Lompat ke konten

Mengenal Polis Asuransi, Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Bagikan ke sosmed kamu

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang asuransi, salah satunya istilah polis yang seringkali Anda dengar. Polis asuransi merupakan perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dan nasabah asuransi sebagai tertanggung.

Mengenal Polis Asuransi, Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya
Mengenal Polis Asuransi, Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Polis asuransi ini berisi perjanjian berupa pengalihan risiko, komitmen kedua belah pihak, dan syarat-syarat. Karenanya, penting bagi para nasabah asuransi atau sebagai pembayar premi asuransi dalam mengetahui dokumen polis asuransi dan isi yang terlampir.

Fungsi polis asuransi dan manfaatnya juga bisa memberikan perlindungan kepada perusahaan asuransi, apabila nasabah asuransi menuntut hak-hak di luar dari isi kontrak perjanjian kedua belah pihak yang telah disepakati.

Salah satu polis asuransi mobil terbaik adalah dari ACA. Ada beragam pilihan polis asuransi mobil ACA yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Nah, buat lebih jelasnya, berikut ini fungsi polis asuransi dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui:

Fungsi dan Manfaat Polis Asuransi

Polis merupakan suatu bukti kerja sama antara perusahaan dan pemegang polis yang berisikan hak dan juga kewajiban yang harus ditaati kedua belah pihak, berikut fungsi polis asuransi, yaitu:

1. Mengetahui Hak dan Kewajiban sebagai Nasabah Asuransi

Kewajiban sebagai nasabah asuransi yaitu membayar premi, lalu pengguna polis dapat mengajukan klaim sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Setiap pengguna polis diberikan panduan berupa buku tebal yang dapat dipelajari terkait hak dan kewajiban pengguna polis asuransi.

Baca Juga:  Part 2: Inilah 10 Keahlian Yang Tidak Diajarkan Saat di Sekolah, Padahal Sangat Diperlukan di Kehidupan

2. Mengetahui Nilai Pengurangan Jika Ada

Bagi pemegang polis perlu mengetahui poin-poin penting, seperti nilai pengurangan dalam penggunaan asuransi berkendaraan, seperti polis untuk asuransi kesehatan, ada selisih nominal atau disebut juga excess.

3. Memahami Skema Premi

Polis mengatur semua kerugian yang terjadi baik kerugian yang kecil ataupun besar. Para pemegang polis mempunyai kesempatan untuk mempelajari ataupun menolak jika skema premi yang dibayar tidak sesuai dengan kesepakatan.

4. Jaminan untuk Kedua Belah Pihak

Jaminan dari polis asuransi merupakan jaminan untuk kedua belah pihak, baik pihak perusahaan maupun pemegang polis. Kerugian yang terjadi diluar dari polis yang disepakati merupakan tanggung jawab personal untuk pemegang polis.

Pilihan Polis Asuransi Terbaik

Di Indonesia, ada begitu banyak polis asuransi yang tersebar, salah satu pilihan polis asuransi mobil ACA adalah asuransi terbaik saat ini.

Asuransi mobil ACA memberikan banyak keuntungan dalam kerugian maupun tanggung jawab yang diakibatkan oleh kerusakan dan kehilangan kendaraan sesuai dengan isi kesepakatan dalam polis asuransi.

Adapun penawaran dari asuransi mobil ACA, yakni berupa Total Loss Only (TLO) dan All Risk (gabungan).

Untuk risiko kerugian yang ditanggung, seperti tabrakan, terperosok, terbalik tergelincir, dan benturan, pencurian, kebakaran yang diakibatkan oleh petir, perbuatan jahat orang lain yang berakibat rusak atau hilang dan kerusakan kendaraan yang terjadi di waktu penyebrangan yang menggunakan kapal feri di bawah pengelolaan Dirjen Perhubungan Darat (DPD).

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tour Guide Dilengkapi Contoh Terbaru 2022

Jika Anda ingin menggunakan polis asuransi, berikut cara mendaftarnya yakni dengan mengisi formulir terlebih dahulu profil nasabah yang akan menggunakan asuransi. Selanjutnya, bandingkan polis dan preminya dengan melihat manfaat polis dan premi dari beberapa perusahaan asuransi.

Langkah berikutnya, pilihlah polis asuransi sesuai dengan yang Anda butuhkan, kemudian tunggulah konfirmasi dari pihak perusahaan polis yang Anda pilih. Lalu, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang telah ditentukan, terakhir polis yang sudah Anda beli akan dikirimkan ke alamat Anda.

Asuransi mobil ACA memiliki banyak cabang bengkel di kota-kota besar, seperti Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Cibubur.

Demikianlah cara mengetahui polis asuransi, baik fungsi hingga manfaat menggunakan polis asuransi seperti asuransi mobil ACA. Dengan jaminan asuransi polis, perjalanan Anda menggunakan kendaraan menjadi aman dan nyaman tanpa perlu khawatir dengan risiko yang bisa saja terjadi di jalan.

Oleh karena itu, pilihlah polis asuransi yang memberikan Anda keuntungan sesuai dengan kesepakatan dan terhindar dari kerugian atau memberatkan sebelah pihak.

Jika ingin melakukan klaim manfaat dari polis asuransi mobil ACA, Anda bisa melakukan secara offline, dengan cara mengunjungi langsung kantor pusat ataupun cabang perusahaan. Anda juga bisa melakukannya dengan cara online di website resmi asuransi mobil ACA, dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.