Desa Wisata Tembi, Suguhkan Keindahan Alam Sewon Bantul
Desa Wisata Tembi, Suguhkan Keindahan Alam Sewon Bantul

Belakangan memang di kawasan sekitar Yogya sedang ngetrend sekali yang namanya desa wisata. Tapi kalau sudah bicara soal desa wisata, rasanya tak afdol kalau tidak langsung membahas soal desa wisata satu ini. Desa wisata tembi, pioneer dari trend desa wisata di kawasan Yogya.

Nama Tembi seolah menjadi semacam merek dagang yang membuat Anda sekejab membayangkan pesona pedesaan lengkap dengan bentangan sawah di sepanjang mata memandang, udara sejuk yang berpadu dengan hunian bergaya tradisional yang entah dengan keajaiban yang bagaimana bisa menghadirkan kedamaian dan ketenangan yang tak akan Anda temukan di kota besar yang sarat dengan hiruk pikuknya.

Desa Tembi sendiri mengawali konsepnya sebagai desa wisata sejak tahun 2007. Di masa itu, baru muncul satu dua penginapan yang dipelopori oleh Rumah Budaya Tembi. Beberapa nilai jual yang sengaja dihadirkan di desa wisata yang terletak di kawasan Sewon Bantul ini adalah persawahannya yang luas serta aktivitas kerajinan yang memang menjadi salah satu nilai jual dari kabupaten Bantul.

Dan kini, desa wisata Tembi sudah menjadi salah satu desa wisata terbaik dan terpopuler di Yogyakarta. Masih dengan penawaran panorama dan pesona yang sama, desa wisata ini semakin dipadati dengan deretan penginapan dari berbagai kelas. Mulai dari penginapan dengan harga turis dan tentu saja pelayanan ekstra, sampai penginapan harga ekonomis yang membuat Anda justru menemukan pengalaman homestay unik.

Bagaimana tak unik, kalau di sini Anda diberi kesempatan untuk hidup di rumah penduduk dan mencicipi kehidupan ala desa yang tentu saja serba sederhana. Siapa sangka ada begitu banyak pesona dan kedamaian yang bisa Anda jumpai dari sebuah kesederhanaan.

Jangan hanya duduk manis dan menikmati empuknya ranjang di kawasan Tembi, karena desa wisata tembi jelas menawarkan lebih dari itu. Mereka memberi Anda kesempatan emas menjajal pengalaman untuk terjun langsung ke dalam persawahan, bahkan bila memungkinkan ikutan proses tanam dan panen padi.Di kesempatan lain, Anda bisa menjajal keseruan membatik langsung di bawah bimbingan parapembatik professional yang siap membantu Anda menjajal langkah pertama Anda di kain mori.

Untuk mencapai lokasi desa wisata tembi ini juga tak sulit. Lokasinya tak jauh dari jalan Parang tritis, sekitar 20 menit saja dari pusat kota. Anda hanya perlu berjalan ke arah selatan menyusuri jalan parang tritis, selepas gerbang Institut Seni Indonesa (ISI), Anda bisa masuk menuju gapura di kanan jalan yang bertulis Desa Wisata Tembi.

Dan di sinilah pengalaman berharga Anda dimulai mencicipi kedamaian dan ketenangan pedesaan dengan cara yang modern dan nyaman. Dan untuk lebih nyaman bagi Anda, sebaiknya pastikan Anda sudah melakukan booking di penginapan pilihan Anda ketimbang bertaruh memesan langsung di tempat.

Baca juga : Ini Dia Gatot, Kuliner Khas Gunung Kidul Yang Unik Dan Mantap

Photo by, Twitter: @stefaniarin

Penelusuran terkait desa wisata tembi, Desa Wisata Tembi - Homestay Tembi - Wisata Outbond Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, desa wisata di bantul, wisata outbound daerah bantul, Wisata kuliner daerahh tembi jogja, wisata di sewon bantul, wisata desa tembi GK, tempat wisata kampung tembi bantul, tempat wisata di sekitar sewon bantul yogyakarta, oleh-oleh khas desa wisata tembi bantul, desa wisata untuk outbond area bantul, desa wisata tembi jogja, desa wisata tembi bantul jogjakarta, Desa wisata keren di jogja, wisata sewon.

Ada pertanyaan atau komentar?