3 Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Otw Liburan

Terminal Bus Yogyakarta – Meski kini banyak transportasi berbasis online yang sangat memudahkan wisatawan. Namun, Bus masih menjadi primadona sebagai alat transportasi darat yang banyak peminatnya. Bus masih menjadi andalan untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh di tengah masyarakat kita.

Maka dari itu, sebelum Anda liburan ke Jogja, Anda wajib mengetahui terminal bus Yogyakarta berikut ini. Dengan begitu Sobat akan memiliki arah / tujuan kemana akan sampai dalam perjalanan nanti. Sobat juga akan lebih mudah bila harus mencari sarana transportasi umum lainnya, seperti Trans Jogja.

Selain itu, bagi bus mania dan para backpacker yang lebih menyukai Bus sebagai alat transportasinya. Dapat merasasakan sensasi perjalanan menuju Yogyakarta, dengan Perusahaan Otobus (PO) favoritnya.

Oke Sob, mari kita simak dimana saja lokasi terminal bus Jogja?

3 Pusat Terminal Bus Yogyakarta (HUB Utama)

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat 3 terminal Pusat yang ada di Jogja, yaitu Terminal Giwangan, Terminal Jombor, dan Terminal Condong Catur. Ketiganya, memiliki perannya masing-masing, ada yang melayani jalur dari arah timur yaitu Terminal Giwangan.

Dari arah barat yaitu Terminal Jombor, dan pusat dari transportasi lokal yaitu Trans Jogja, berada di Terminal Condong Catur. Tapi itu yang seharusnya, namun praktiknya di lapangan, beberapa PO memiliki line (jalurnya) sendiri.

Nah, supaya gak salah naik bus dan salah lokasi tujuan, maka simak masing-masing terminal berikut ini…

  1. Terminal Giwangan
3 Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Otw Liburan
Terminal Bus Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui – Terminal Giwangan (Photo by, andi_ssm)

Yang pertama adalah terminal bus Giwangan. Terminal ini adalah yang terbesar di Yogyakarta. Maka tak berlebihan bila terminal Giwangan adalah pusat dari rute bus di Yogyakarta. Setiap bus besar yang masuk ke Jogja, pasti melalui terminal ini.

Terminal terbesar dengan tipe A ini melayani 5 jenis bus angkutan. Kelimanya adalah transportasi bus antar kota antar propinsi atau yang biasa disingkat AKAP.

Baca Juga:  Wisata Religi Yogya Sendang Sono, Memberikan Petualangan Spiritual Yang Mendalam

Kemudian berturut-turut disusul transportasi bus antar kota dalam propinsi atau yang disingkat AKDP, transportasi bus perkotaan atau bus kota, transportasi bus pedesaan, dan yang terakhir adalah Trans Jogja.

Untuk menemukan terminal bus Giwangan ini, Anda bisa menuju jalan Imogiri Timur 1, kecamatan Giwangan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Jaraknya tak begitu jauh dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto.

Bila Anda memang berniat untuk backpakeran, Anda bisa memulai rute perjalanan Anda dari terminal bus Yogyakarta terbesar ini. Tertarik untuk mencobanya?

Pemesanan tiket Bus Mila Sejahtera : Jogja – Surabaya – Jember – Banyuwangi, hubungi :

hubungi kami mila sejahtera
Pemesanan Tiket Jogja – Surabaya – Jember – Banyuwangi PP
  1. Terminal Jombor
Terminal Jombor Jalan Magelang - PO Ramayana seri E3 Grand Tourismo Double Glass
Terminal Jombor Jalan Magelang – PO Ramayana seri E3 Grand Tourismo Double Glass (Photo by, ahmadnurastha_23)

Berikutnya adalah terminal bus Jogja bertipe B atau yang setingkat di bawah terminal Giwangan. Bila terminal yang pertama ada di sisi selatan / timur Jogja, maka yang ke-dua ini ada di sisi barat.

Namanya adalah terminal Jombor. Meski bertipe B, terminal Jombor juga melayani 5 rute perjalanan bus seperti terminal Giwangan, yakni AKAP, AKDP, bus kota, bus pedesaan, dan Trans Jogja.

Lokasinya berada di jalan Magelang, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Alamat ini tentu cukup jauh bila ditarik dari bandara utama di Yogyakarta.

Salah Satu Terminal Dekat Malioboro

Terminal Jombor merupakan salah satu Terminal besar yang lokasinya “tidak terlalu jauh” dari Malioboro. Jika Sobat dari arah barat, ingin liburan ke pusat Kota Jogja dan ingin jalan-jalan ke Malioboro. Maka, saya sarankan bisa turun ke Jombor, nanti dilanjut naik Trans Jogja ke arah jalan Malioboro.

Itulah kenapa, terminal Jombor bisa dikatakan sebagai salah satu terminal yang dekat Malioboro.

Tak cukup sampai di sini, Jogja masih memiliki terminal bus yang terakhir. Terminal ini diberi nama terminal Condongcatur Sleman atau biasa disebut terminal Concat.

  1. Terminal Condong Catur
Terminal Condong Catur Trans Jogja Jalur 6A Ngabean - Gamping
Terminal Condong Catur Trans Jogja Jalur 6A Ngabean – Gamping (Photo by, ahmadnurastha_23)

Dari ukurannya, terminal ini termasuk yang paling kecil dari dua terminal di atas. Hal itu dapat dilihat dari rute perjalanan yang dilayani, yakni transporasi bus pedesaan dan Trans Jogja saja. Dengan kata lain, terminal Concat tidak melayani rute antar propinsi.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Candi Di Jogja Yang Mengagumkan

Untuk menemukannya, Anda harus menuju daerah Condongcatur, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari perempatan Concat. Dengan demikian, terminal Concat dapat disebut sebagai terminal di sisi utara Jogja.

Demikian tiga terminal bus Yogyakarta yang perlu Anda ketahui terlebih bila Anda adalah seorang backpacker.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan Trans Jogja hampir di setiap titik shelter sehingga memudahkan Anda untuk menuju tempat yang tidak dijangkau oleh bus besar.

Saran

Sebagai saran tambahan, bila Anda ingin menuju ke Imogiri, Bantul, sebagai tujuan wisata Anda, Anda bisa menuju ke terminal Giwangan terlebih dahulu. Apalagi terminal ini dekat dengan deretan tempat wisata di Jogja terbaru dan instagramable banget.

Terminal Janti Jogja

Terminal Janti Jogja
Terminal Janti Jogja (Foto: sobatjogja.com)

Sebetulnya tidak ada terminal di Janti, tapi… disana terdapat dua shelter Trans Jogja. Dan biasanya, penumpang dari arah timur (Solo) turun di Flyover Janti. Bahkan, disana juga ada tempat penitipan sepeda motor.

Umumnya yang turun atau naik dari sini adalah penumpang yang mau ke arah Solo, atau ke arah Timur pada umumnya. Supaya tidak jauh-jauh pergi ke Terminal Giwangan dan biasanya bus langsung berangkat (tidak nge-time).

Anyway… sesampainya di Yogyakarta, kalau mau lebih leluasa lagi. Sobat, bisa menggunakan jasa sewa motor atau sewa mobil di Jogja yang pastinya lebih hemat.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di lokasi wisata. Ohya, untuk menghindari yang tidak-tidak kalau di terminal pastikan Sobat bertanya langsung ke petugas terminal.

hubungi kami
Jika ada pertanyaan, hubungi kami.
Bagikan ke sosmed kamu

113 Komentar

  • Kalo mau ke ISI yg di Bantul dari Surabaya naik bis apa ya? dan turun dimana ? Sy kemarin (17/08/2023) kesana (dg mobil pribadi), sambil tanya2 bila nanti saya ke Bantul lg menggunakan angkutan umum gimana caranya ya? Sepertinya blm adaangkutan umum yang langsung menuju ke daerah sana apa betu? mohon infonya, trims.

    Balas
  • Klo dari solo turun di stasiun kereta api yogya….Kemudian mau ke depok sleman dari Yogyakarta naik dari terminal apa dan bus apa

    Balas
  • Kk/mas kalau semisal dari jl. imogiri timur km. 8 botokenceng km.6 worokenceng banguntapan bantul ke pasar giwangan itu jauh nggak. Trs klo ke terminal nya itu naik apa e

    Balas
  • Kk klo misalnya dri Jogjakarta mau ke Kudus itu naik bus apa y kk klo misalnya dri jl. Imogiri Bantul Yogyakarta mau ke terminal itu naik transportasi apa y kk trs ke terminal mana mohon bantuannya y kk klo bisa secepatnya

    Balas
  • Kk klo misalnya dri Jogjakarta mau ke Kudus itu naik bus apa y kk? Trs ini klo misal dari jl. Imogiri Bantul mau k terminal itu naik transportasi apa y kk dan nnti turunnya ke terminal mana y kk?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas