Tips Lancar dan Sukses Dalam Menghadapi Tes Potensi Akademik Yang Wajib Kamu Baca Berikut Ini

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui bakat dan kemampuan akademis/keilmuan seseorang. Biasanya Tes Potensi Akademik(TPA) ini digunakan untuk penyaringan calon pegawai negeri sipil, karyawan swasta, penerimaan mahasiswa jenjang S1, S2, dan bahkan untuk penyaringan penerimaan beasiswa. Pada umumnya tes ini memiliki 4 jenis soal, yaitu tes verbal/bahasa, tes numerik/angka, tes logika, dan tes spesial/gambar. Lama durasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan tes ini sekitar 90 menit hingga 3 jam, tergantung kebijakan masing-masing penyelenggara tes. Rentang nilai tes TPA berkisar antara 200 hingga 800. Untuk nilai rerata nasional yaitu 500. Bagi yang belum pernah mengikuti tes ini, sebaiknya ikuti panduan berikut agar lebih siap dalam menghadapi dan mengerjakan tes TPA.

  1. Persiapkan Peralatan Pendukung

Alangkah baiknya jika sebelum hari H hari kita sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk tes. Persiapkan alat tulis seperti pensil 2B, penghapus, rautan, pulpen, alas tulis/clipboard. Kemudian yang harus dipersiapkan adalah mengetahui jadwal dan lokasi tes, dan mengecek kondisi kendaraan yang digunakan untuk mengunjungi lokasi tes. Pastikan semuanya sudah siap dan kondisinya baik.

 

 

  1. Jaga Pikiran dan Kesehatan

Sehari sebelum tes diusahakan untuk tetap tenang dan tidak melakukan aktivitas yang berat, dan jaga kondisi kesehatan. Pastikan sudah sarapan sebelum berangkat ke tempat tes. Jangan sampai ketika mengikuti tes, kondisi tubuh kita sedang tidak fit bahkan pusing.

  1. Jangan Bergadang Pada Malam Hari Sebelum Jadwal Tes

Tidur lebih awal pada malam hari sebelum tes, agar keesokan harinya tubuh menjadi lebih fit dan bersemangat. Bayangkan jika kita datang terlambat, belum sarapan dan lupa membawa alat tulis, dll, maka kemungkinan kita akan mendapat hasil yang tidak memuaskan.

  1. Datang Ke Tempat Tes Lebih Awal

Datang lebih awal membuat kita lebih siap dan bisa memperhatikan situasi sekitar. Dengan demikian hati dan pikiran dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru. Lain halnya jika kita datang

  1. Perbanyak Latihan Soal

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan latihan soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang dapat kita kerjakan. Kita bisa mencocokkan kunci jawaban dari soal tersebut, dan lakukan evaluasi jika masih terdapat kesalahan dalam menjawab.

  1. Kenali Tipe Soalnya

Biasanya tes TPA memiliki 4 jenis soal, yaitu tes verbal, tes logika, tes numerik dan tes spesial. Masing masing jenis memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Tes verbal digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bidang bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim, antonim, tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Tes logika digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam pemecahan masalah secara logis/masuk akal. Tes ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Tes angka digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bidang angka, meliputi tes seri angka, tes seri huruf, tes angka dalam cerita.

Tes spesial adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengukur daya logika ruang, meliputi tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar, dan tes identifikasi gambar.

Dari penjelasan diatas, lakukan latihan mengerjakan soal-soal yang sudah ada di internet, lalu pilih mana jenis tes yang menurut anda paling mudah dikerjakan terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk berdoa sebelum mengerjakan soal tes agar diberikan kelancaran dan kemudahan, seperti yang dituangkan pada quote berikut :

Usaha yang maksimal kurang lengkap jika tidak disertai dengan doa

Demikian tips dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, semoga bermanfaat dan semoga sukses dan mendapatkan nilai yang maksimal.

LEAVE A REPLY