Perpanjang SIM C & A Keliling di Yogyakarta Cepat dan Efisien

Buat sobat yang ingin perpanjang SIM C & A keliling, sebaiknya baca ini daripada nanti bolak balik. Ya, itulah yang saya alami kemarin, padahal sudah datang sebelum jam 08.00 WIB. Alhasil, keesokan harinya antri kembali, karena kuota harian pembuatan SIM sudah habis.

Perpanjang SIM C & A Keliling di Yogyakarta Cepat dan Efisien
Perpanjang SIM C & A Keliling di Yogyakarta Cepat dan Efisien

Sebelum itu terjadi pada sobat, persiapkan syarat-syarat perpanjangan SIM keliling berikut ini :

  1. Fotokopi KTP  – 2 lembar.
  2. Fotokopi SIM C/A (yang akan diperpanjang) – 2 lembar.
  3. Hasil Tes Kesehatan (asli).
  4. Hasil Tes Psikologi (asli).
  5. Map kuning (jadikan satu semua berkas tersebut)

Siapkan semua itu terlebih dahulu, barulah sobat datang ke Parkiran Puro Pakualaman Yogyakarta (lokasi standby SIM Keliling). Ingat ya, ini sistemnya siapa cepat dia dapat, jadi kumpulkan berkas lebih awal, kalau kalau saya jam 05.30 pagi sudah mengumpulkan berkas, nanti saya ceritakan.

Tapi, jika sobat pengen sekali jalan dalam sehari itu, ikuti langkah ini. Dengan catatan semua dimulai lebih awal bisa jam 06.30-an.

Tempat Fotokopi Terdekat

Pergi ke Fotokopi Rama, Jl. Sultan Agung No. 23, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta atau sebelahnya Anugerah. Nah, disini sobat bisa minta fotokopi KTP dan SIM (yang akan diperpanjang) masing-masing 3 lembar dan sekalian beli map, total 3.000-an.

Tes Kesehatan dan Psikologi Terdekat

Jika sudah di fotokopi, lanjut mengikuti Tes Kesehatan & Psikologi di Apotek K24, Jl. Gajah Mada No. 7C, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Setelah parkir, jangan lupa minta nomor antrian di Juru Parkirnya barulah masuk. Nah, tunggu antrian di panggil untuk mengikuti Tes Kesehatan, jika sudah nanti akan dikenakan biaya 25.000 rupiah.

Tes kesehatan meliputi, tensi dan melihat angka di dalam titik-titik warna.

Selanjutnya pergi ke ruangan Tes Psikologi, sebelum itu silahkan mengisi daftar hadir. Nanti akan dipanggil sesuai urutan, lalu masuk ke ruangan.

Baca Juga:  6 Tips Memilih Jasa Sewa Mobil Di Jogja Yang Wajib Diperhatikan

Tes psikologi meliputi, mengisi 30 pertanyaan yang hanya perlu dijawab “setuju” atau “tidak setuju” saja (cukup di centang). Jika sudah, nanti akan dikenakan biaya 75.000 rupiah.

Antri SIM Keliling

Jika sudah, sekarang pergi ke Lapangan Swandanan Pura Pakualaman, mobil SIM Keliling akan datang jam 08.00 – selesai, setiap hari Senin – Jum’at. Yang perlu di perhatikan adalah kuota pembuatan SIM, yaitu 40 (ini bisa berubah-ubah sob).

Jadi, walaupun sobat mengumpulkan berkas sebelum mobil SIM keliling datang, belum tentu akan diproses. Untuk itu, saran saya kumpulkan berkas lebih awal, kalau saya tadi mengumpulkan berkas pukul 5.30-an, lalu saya tinggal pergi. Jangan khawatir, sudah ada yang mengumpulkan jam segitu sob, bahkan saya dapat urutan ke-7.

Saat mengumpulkan awalnya sempat ragu, takutnya ada yang iseng. Tapi begitu sampai sana cukup tenang, karena ternyata ada yang jaga. Ada 2 orang ibu-ibu duduk disitu menjaga berkas-berkasnya. Ohya, jangan lupa mengisi nama dan nomor urut berkas Sob, biar aman.

Kemudian saya kembali ke Pura Pakualaman sekitar pukul 07.30-an, ternyata sudah ramai orang mengantri. Buat memastikan, tanyakan atau cek apakah berkasnya masih ada, syukurlah masih aman (terima kasih buat ibu-ibu yang menjaga).

Mobil SIM Keliling datang

Sekitar pukul 08.19 WIB mobil SIM keliling yang di tunggu-tunggu akhirnya tiba. Nah, sobat gak perlu panik cukup siapkan SIM aslinya dan uang cash 75.000 untuk SIM C dan 80.000 untuk SIM A-nya. Tunggu, sampai petugasnya mempersiapkan diri, nanti petugas akan memanggil sesuai urutan.

Petugas akan mendahulukan Ibu hamil & menyusui ya sob, selanjutnya barulah kita.

  • Petugas akan memanggil kita, untuk menyerahkan SIM asli dan uang perpanjangan SIM yang sudah kita siapkan tadi.
  • Kemudian kita akan diberikan berkas untuk diisi, jika sudah serahkan kembali untuk di tukar nomor urutan foto.
  • Dipanggil untuk foto, tanda tangan digital, dan scan sidik jari.
  • Jika sudah selesai, sobat akan dipanggil untuk diberikan SIM yang baru.
  • SIM yang baru bisa di press (semacam temper glass tapi bukan) biar tidak mudah tergores, cukup bayar 6.000 rupiah saja.
Baca Juga:  Pastikan Daftar Barang Berikut Sudah Kamu Bawa Saat Travelling Sendirian

Maka, selesai sudah proses perpanjangan SIM yang lumayan memakan waktu.

Biaya Perpanjangan SIM

Adapun berikut merupakan rincian biaya yang dikeluarkan selama proses perpanjangan, sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP & SIM 3 lembar Rp 3.000
  • Tes kesehatan & psikologi, total Rp 100.000
  • Biaya perpanjangan SIM C, yaitu Rp 75.000
  • Biaya press SIM baru Rp 6.000
  • Parkir di 2 tempat Rp 4.000

Jadi, total biaya yang dikeluarkan untuk perpanjangan SIM yaitu Rp 188.000,- untuk waktu yang di perlukan sekitar 3 jam-an, kalau SIM nya langsung jadi.

Kesimpulan

Artikel ini memberikan informasi tentang cara untuk memperpanjang SIM C & A keliling di Yogyakarta. Penulis memberikan tips untuk menghindari antrian panjang dan menyarankan untuk mempersiapkan syarat-syarat perpanjangan SIM seperti fotokopi KTP dan SIM yang akan diperpanjang, hasil tes kesehatan dan psikologi, dan map kuning.

Penulis juga memberikan informasi tentang tempat fotokopi dan tes kesehatan terdekat serta menyarankan untuk datang lebih awal dan mengumpulkan berkas lebih cepat untuk menghindari kuota pembuatan SIM yang terbatas.

Baca ini kalau mau biaya balik nama atau perpanjangan 5 tahunan plat nomor.

Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas