Alun-alun Utara Yogyakarta – Sebenarnya merupakan halaman depan Kraton Yogyakarta, yang mana fungsi utamanya adalah ruang publik. Semua masyarakat dari berbagai golongan dapat datang menyaksikan berbagai pagelaran yang di adakan oleh Kraton.

Alun-alun Utara Yogyakarta Ruang Publik Untuk Lebih Dekat Dengan Rakyat
Alun-alun Utara Yogyakarta Ruang Publik Untuk Lebih Dekat Dengan Rakyat (Photo by, instagram.com/apriliariestaa)

Semisal, pada penyambutan Bulan Mulud atau Bulan Rabiul Awal, di tempat ini diselenggarakan pesta rakyat yaitu Sekaten. Sebuah pesta rakyat memperingati tahun baru Islam, sekaligus juga sebuah bentuk perayaan rasa syukur atas hasil alam yang melimpah.

Kalau Sobat perhatikan, hampir di setiap Kerajaan maupun Kesultanan terdapat Alun-alun. Ini karena ruang publik yang luas diperlukan untuk kegiatan-kegiatan yang tujuannya supaya Raja (Pemegang Kekuasaan) dapat mendekatkan diri dengan masyarakat.

Tidak hanya itu, format-format Kota Lama yang menganut ajaran Islam juga demikian, Selalu ada Alun-alun di sisi utara dan Masjid di sisi sebelah Barat. Coba perhatikan seperti Kota Malang, Solo, Jember, Bandung dan kota-kota tua lainnya.

Kalau di Solo, terdapat Kraton Surakarta, dan tentu saja pasti ada Alun-alun Utara-nya juga. Pada dasarnya, konsep penataan sebuah pusat pemerintahan memang selalu demikian, ini selaras dengan konsep, “Selaras”.

Alun-alun Lor Kota Yogyakarta

6 Wisata Kota Yogyakarta Untuk Anda Yang Hobby Jalan-jalan City Tour
Wisata Kota Yogyakarta Untuk Anda Yang Hobby Jalan-jalan City Tour – Altar (Photo by, riskhanoviaa)

Lor dalam bahasa Jawa berarti Utara, karena lokasinya berada di sisi utara Kraton Yogyakarta. Untuk itulah masyarakat sekitar menyebutnya juga Altar alias Alun-alun utara atau Alun-alun Lor. Dan merupakan salah satu tempat wisata Kota Yogyakarta, yang sangat mudah di jangkau.

Alun-alun Utara Yogyakarta Malam Hari

Pada malam hari tentu saja menjadi tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan sekedar mengitari Alun-alun maupun hanya duduk lesehan menikmati wedang ronde. Bercengkrama atau sekedar ngopi-ngopi bareng, asal kegiatan positif tentu diperbolehkan disini.

Perbedaan Alun-alun Utara dan Selatan Jogja

Tidak jauh berbeda dengan sisi Selatan yaitu Alun-alun Selatan Yogyakarta atau Alkid Jogja, tempat ini pada pagi, siang, sore, dan malam selalu memiliki kegiatan yang berbeda. Kalau di pagi hari kebanyakan kegiatan olahraga, kalau sore biasa dipakai jalan-jalan sore.

Acara di Alun-alun Utara Yogyakarta

Hampir sepanjang tahun, kegiatan acara di Alun-alun utara selalu ada, namun tidak sesering dulu. Mengingat kebijakan baru hanya kegiatan-kegiatan yang bernilai budaya saja yang diperbolehkan, dan itupun harus se izin Kraton Yogyakarta.

Mengingat, dulu Alun-alun Utara imagenya adalah tempat parkir bus-bus pariwisata dan pasar tumpah yang terkesan kurang mencerminkan Kota Budaya. Untuk itulah, kegiatan-kegiatan yang sekarang diadakan di Alun-alun Utara, selalu berhubungan dengan kegiatan Kraton.

Alhasil Alun-alun Kraton yang sekarang jauh lebih bersih dan nyaman untuk hanya sekedar jalan-jalan santai maupun lesehan.

Alamat Alun-alun Utara Yogyakarta

Lokasinya berada tepat di utara Kraton Yogyakarta, atau kalau dari Jalan Malioboro, Sobat lurus ke Selatan setelah Titik Nol Kilometer. Tentu, sangat mudah untuk menjangkau lokasi wisata satu ini.

Dan lokasinya juga sangat strategis, karena tidak jauh dari beragam tempat wisata di Jogja yang berada di pusat kota.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, sekaligus mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga suasana tetap kondusif. enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait alamat alun-alun utara jogja, alun alun utara solo, wisata alun alun lor jogja.

Ada pertanyaan atau komentar?