Lokasinya berada sebelum Pantai Siung, membuat Pantai Jogan sayang untuk dilewatkan. Keindahan Pantai Jogan memang tidak biasa, betapa tidak terdapat air terjun di bibir pantai, yang seolah menjilat lautan lepas. Meski begitu indah, banyak pula wisatawan yang melewatkan pantai dengan tebing – tebing karang indah ini.

Pantai Jogan, Sayang Untuk Tidak Hadiri Uniknya
Pantai Jogan, Sayang Untuk Tidak Hadiri Uniknya

Air terjun yang menawan ini sayangnya hanya muncul saat musim hujan seperti sekarang, karena debit air begitu besar. Jadi, deburan air memecah karang dibawahnya jelas terdengar dari kejauhan. Beda, halnya saat musim kemarau karena debit air sudah berkurang jadi deburan air tidak jelas terdengar dari kejauhan.

Pantai Jogan memang istimewa, view pemandangan pantainya begitu elok dan sulit untuk dijelaskan. Pemandangan wisata alam yang penuh dengan ke-Agungan Sang Maha, seolah menyadarkan kita untuk tetap bersyukur atas surga kecil yang diberika-Nya. Menurut para peneliti tebing karang yang membentang ini, merupakan sebuah lautan jutaan tahun silam.

Wah, rasanya seperti datang ke planet lain saat melihat eksotisme alam Jogja, begitu menawan dan mempesona. Apalagi saat melihat sunset di ufuk barat, begitu indahnya matahari perlahan menggantikan malam, seolah mata tak sanggup untuk tidak bersyukur atas anugrah yang telah diberikan.

Keseruan dan keindahan ini hanya dapat Sobat saksikan di Pantai Jogan. Pemandangan atraktif ini begitu luwes untuk dilihat, dari sudut pandang manapun. Fotografer juga tidak mau kehilangan moment – moment berharga ini. Sehingga nampak para ahli photography begitu antusias mengabadikan sunset dari pantai Jogan yang istimewa ini.

Tak heran jika beberapa majalah top dunia, pernah memajang indahnya pantai Jogan, hasil jepretan dari para master photography ini. Bila ingin melihat lebih dekat tirai air terjun dari bawah, cukup berjalan di jalan setapak yang sudah disediakan. Namun, anda harus tetap hati – hati karena batuan yang sudah terkena percikan air menjadi sedikit licin.

Dari bawah dan melihat sekeliling tebing karang yang besar membuat hati tergetar, apalagi melihat lautan biru nan luas dihadapan mata, mendengar deburan ombak pula semakin menambah keseruan. Untuk menjamah lokasi pantai Jogan ini, dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan bila berangkat dari Kota Jogja (68 km).

Lokasinya juga berada terpencil di Kecamatan Tepus, Kabupatan Gunung Kidul, Yogyakarta (tepatnya 400 m) setelah retribusi masuk kawasan pantai Siung. Jangan khawatir karena sudah terdapat rambu – rambu penunjuk jalan menuju lokasi pantai. Mengingat pantai ini masih tidak terlalu banyak pengunjung membuat jalanan menuju lokasi masih terlihat natural (jalan bebatuan).

Meski begitu kini sudah ada penyedia tour wisata yang memasukan Pantai Jogan dalam list paket wisata yang dikunjungi. Sudah saatnya Sobat untuk menjajal pantai indah ini, dengan paket murah yang tersedia bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja.

Pastikan juga untuk berkunjung ke Pantai Siung atau Pantai Indrayanti setelah, berpuas melihat pemandangan eksotisme alam pantai Jogan yang istimewa dihati.

Photo by, Ayo Ngetrip

Ada pertanyaan atau komentar?