Pantai Timang – Merupakan salah satu objek wisata pantai di Jogja yang sangat populer sampai ke mancanegara. Bahkan lokasinya pernah dijadikan sebagai salah satu tempat syuting acara urban action variety show paling populer di dunia yaitu Running Man.

Bagi Anda pecinta K-Pop, pasti tahu acara seperti apa Running Man itu. Yup, mereka datang untuk menjalankan sebuah misi pada episode 369-371. Dimana dua anggota Running Man harus menyeberang menggunakan Gondola manual atau kereta gantung yang menggunakan tali dan masih ditarik oleh tenaga manusia.

Kedua anggota Running Man tersebut adalah Lee Kwang Soo dan Jeon So Min, keduanya harus menjalankan misi hukuman. Yang mana merupakan salah satu dari tur mereka ke beberapa negara.

Untuk itu Pantai Timang, keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Lokasinya yang mblusuk tidak menjadikan halangan untuk siapa saja datang ke tempat ini. Sekalipun tempat ini merupakan wisata pantai yang tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Pantai Timang Gunung Kidul Yang Mendunia Meskipun Rutenya Mblusuk

Namun, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Samudra Hindia Yang Maha luas. Selain itu Sobat juga bisa mencoba menggunakan Jembatan Gantung maupun Gondola manual untuk menyebrang ke pulau seberang dan mencari lobster.

Rute Pantai Timang

Mengingat lokasinya sangat mblusuk, berikut ini cara untuk sampai ke lokasi Pantai Timang. Pertama kita bisa menggunakan jalur Wonosari, lalu mengikuti arah Semanu, kemudian setelah di perempatan ambil arah kanan menuju Jepitu.

Lalu, Sogo, Cuwelo, Giri Panggung, Pringapus, nah setelah pertigaan Piji ambil arah Pantai Siung. Lalu arah Pantai Jogan, Pantai Nglambor sekitar 200 meter ada pertigaan lurus saja.

Nah, Sobat akan menjumpai jalan cor blok, kemudian jalan akan dilanjutkan dengan jalan bebatuan, sebelum akhirnya Sobat sampai di Pantai Timang.

Mengingat lokasinya yang sangat populer, warga setempat sudah menyediakan tanda arah menuju Pantai Timang. Jadi, tidak perlu takut tersesat, namun apabila Sobat sudah merasa mulai kebingungan.

Jangan sungkan untuk bertanya ke warga sekitar, sedikit saran tanya ke pemiliki warung-warung atau penjual bensin. Biasanya mereka lebih paham karena mereka pada umumnya adalah warga setempat.

Kemudian mengingat jalurnya yang tidak sembarangan, pastikan Sobat sudah menyiapkan kendaraan dengan baik. Mulai dari surat-surat kendaraan, tekanan udara pada ban, lalu kondisi rem, dan tentu saja yang paling penting yaitu kondisi mesin.

Karena, untuk menuju lokasi butuh waktu yang cukup lama terutama buat Sobat yang berangkat dari kota Yogyakarta, untuk itu persiapan yang matang sangat penting.

Sesampainya disana, Sobat tidak akan kecewa karena lokasinya benar-benar luar biasa indah. Sesampainya disana Sobat juga bisa duduk sejenak maupun bersantai di warung sembari merefresh kembali setelah lelah selama perjalanan menuju lokasi wisata.

Karena lokasinya cukup jauh, tidak perlu khawatir kelaparan, disana sudah ada warung-warung. Yang siap memanjakan Anda selama berwisata di Pantai Timang.

Tarif Sewa Jeep

Disini juga ada penyewaan Jeep menuju lokasi, harga untuk sewa mobil Jeep Rp350.000 lalu naik ojek trail Rp50.000 itupun pulang pergi. Untuk harga tersebut bisa naik turun sewaktu-waktu, tergantung musim liburan.

Karena jalannya masih berbatu, untuk menuju lokasi Pantai Timang, jadi kalau memaksakan naik motor pastikan motornya atau kendaraan Anda sanggup melalui jalan trail.

Harga Naik Gondola Pantai Timang

Pantai Timang Gunung Kidul Yang Mendunia Meskipun Rutenya Mblusuk
Pantai Timang Gunung Kidul Yang Mendunia Meskipun Rutenya Mblusuk (Photo by, instagram.com/norzieabdthani)

Untuk Anda yang ingin mencoba menyeberang ke pulau seberang, bisa melalui dua cara yang pertama menggunakan Jembatan Layang dan kedua menggunakan Gondola. Untuk harga menyebrang menggunakan jembatan layang Rp100.000 per orang. Sedangkan kereta gantung atau Gondola Rp150.000 rupiah per orang (Harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim liburan).

Jadi, persiapkan budget Anda untuk menuju lokasi wisata yang bisa dibilang butuh perjuangan untuk sampai ke Pantai Timang Gunung Kidul.

Lokasinya Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Oke sob, dimikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pantai yang tersebunyi di Gunung Kidul yaitu Pantai Timang, sampai jumpa di lokasi wisata. Mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif. Tetap sehat, tetap semangat, supaya bisa jalan-jalan lagi, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?