Inilah 5 Ide Usaha Kecil Untuk Anda Yang Punya Bakat Keterampilan
Inilah 5 Ide Usaha Kecil Untuk Anda Yang Punya Bakat Keterampilan (Photo by, blackrabbit_blackrabbit)

Tak harus menjadi kreatif untuk bisa menjalankan sebuah usaha dengan modal kecil. Ide usaha kecil juga bisa berangkat dari kebisaan Anda untuk bekerja cekatan dan terampil. Karena bakat sederhana ini bisa berkembang menjadi banyak kebisaan dengan nilai ekonomi yang cukup menjanjikan.

Inilah 5 Ide Usaha Kecil Untuk Anda Yang Punya Bakat Keterampilan
Inilah 5 Ide Usaha Kecil Untuk Anda Yang Punya Bakat Keterampilan (Photo by, blackrabbit_blackrabbit)

Sebagaimana kami sempat sampaikan sebuah usaha tak melulu harus bicara soal modal, kadang dengan modal sangat minim sekalipun sebuah usaha bisa Anda mulai sekarang juga. Meski tak bisa pula kami katakan bisnis ini bebas modal.

Hanya saja modal Anda di sini adalah kemampuan Anda, kebisaan Anda bakat Anda, keterampilan Anda yang bisa menghasilkan sebuah jasa atau produk yang dibutuhkan masyarakat.

Dan beberapa ide usaha kecil yang berkenaan dengan beberapa pandangan tersebut di atas Anda lihat dalam beberapa pilihan bisnis kecil berikut ini.

1. Bisnis service elektronik
Tak harus mengenyam bangku kuliah atau bangku sekolah khusus untuk bisa menjadi seorang teknisi perangkat elektronik. Sebagian besar orang dengan keterampilan ini berawal dari bakat dan ketertarikan.
Anda juga tak harus membuka bengkel resmi di kawasan pertokoan dengan biaya sewa mahal. Karena dengan bermodal kemampuan Anda sebenarnya Anda bisa mendapatkan konsumen via ketok tular. Atau dengan cara pemasaran sederhana, melalui media liflet atau brosur sederhana yang menyertakan informasi kontak untuk memudahkan calon konsumen menghubungi Anda.

2. Bisnis nail art atau henna
Kedua jenis bisnis ini membutuhkan keterampilan khusus untuk bekerja cekatan melukis di atas kulit tangan atau pada kuku. Tak hanya cekatan sebenarnya, tetapi juga ketekunan dan daya seni yang memicu Anda mampu berkarya dengan nilai estetis tinggi.

Usaha ini juga termasuk jenis bisnis yang bisa Anda mulai tanpa banyak repot berpromosi mahal atau membuka gerai mahal. Buka dirumah sekalipun tetap mungkin Anda lakukan dengan kedua model bisnis ini.
Kuncinya terletak pada kemampuan Anda dalam melukis dengan pewarna kuku atau dengan pasta henna.

Kemudian setiap hasil karya Anda bisa Anda foto dan bagikan melalui sosial media seperti instagram. Pahami juga teknik pemasaran instagram dan usaha rumahan kecil Anda juga bisa menghasilkan cukup menggiurkan.

3. Bisnis kue dan makanan
Dunia kuliner jelas tak boleh keluar dalam daftar ini. Ada begitu banyak ide usaha yang bisa berkembang dari tajuk usaha kuliner ini. Mulai dari toko kue atau bakery, katering, warung makan sampai gerai kue jajanan.

Sistem usahanya juga sangat beragam sesuai dengan jenis makanan dan sistem pemasaran yang Anda pilih. Mulai dari membuka kedai yang akan melibatkan karyawan pramusaji, usaha katering untuk pelayanan umum sampai unik seperti katering diet kemudian usaha yang sederhana seperti usaha pembuatan jajanan yang dititipkan ke warung dan penjaja keliling.

Bila Anda mendapatkan kesempatan Anda juga bisa menjalankan kerjasama dengan perusahaan atau pabrik dengan banyak karyawan sebagai rekanan kantin atau penyedia suplai makan siang kantor.

4. Bisnis kerajinan
Anda yang kreatif sebenarnya bisa dikategorikan sebagai orang dengan keterampilan. Kemampuan Anda dalam membuat beragam aksesoris dan souvenir bisa membantu Anda mengeruk hasil memuaskan.

Cara usaha ini dimulai juga terbilang tak sulit. Anda bisa memanfaatkan deretan market place sebagai wadah usaha Anda atau malah memanfaatkan marketplace kerajinan yang kini sudah muncul di Indonesia.

Anda hanya perlu membuat sampel produk kerajinan Anda dan jual dengan memasang foto produk melalui market place atau melalui forum penjualan yang memang menjamur di Indonesia. Upaya ini terbilang hampir minim modal tetapi bisa mendatangkan untung yang berkali lipat dari modal.

5. Bisnis pertamanan
Anda yang gemar dan memiliki keterampilan dunia pertamanan Anda bisa menjajal ide usaha kecil satu ini. usaha ini memang menuntut modal keterampilan dan kemampuan Anda, tak hanya kemampuan mendesain taman tetapi juga kemampuan melakukan aktivitas cocok tanam, perangkaian tanaman dan teknik ornamen taman.

Anda bahkan juga bisa mengembangkan usaha bertajuk bisnis pembuatan taman dengan konsep unik dengan tuntutan keterampilan tinggi seperti usaha pembuatan taman mini, terarium dan masih banyak lagi.

Baca juga: Temukan Ide Usaha Kecil Kursus Perawatan Hewan Peliharaan Disini

Itulah tadi beberapa ide usaha kecil yang bisa Anda duplikasi sebagai usaha Anda sendiri. Masih banyak sebenarnya ide usaha lain yang juga bisa Anda bangun hanya dengan bermodal keterampilan.

usaha keterampilan, usaha ketrampilan, Bisnis keterampilan, keterampilan usaha, bisnis ketrampilan, Peluang usaha keterampilan, peluang bisnis keterampilan, keterampilan untuk usaha, jenis usaha ketrampilan, ketrampilan untuk usaha

LEAVE A REPLY