglanggeran ini akan tampak indah pada saat senja tiba. Ini disebabkan langit sore yang mewarnai awan terlihat di atas danau buatan yang indah. Sehingga nampak seperti cermin yang sangat besar tepat dihadapan kita. Menikmati matahari terbenam di Nglanggeran ini benar-benar terasa damai, akan membuat perasaan kita menyatu dengan pesona alam yang indah.

Setelah menikmati langit sore di kawasan wisata Jogja yang indah ini, membuat hati terasa nyaman. Kehangatan sinar mentari sore yang anggun membuat betah pengunjung untuk tidak beranjak dari Embung Nglanggeran ini. Sampai akhirnya bintang – bintang mulai bermunculan, bahkan bulan sudah mulai nampak dari kejauhan.

Perjalanan indah hari ini, patut untuk dikenang dan bahkan tim Sobat Jogja sudah pasti akan datang ke tempat ini lagi dan tentunya tidak lupa untuk berbagi informasi wisata Jogja lainya kepada anda. Setelah dari Embung Nglanggeran, kami beranjak menuju destinasi wisata Yogyakarta berikutnya. Kemana langkah ini akan melangkah ? Nantikan postingan berikutnya, terima kasih.

danau buatan diatas gunung jogja
BAGIKAN

3 KOMENTAR

  1. […] Sri Gethuk sebelumnya kita juga telah membahas wisata gua Pindul, sungai Bengawan Solo Purba, embung Nglanggeran, dan masih banyak lagi lainya. Terutama kala di weekend tiba, air terjun Sri Gethuk ini menjadi […]

  2. Jauh bgt tempatnya tp harga tiket masuknya murah meriah, harus kesana pokoknyaa 😮
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    Kami dari Bu Mentik Catering & Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering & paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. & tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.com
    Terimakasih.. 🙂

Ada pertanyaan atau komentar?