Lompat ke konten

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tour Guide Dilengkapi Contoh Terbaru 2022

Bagikan ke sosmed kamu

Membuat surat lamaran kerja untuk profesi tour guide bisa dibilang berbeda dibanding posisi lainnya. Ada beberapa tips serta persyaratan khusus untuk melengkapi surat lamaran kerja tour guide. Simak cara hingga contoh terbarunya lewat artikel yang satu ini!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tour Guide Dilengkapi Contoh Terbaru 2022
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tour Guide Dilengkapi Contoh Terbaru 2022

Apa itu surat lamaran kerja? Berdasarkan definisi, surat lamaran kerja adalah selembar surat berisi perkenalan diri serta penyampaian maksud dan tujuan saat hendak melamar kerja. Impresi pertama kita pada perusahaan, khususnya HRD, bakal dilihat dari surat ini.

Seringkali orang salah kaprah, apa bedanya CV dan surat lamaran kerja? Curriculum Vitae (CV) adalah lampiran berisi riwayat hidup mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, hingga skill, sementara surat lamaran kerja hanya berupa pengantar untuk mewakili berkas lamaran lainnya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kriteria surat lamaran kerja tour guide biasanya berbeda karena Anda perlu menjelaskan daftar pengalaman yang spesifik. Hal itu seperti spesialisasi daerah, kemampuan bahasa, pemahaman tentang sejarah, dan lain-lain.

Sebagai contoh surat lamaran kerja tour guide untuk kawasan Yogyakarta dan sekitarnya, Anda bisa menjelaskan beberapa tempat di Jogja yang terkenal dan nge-hits, hingga rekomendasi destinasi wisata di Jogja paling cocok untuk keluarga.

Ingin tahu cara membuat serta contoh surat lamaran kerja menjadi tour guide? Pahami lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tour Guide

1. Susun Isi Surat Secara Terstruktur

Langkah pertama adalah memahami susunan isi surat. Pastikan Anda menyusunnya secara rapi dengan struktur sebagai berikut:

●     Perkenalan Diri

Pada beberapa paragraf pertama, fokuslah pada perkenalan diri. Jelaskan siapa Anda hingga di biro wisata mana Anda bekerja sekarang. Jika masih menganggur, cukup tulis posisi dan tempat bekerja sebelumnya.

●     Maksud dan Tujuan

Paparkan maksud dan tujuan lamaran kerja sebagai tour guide. Misal Anda tertarik melamar karena pihak perusahaan sedang membutuhkan orang dalam waktu cepat, atau memang pada dasarnya Anda ingin mencari tempat baru yang lebih menjanjikan.

Baca Juga:  Tips Mencari Tempat Wisata Untuk Liburan Bersama Keluarga Tercinta

●     Ulasan Singkat Pengalaman

Sebagai upaya meyakinkan pihak perusahaan, khususnya HRD, berikan ulasan singkat pengalaman Anda. Misal pernah bekerja di mana, klien yang pernah ditangani, serta kemampuan personal seperti penguasaan bahasa, pengetahuan soal daerah, dan lain-lain.

●     Penutupan Surat

Setelah menyusun surat berdasarkan struktur barusan, kini saatnya Anda menulis penutupan surat. Jelaskan bahwa Anda positif dan merasa sesuai dengan kebutuhan lowongan ini, lalu ucapkan terima kasih atas kesempatannya agar terkesan sopan.

2. Tambahkan Desain dalam Surat

Membuat surat lamaran kerja sebaiknya tak hanya berisi tulisan. Karyakan dengan tampilan visual yang estetis dan menarik dipandang mata. Sekarang, Anda memanfaatkan platform desain Canva dengan sejumlah fitur menarik yang mampu mempermudah proses pembuatan.

Bagaimana cara membuat desain surat lamaran kerja tour guide di Canva? Cukup akses Canva dari komputer atau ponsel, pilih template, berikan elemen desain, edit hasilnya, lalu simpan hasil desain dalam kualitas tinggi dan sertakan dalam berkas lamaran kerja.

3. Lengkapi Berkas Lamaran Kerja

Selain surat lamaran kerja, lengkapi berkas lainnya seperti CV, portofolio, data kontak, ijazah, dan dokumen seperti KTP.

Sebagai catatan, Anda tidak boleh mengabaikan detail-detail penting dalam berkas lamaran kerja agar pihak HRD menilai bahwa kesiapan diri Anda sudah baik. Memiliki surat lamaran kerja dan CV yang bagus juga merupakan salah satu modal dan investasi jangka panjang yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda di masa depan.

4. Periksa Kembali Sebelum Selesai

Sebelum selesai, periksa kembali surat lamaran kerja tour guide secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan data personal atau informasi penting lainnya, karena hal ini dapat membuat pihak perusahaan mengurungkan niat untuk menerima Anda.

Baca Juga:  Part 2: Inilah 10 Keahlian Yang Tidak Diajarkan Saat di Sekolah, Padahal Sangat Diperlukan di Kehidupan

Jangan lupa untuk turut meninjau ulang desain. Pilih jenis font terbaik dan mudah dibaca, kombinasi warna yang ideal, serta menjaga agar Anda mampu mempertahankan unsur minimalis. Hindari desain yang terlalu ramai dan membuat penuh surat lamaran kerja.

5. Kirim ke Pihak Tour Guide

Jika sudah selesai, kirimkan surat lamaran kerja serta berkas pelengkap sebelum tenggat waktu. Sesuaikan dengan syarat, apakah harus mengirim format cetak atau online. Sekarang, saatnya Anda menyimak contoh surat lamaran kerja di tour and travel berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Tour and Travel

Yogyakarta, 25 Juli 2022

Yth, Bapak/Ibu HRD Jogja Tours

Jl. Mekarsari No. 135, Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan yang tertera di website, bersama dengan surat ini, izinkan saya untuk mengajukan lamaran pekerjaan di Jogja Tours untuk posisi Tour Guide.

Berikut data singkat saya:

Nama                                    :

Tempat, tanggal  lahir                     :

Umur                                     :

Jenis Kelamin                                  :

Alamat                                               :

No. HP                                              :

Pendidikan terakhir            :

Saya turut melampirkan beberapa dokumen penting, yaitu:

1 (satu) lembar Fotokopi KTP;

1 (satu) Fotokopi Ijazah terakhir;

2 (dua) lembar Pasfoto ukuran 4×6 cm;

1 (satu) lembar Surat Keterangan Berbadan Sehat;

1 (satu) lembar Surat Keterangan Catatan Kepolisian;

Daftar Riwayat Hidup.

Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(……………..)

***

Itulah tadi cara membuat serta contoh surat lamaran kerja tour guide. Segera kirim sebelum penutupan lowongan, sebisa mungkin cari lowongan serupa di tempat lain juga agar Anda bisa memiliki opsi. Selamat mencoba!


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.