Pantai Pelangi Bantul – Merupakan salah satu dari deretan pantai yang ada di daerah Parangtritis atau lebih tepatnya berada di sisi sebelah barat Gumuk Pasir Parangkusumo.

Pantai Pelangi Bantul Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Mantap
Pantai Pelangi Bantul Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Mantap (Photo by, instagram.com/malindakurnianingrum)

Bisa dibilang Pantai Pelangi Bantul ini tidak sepopuler Pantai Parangtritis maupun Samas. Bisa dibilang juga, pantai ini masih belum mendapat perhatian. Mengingat dulunya Pantai Pelangi merupakan area melaut para nelayan, namun sekarang sudah tidak lagi. Untuk itu masyarakat sekitar diberi tanggung jawab untuk mengelola wilayah pantai Pelangi.

Sayangnya pantai ini memiliki tipe ombak yang kurang bersahabat, bisa dibilang seperti itu. Jadi, pengunjung hanya bisa bermain di bibir pantai saja, atau sekedar menikmati pemandangan hambaran Samudra Hindia. Serta gemuruh ombak dan angin laut yang cukup kencang.

Uniknya, pantai ini merupakan salah satu diantara pantai, yang digunakan untuk penangkaran telur penyu, mulai dari bertelur, sampai siap dikembalikan ke alam bebas. Sekiranya yang mengelola ini adalah warga sekitar pantai Pelangi Bantul. Yaitu para nelayan, yang dulunya menemukan dan mencari telur penyu di sekitar bibir Pantai Pelangi.

Pantai Pelangi Bantul Yang Akan Membuat Liburan Anda Semakin Mantap

Sebenarnya tempat ini selain bekas kawasan nelayan, dulunya merupakan bagian dari pemekaran kawasan Pantai Parangtritis. Cuman, namanya tidak cukup dikenal masyarakat luas seperti Pantai Parangkusumo. Lalu kemudian Pantai Pelangi Bantul mulai dikelola pada tahun 2009 oleh masyarakat setempat.

Karena yang mengelola kawasan pantai tersebut adalah masyarakat setempat, jadi tidak sulit untuk sampai di lokasi wisata.

Sebab, sudah ada petunjuk arah yang menunjukkan ke arah Pantai Pelangi yaitu ketika anda melintas di pantai Depok dan atau landasan pacu. Nanti disana sudah ada petunjuk arah menuju lokasi wisata.

Panorama wisata pantai di Jogja ini benar-benar Istimewa, meskipun tidak terlalu popular. Namun sekarang kawasan ini semakin hits seiring berjalannya waktu. Terutama karena efek sosial media seperti Instagram, masyarakat sekitar sudah tidak perlu lagi rasanya untuk promosi besar-besaran.

Karena wisatawan yang hadir secara otomatis akan memposting ke akun media sosialnya dan mendapat atensi yang sangat luar biasa. Untuk itu tempat ini kemudian dikelola dengan baik dan fasilitas pendukung Saat ini semakin lengkap.

Mulai dari area parkir, warung makan, Mushola, sampai tempat pelelangan ikan. Uniknya, entah mengapa pantai ini disebut Pantai Pelangi. Padahal, tidak setiap hari ada pelangi. Tentu saja ini menimbulkan banyak pertanyaan dan rasa penasaran, sehingga masyarakat berdatangan untuk melihat Pantai Pelangi.

Mengingat tempat ini bukan tempat yang cocok untuk mandi di pantai, jadi pengunjung wisata diharapkan berhati-hati. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anda untuk tidak datang ke Pantai Pelangi. Karena lokasi wisata nya sangat instagramable banget.

Jadi, buat kalian yang ingin datang ke tempat ini dijamin akan mendapat background foto yang sangat luar biasa. Kira-kira retribusi untuk masuk ke wilayah pantai Pelangi sekitar Rp3.000 hanya untuk parkir saja. Silahkan Sobat menikmati senja dan menikmati panorama pantai Pelangi yang sangat luar biasa ini.

Lokasinya berada di daerah Dusun Kretek, Parangtritis, Kabupaten Bantul.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai Pantai Pelangi Bantul, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lokasi wisata. Sekaligus, mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif, selamat berlibur enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait pantai pelangi bantul, paket pulau pelangi, paket wisata pulau pelangi, pantai pelangi, pulau pelangi kaskus, pulau pelangi malang, tentang pulau pelangi, travel pulau pelangi, wisata pulau pelangi loc:ID.

Ada pertanyaan atau komentar?